9 Ciri-Ciri Daerah Limnetik pada Ekosistem Danau

Perlu kita ketahui bersama bahwa wilayah perairan baik itu macam- macam laut, macam- macam danau atau yang lainnya memiliki  atau dibagi menjadi beberapa daerah atau wilayah. Pembagian wilayah perairan dibagi berdasarkan beberapa kategori dan salah satunya menurut intensitas cahaya berdasarkan kedalaman daerah atau wilayah perairan dibagi menjadi daerah litoral, daerah limnetik dan daerah profundal.

Itulah beberapa kategori wilayah perairan yang dibagi menurut intensitas cahaya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai daerah limnetik, lebih khusus lagi adalah daerah limnetik di danau beserta ciri- cirinya.

Seperti yang telah kita ketahui di atas bahwasannya yang dimaksud dengan daerah limnetik adalah daerah yang ada di tengah- tengah antara daerah yang dangkal dan yang dalam. Daerah limnetik berada di jarak agak jauh dari tepi danau namun tidak terlalu dalam. Jadi daerah limnetik di danau adalah daerah yang berada di tengah- tengah danau. Daerah limnetik yang ahda di danau ini memiliki beberapa ciri- ciri. Ciri- ciri daerah yang ada di danau akan kita kita bahas di bawah ini.

Daerah atau wilayah limnetik danau memiliki beberapa ciri- ciri antara lain sebagai berikut:

  1. Masih dapat ditembus sinar matahari

Salah satu ciri- ciri dari daerah limnetik di danau adalah daerah ini masih dapat ditembus oleh cahaya matahari. Kita tahu bahwa sifat cahaya matahari salah satunya adalah dapat menembus air. Namun dapat diingat bahwa cahaya matahari dapat menembus air sampai kedalaman tertentu, dan di daerah limnetik ini masih dapat ditembus oleh cahaya matahari.

  1. Daerahnya cukup terang

Oleh karena daerah limnetik ini masih dapat ditembus oleh cahaya matahari, maka daerah ini masih cukup terang tidak seperti di kedalaman yang lebih dalam yang benar- benar gelap gulita.

  1. Masih terjadi fotosintesis

Di daerah limnetik yang ada di danau ini masih terjadi proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau yang hidup di daerah limnetik. Hal ini karena di daerah limnetik masih bisa kita temukan syarat- syarat untuk tumbuhan hijau berfotosintesis, seperti air, cahaya matahari, dan juga karbondioksida. Maka dari itulah daerah limnetik ini terasa sejuk karena kaya akan oksigen hasil fotosintesis.

  1. Perbedaan suhu tidak mencolok

Di daerah limnetik kita menemukan perbedaan suhu yang tidak mencolok. Hal ini karena di daerah ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga suhunya tidak terlalu dingin.

  1. Termasuk daerah air tawar

Daerah limnetik di danau merupakan daerah air tawar sehingga dihuni oleh binatang- binatang air yang hidup di air tawar dan juga tumbuhan air tawar.

  1. Keadaan air tenang

Oleh karena daerah ini ditengah- tengah maka daerah ini tidak banyak di terpa angin. Akibatnya daerah limnetik ini merupakan daerah yang tenang tidak terlalu banyak ombak.

  1. Masih ditemukan banyak kehidupan

Di daerah limnetik ini masih banyak kita temukan kehidupan dan interaksi antar makhluk hidup. Hal ini karena masih banyak makhluk hidup yang dapat hidup di daerah ini maka daerah ini masih ramai akan kehidupan.

  1. Terdapat beberapa produsen air antara lain tumbuhan laut, fitoplankton yang tidak terlalu produktif, ganggang dan sianobakteri.
  2. Konsumen yang tinggal di wilayah ini antara lain zooplankton, ikan- ikan yang masih membutuhkan cahaya matahari, udang dan rotifera.

Nah itulah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh daerah limnetik yang ada di danau. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai daerah limnetik. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Danau