Laut Sulawesi Beserta Penjelasannya

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 17.504 pulau. Beberapa pulau di Indonesia termasuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia, salah satunya adalah pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia yang luasnya mencapai 174.600 km². Pulau Sulawesi memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai huruf K besar. Pulau Sulawesi juga merupakan pulau yang kaya akan potensi alam dan hasil rempahnya baik dari daratan dan lautan. Pulau Sulawesi menyimpan 8 danau yang terdapat di pulau Sulawesi, yaitu danau Poso, danau Matano, danau Sidenreng, danau Tempe, danau Towuti, danau Matan, danau Dampelas dan danau Lindu. Selain itu, di pulau Sulawesi terdapat beberapa provinsi dengan hutan terluas di Indonesia.

Di wilayah pulau Sulawesi terdapat laut yang luas dan paling dalam yaitu laut Sulawesi. Laut Sulawesi merupakan laut terdalam di Indonesia. Tahukah kamu berapa kedalaman, luas, letak dan batas-batas wilayah dari laut Sulawesi? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai laut Sulawesi beserta penjelasannya. Berikut ini adalah penjabarannya:

Laut Sulawesi merupakan laut yang terletak di wilayah Sulawesi, tepatnya di sebelah barat samudera Pasifik dan dibatasi oleh kepulauan Sulu, laut Sulu dan pulau Mindanao, Filipina. Batas antara wilayah laut Sulawesi dengan kepulauan Sulu  terdapat di Patahan Sibutu-Basilan. Berikut ini adalah batas-batas wilayah dari laut Sulawei, sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kepulauan Sulu, laut Sulu serta Pulau Mindanao di Filipina
  • Sebelah timur berbatasan dengan rantai kepulauan Sangihe
  • Sebalah barat berbatasan dengan pulau Kalimantan
  • Sebelah selatan berbatasan dengan pulau Sulawesi

Laut Sulawesi merupakan salah satu jenis laut di Indonesia yang memiliki bentuk basin berbentuk besar dan memanjang hingga mencapai 420 mil atau sekitar 675 km jika diukur dari arah utara ke arah selatan. Sementara jika diukur dari arah timur hingga arah barat, panjang dari laut Sulawesi mencapai 520 mil atau sekitar 837 km. Luas permukaan dari laut Sulawesi adalah kurang lebih sekitar 110.000 mil persegi atau sekitar 280.000 kilometer persegi. Laut Sulawesi dikategorikan sebagai lau terdalam di Indonesia yang kedalamannya mencapai 6,2 km atau setara dengan 20.300 kaki. Laut Sulawesi ini membuka jalur lautnya ke barat daya melalui selat Makassar menuju ke laut Jawa.

Fakta sejarah menyatakan bahwa laut Sulawesi adalah potongan kolam samudera kuno yang terbentuk lebih dari 42 juta tahun yang lalu. Kolam samudera kuno ini berada di lingkungan yang jauh dari daratan manapun. Lalu pada 20 juta tahun yang lalu terjadi gerakan mengeras yang mendorong kolam samudera kuno tersebut cukup dekat ke gunung api Indonesia dan Filipina. Pada 10 juta tahun yang lalu, laut Sulawesi dipenuhi dengan batu bara yang jatuh dari pegunungan muda yang terletak di pulau Kalimantan. Hal ini menyebabkan basin di wilayah tersebut bergabung dengan Eurasia. Arus laut Sulawesi yang kuat, parit di samudera yang dalam serta gunung laut yang tinggi menyebabkan laut ini bergabung dengan pulau vulkanik yang menyebabkan terbentuknya wilayah oseanografis yang sangat kompleks.

Laut Sulawesi juga memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dengan laut lain, yaitu adanya garis Wallace dan garis Arlindo. Perpaduan dari pola garis Wallace dan pola garis Arlindo memiliki kemiripan. Garis Wallace merupakan pembatas kekhasan dari spesies darat di pulau Sulawesi, sedangkan garis Arlindo merupakan garis yang digunakan sebagai pintu masuk sirkulasi massa air yang menyebabkan laut Sulawesi memiliki keanekaragaman biota laut. Akibatnya, spesies di darat pulau Sulawesi terisolasi dengan wilayah lain sehingga tidak bisa ditemukan di tempat lain bahkan di dunia. Sementara di laut, garis Arlindo menyebabkan jalur dari distribusi larva dan beragam organisme masuk ke laut Sulawesi hingga samudera Hindia dari samudera Pasifik

Laut di Indonesia merupakan laut yang memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang melimpah, tidak terkecuali laut Sulawesi. Laut Sulawesi yang memiliki keindahan juga memiliki sumber daya alam yang tersimpan di dalamnya. Potensi kekayaan laut di laut Sulawesi adalah potensi Perikanan. Potensi perikanan di laut Sulawesi cukup tinggi terutama pada potensi beberapa jenis ikan dan hasil laut yang nantinya dikelola untuk kebutuhan lokal maupun ekspor. Jenis ikan yang terdapat di perairan laut Sulawesi adalah ikan Cakalang, ikan Tuna, ikan Tongkol, ikan Lolosi, ikan Ekor Kuning, selain itu ada pula udang, kepiting, rajangan, cumi-cumi, penyu, dan teripang laut.

Selain potensi perikanan, di laut Sulawesi juga terdapat potensi laut lainnya yaitu rumput laut, mutiara laut dan biota laut. Potensi laut tersebut sudah dibudidayakan secara profesional. Adapula potensi terumbu karang, mutiara laut, kerang dan garam laut. Selain itu, potensi laut di Laut Sulawesi adalah potensi wisatanya. Pantai-pantai di wilayah laut Sulawesi merupakan pantai yang indah dan diburu oleh wisatawan lokal dan dunia.

Nah, itulah penjelasan mengenai laut Sulawesi beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!