7 Alasan India Menjadi Negara Berkembang Sampai Sekarang

India adalah salah satu negara yang terletak di Benua Asia tepatnya di kawasan Asia Selatan. India merupakan negara bekas jajahan Britania Raya (Inggris) yang merdeka pada tahun 1947. Sama seperti negara lainnya, India juga memiliki julukan yang unik yaitu negara anak benua. India merupakan salah satu negara terbesar di dunia dengan jumlah populasi penduduk terbanyak ke-2 di dunia. Berbicara tentang India tentu tidak bisa terlepas dari industri film ”bollywood”nya. Namun dibalik industri film yang mendunia tersebut,  India masih tercatat sebagai negara berkembang di dunia. Berikut ini adalah alasan India menjadi negara berkembang di Asia:

1. Laju Pertumbuhan Penduduk Tinggi

India menempati posisi ke-2 sebagai negara terpadat di dunia setelah China. Jumlah penduduk India yang mencapai 1,324 miliar menyebabkan hampir sebagian besar wilayahnya mempunyai kepadatan penduduk yang tinggi. Jumlah penduduk di India diperkirakan akan terus menerus naik, bahkan di tahun 2030 jumlah penduduk India diprediksi akan melampaui China. Jumlah populasi di India menurut PBB diperkirakan mencapai 1,5 miliar pada tahun 2030 mendatang. Pertumbuhan penduduk di India disebabkan oleh jumlah pertumbuhan wanita usia produktif yang tinggi, sehingga memicu angka kelahiran yang tinggi. Tingginya laju pertumbuhan penduduk tentu berpengaruh bagi perekonomian di India dan menjadi tantangan bagi pemerintah India.

2. Pendapatan Per Kapita Rendah

India sebenarnya merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke-3 di dunia dalam PDB yang diukur dari segi Purchasing Power Parity (PPP) atau paritas daya beli. Namun PDB tersebut masih dibagi dengan padatnya jumlah penduduk di India dan menyebabkan pendapatan per kapita India masih rendah yaitu 3.262 Dollar AS. Hitungan pendapatan per kapita yang rendah ini menyebabkan India belum bisa dikategorikan sebagai negara terkaya di dunia.

3. Tingkat Pengangguran Tinggi

Tingginya laju pertumbuhan penduduk di India tentu berimbas pada tingginya angka pengangguran. Tingkat pengangguran di India dilaporkan mencapai 3,46 persen pada tahun 2016. Tingkat pengangguran ini turun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Angka pengangguran di India yang masih tergolong tinggi menjadi masalah utama bagi perekonomian India, imbasnya pada tingkat produktivitas dan pendapatan per kapita, sehingga masalah ini dapat menjadi pemicu kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya.

4. Tingkat Kesenjangan Sosial yang Tinggi

Salah satu penyebab India masih menjadi negara berkembang adalah tingginya tingkat kesenjangan sosial di negara ini. Tingginya tingkat kesenjangan sosial di India menjadi masalah klasik bagi negara ini bahkan bagi negara-negara berkembang lainnya. Kesenjangan sosial yang tinggi di India menyebabkan bertambahnya penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan.

Pembangunan ekonomi di India belum merata dan menyebabkan tingginya kesenjangan sosial di negara tersebut. India meningkatkan pembangunan ekonomi yang masif pada beberapa dekade terakhir, namun pembangunan ekonomi hanya berkembang pesat di kota-kota besar saja. Tentu hal ini meningkatkan urbanisasi penduduk di India ke daerah perkotaan, sehingga banyak ditemui perkampungan kumuh yang bersandingan dengan bangunan mewah. Perkampungan-perkampungan kumuh itulah yang menjadikan India mempunyai sisi lain sehingga terkesan sebagai negara kotor dan jorok.

5. Kualitas Hidup Rendah

Kualitas hidup masyarakat yang rendah di India disebabkan oleh faktor kesehatan dan tingginya angka kemiskinan. Adapun masalah kesehatan yang terjadi di India adalah malnutrisi, angka kematian bayi yang tinggi, permasalahan air bersih seperti pencemaran air, sanitasi yang buruk akibat pencemaran lingkungan dan kesehatan perempuan. Masalah-masalah ini menjadi problematika yang sering ditemui di India, dan ditambah pula dengan tingkat kejahatan yang tinggi karena faktor ekonomi. Pelayanan kesehatan yang berkualitas hanya terbatas pada kota-kota besar, sedangkan akses kesehatan di daerah terpencil masih sangat minim.

6. Kurangnya Pendidikan

Alasan selanjutnya yang menyebabkan India masih menjadi negara berkembang adalah masalah pendidikan yang belum baik. India sebenarnya sudah menjamin program pendidikan gratis dan wajib belajar untuk anak-anak, namun pada kenyataannya angka pekerja anak di India masih tinggi. Pekerja anak dapat dijumpai di berbagai sektor perekonomian di India, seperti pada sektor pertanian, industri, dan tambang. Mereka dipaksa bekerja dalam waktu yang lama dengan gaji yang rendah. Munculnya buruh-buruh anak disebabkan oleh kurangnya akses pendidikan.

Munculnya pekerja anak di India disebabkan karena akses pendidikan bagi masyarakat miskin masih minim. Mereka tidak mampu membayar biaya sekolah dan disisi lain terdapat sekolah gratis namun fasilitas dan kualitasnya jauh di bawah standar. Selain itu, kesadaran warga miskin di India terhadap pendidikan masih rendah. Orang tua dari siswa kurang mampu lebih memilih anaknya untuk bekerja membantu ekonomi keluarga sehingga banyak anak-anak dibawah umur yang dipekerjakan di beberapa sektor industri.

7. Adanya Pembagian Kasta

Pembagian kasta di India tentu memberi dampak buruk bagi perekonomian di India. Kasta memisahkan golongan manusia ke dalam tingkatan strata sosial yang membelenggu kehidupan masyarakat di India. Seperti yang diketahui bahwa pembagian kasta di India dibagi menjadi 4 kasta, yaitu Brahmins (pemimpin agama), Kshatriya (kesatria), Vaishya (pedagang), dan Shudras (buruh). Selain itu, masih ada kasta lagi yang berada diurutan paling rendah sehingga tidak bisa dimasukkan dalam kelompok kasta. Kasta paling rendah ini dinamakan “untouchable” biasanya mereka hanya menjadi budak atau melakukan pekerjaan yang dianggap rendah.

Kasta yang dimiliki oleh penduduk India sangat berpengaruh bagi kehidupannya, seperti pekerjaan, kelas sosial, dan hak untuk memperoleh pendidikan. Masyarakat yang mempunyai golongan kasta rendah sering mendapat diskriminasi dalam kehidupannya. Mereka sering dipandang sebelah mata dan tidak diijinkan untuk memperoleh hak yang sama dalam kehidupan, seperti pendidikan dan pekerjaan. Tentu hal ini mempengaruhi tingkat kesejahteraan hidup masyarakat dan berimbas pula bagi perekonomian India.

Nah, itulah beberapa alasan India menjadi negara berkembang. Sebenarnya teknologi sedang gencar dikembangkan oleh negara ini, bahkan India diprediksi akan menjadi negara maju. Namun permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi masih menjadi tugas dan tantangan bagi India untuk memajukan perekonomiannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn