10 Kota Terpadat di Dunia Beserta Jumlah Penduduknya

Penduduk suatu negara merupakan orang- orang yang tinggal di suatu negara secara resmi berdasarkan administrasi dan mendiami dalam waktu tertentu. penduduk suatu negara merupakan kekayaan suatu negara dan tujuan negara secara umum adalah untuk menjamin kesejahteraan penduduknya. Suatu negara akan mengusahakan memiliki penduduk yang banyak, namun hal itu juga disesuaikan dengan luas wilayah negara tersebut. Jumlah penduduk yang banyak namun luas wilayahnya tidak begitu besar justru akan memunculkan masalah yang besar. Maka dari itulah banyak negara yang mengontrol pertumbuhan penduduknya demi mencapai kesejahteraan, karena jumlah penduduk yang terlampau banyak pada akhirnya akan mendatangkan berbagai masalah baik itu masalah sosial hingga ekonomi.

Berbicara mengenai negara dan penduduknya yang padat, mungkin di benak kita akan terbayang- bayang berbagai hal seperti kemacetan, kekumuhan, rumah- rumah di pinggir sungai, dan trotoar yang ramai akan para pejalan kaki. Di Indonesia ini, kota yang paling padat adalah Jakarta. Di Jakarta bahkan kita sulit sekali mendapatkan lahan kosong untuk sekedar bermain karena telah dipenuhi bangunan- bangunan. Di Jakarta juga banyak sekali gedung- gedung pecakar langit yang terdiri dari berpuluh- puluh lantai. Gedung ini biasa untuk kegiatan perkantoran, namun sebagian juga merupakan hunian masyarakat. Namun, tahukah Anda bahwa di dunia ini masih banyak kota lain yang lebih padat dari Jakarta? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 10 kota yang paling padat di dunia.

Di dunia ini banyak sekali kota- kota yang memiliki penduduk terpadat di dunia. Kota- kota tersebut tersebar di berbagai negara dan belahan dunia. Adapun beberapa kota yang paling padat di dunia antara lain sebagai berikut:

  1. Tokyo, Jepang

Kota terpadat di dunia pada tahun 2016 adalah Tokyo yang ada di Jepang. Hal ini dinobatkan pada tahun 2016 karena pada tahun 2016 populasi rakyat Tokyo sebanyak 38.140.000. Meskipun menjadi kota terpadat di dunia, Tokyo bukanlah kota penghasil polusi terbesar lho. Kebanyakan penduduk Tokyo berjalan kaki memenuhi jalan- jalan yang ada di Tokyo. Selain terkenal sebagai kota terpadat di dunia, Tokyo juga dikenal akan kemodernannya. Banyak bangunan yang dibangun di tokyo dan juga penerapan- penerapan teknologi mutakhir. Sebagai kota yang banyak penduduknya, negara Jepang merupakan negara maju. Namun, Perserikatan Bangsa- Bangsa memprediksi bahwa jumlah penduduk di Tokyo akan menurun pada tahun- tahun mendatang.

  1. Delhi, India

Siapa yang tidak mengenal India? Negara ini menjadi negara yang memiliki penduduk paling banyak di dunia nomor dua setelah Tiongkok. Nah, salah satu kota terpadat di dunia adalah Delhi yang ada di India. Delhi merupakan sebuah kota yang ada di wilayah India bagian Utara. Pada tahun 2016 populasi di kota ini mencapai 26.454.000 jiwa. Jumlah yang sekian ini masih diramalkan PBB akan meningkat hingga 10 juta orang pada tahun 2030. Salah satu yang menyebabkan India masih menjadi negara berkembang adalah karena jumlah penduduknya yang sangat banyak. India pun masih banyak menuai kasus kemiskinan penduduk yang jumlahnya cukup lumayan banyak.

  1. Shanghai, China

Negara terluas dengan penduduk terbanyak di dunia adalah China atau Tiongkok. Salah satu kota di wilayah ini yang paling padat penduduknya adalah Shanghai. Shanghai merupakan kota yang terkenal sebagai kota industri dan juga tujuan wisata. Selain iru Shanghai juga merupakan pusat keuangan dan rumah bagi pelabuhan kontainer yang paling sibuk di dunia. Pada tahun 2016 populasi di Shanghai mencapai 24.484.000 jiwa. Hal ini tidak heran karena China juga merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

  1. Mumbai, India

Kota yang paling padat di dunia selanjutnya adalah Mumbai atau yang juga dikenal dengan Bombay yang ada di India. Masih di negara yang sama dengan Delhi. Tidak perlu dijelaskan secara detail, keramaian yang tampak di Kota Mumbai ini bisa dilihat dari keramaian transportasi publiknya. Setiap hari banyak sekali warga Mumbai yang berlalu lalang di stasiun kereta api. Pada tahun 2016 populasi penduduk di Mumbai sebanyak 21.357.000 jiwa. Selain menjadi kota yang padat, Mumbai juga merupakan kota terkaya di India. Tidak heran bahwa kota Mumbai merupakan salah satu kota yang paling penting dan paling berpengaruh di India.

  1. Sao Paulo, Brazil

Selanjutnya ada Sao Paulo, sebuah kota yang berada di wilayah Brazil, Benua Amerika. Kota ini merupakan kota terpadat di belahan bumi bagian Selatan. Kota Sao Paulo merupakan kota multi budaya. Kota ini kaya akan budaya. Kota ini juga sangat terkenal akan industrinya. Mka tidak heran bahwa kota ini terkenal sebagai kota kaya dan maju di bidang pariwisatanya. Pada tahun 2016 populasi penduduk kota ini mencapai 21. 297.000 jiwa.

  1. Beijing, China

Kita kembali lagi ke China atau Tiongkok. Selain Sanghai kota yang paling padat di China senajutnya adalah Beijing. Beijing merupakan kota yang terkenal di China. Sebenarnya selain Shanghai dan Beijing masih ada dua kota lagi yang termasuk dalam negara terpadat di dunia yang akan disebutkan berikutnya. Beijing tercatat sebagai negara terpadat karena pada tahun 2016 populasi di Beijing yaitu sekitar 21.240.000. Jumalh ini diperkirakan akan masih bertambah hingga tahun 2030.


  1. Mexico City, Mexico

Mexico City merupakan pusat keuangan di Amerika Latin. Mexico City merupakan kota metropolitan yang sangat terkenal akan perpaduan budaya dengan industri modernya. Mexico City merupakan kota yang paling padat di Amerika Latin. Pada tahun 2016 jumlah populasi penduduk sebesar 21.157.000.

  1. Osaka, Jepang

Selanjutnya adalah Osaka yang ada di Jepang. Jepang ada;ah negara maju yang memiliki beberapa kota yang tercatat sebagai kota terpadat di dunia. Pada tahun 2016, jumlah populasi di Osaka sekitar 20.337.000. Namun beberapa tahun kemudian jumlah ini mengalami penurunan bahkan hingga tahun 2030. Selain warga negara lokal, yang menyebabkan kota ini menjadi padat adalah keberadaan warga asing yang terus bertambah.

  1. Kairo, Mesir

Benua Afrika merupakan benua tandus. Bila dilihat dari keadaan geografisnya sepertinya benua ini hanya memiliki sedikit penghuni. Namun siapa sangka bahwa di Afrika ada kota yang menduduki posisi ke sembilan sebagai kota yang paling padat penduduknya di dunia yaitu Kairo, Mesir. Kota ini merupakan kota yang paling bersejarah di Mesir. Kota ini dianggap berkaitan erat dengan sejarah Mesir Kuno terutama karena letak Piramida Giza. Selain kota bersejaran, Kairo juga merupakan kota yang memiliki banyak rumah sakit modern juga pusat pendidikan kualitas Internasional. Pada tahun 2016 populasi penduduk kota ini sebanyak 19.128.000 jiwa.

  1. New York – Newark, Amerika Serikat

Siapa sangka negara adidaya di dunia ini yaitu Amerika Serikat merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia urutan ketiga. Salah satu wilayah yang sangat padat penduduk adalah antara New York, New York City hingga Newark. Lebih dari dua perlima penduduk di New York State tinggal di New York City. Populasi tahun 2016 di wilayah ini adalah 18.604.000 jiwa.

Nah itulah beberapa kota yang tercatat menjadi kota terpadat di dunia. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial