8 Danau yang Terdapat di Pulau Sulawesi

Bila Anda ditanya, tempat manakah yang paling cocok dan nyaman untuk menyegarkan pikiran, mungkin sebagian besar akan menjawab pantai, danau, sawah, gunung, sungai, tempat- tempat alamiah lainnya. Hal ini memang benar adanya. Tempat- tempat alamiah yang mempunyai pemandangan alam merupakan tempat yang asri dan mampu untuk menyegarkan kembali pikiran dari berbagai hal- hal yang bisa membuat pikiran menjadi penat, kacau, dan carut- marut. Alam mempunyai kekuatan supranaturalnya sendiri untuk menyihir pikiran kita menjadi segar kembali. Alam ini selain menenagkan juga memberikan aura positif bagi kita. Berbeda dengan keindahan yang diciptakan manusia, alam ini mempunyai kekuatan yang tidak dapat dikalahkan dengan ciptaan manusia apapun dalam memberikan ketenangan pikiran.

artikel yang berhubungan dengan danau

Salah satu objek alam yang dapat membuat pikiran kita tenang dan damai adalah danau. Danau ini mempu menentramkan hati apabila kita melihat keindahannya yang berupa birunya air yang semu kehijau- hijauan, teduhnya pinggiran karena ditumbuhi banyak pepohonan, dan juga anginnya yang sepoi- sepoi. Danau ini selain bisa menjadi tempat bagus untuk mengisi liburan dan menenagkan diri, danau ini juga bisa digunakan sebagi tempat rekreasi dengan keluarga. Bahkan beberapa danau di Indonesia sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk bermain atau olahraga air. Selain itu, danau juga bisa dimanfaatkan untuk memancing.

Negara Indonesia cukup banyak mempunyai danau. Banyak wilayah yang ada di Indonesia yang mempunyai danau ini. Salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai danau adalah Pulau Sulawesi. Ya, pulau yang terletak di Indonesia bagian tengah ini ternyata cukup banyak memiliki danau yang indah- indah. Mungkin dari kita kurang banyak yang mengetahui bahwa pulau Sulawesi ini memiliki pesona wisata yang berupa danau.

Berikut adalah beberapa danau yang terdapat di pulau sulawesi :

  1. Danau Poso

danau posoSesuai dengan namanya, Danau Poso ini terletak di Kabupaten Poso , Sulawesi Tengah. Danau ini merupakan danau yang terbesar nomor 3 di Indonesia dengan panjang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer. Danau ini terletak di ketinggian 657 meter.

Danau ini merupakan danau yang memiliki pasir putih di sekitarnya, dan membuat danau ini menjadi salah satu danau terindah di dunia sehingga banyak yang ingin mengunjungi danau poso ini yang memiliki beberapa kelebihan dengan adanya pohon-pohon yang masih berwarna hijau, hamparan gunung yang indah di dekat pulau poso dan pemandangan yang indah di sekitar danau poso ini.

  1. Danau Matano

Danau MatanoDanau Matano ini merupakan salah satu danau di Sulawesi yang berjenis danau tektonik. Aliran air keluar dari danau ini adalah melalui Sungai Petea.

Danau Matano ini mempunyai luas permukaan sebesar 164 kilometer persegi, dengan panjang maksimal 28 kilometer, dan lebar maksimal 8 kilometer.selain itu, danau ini mempunyai kedalaman maksimal 590 meter.

Danau Matano ini terletak di Kota Sorowako, kabupaten Luwu Timur. Menurut catatan WTF, danau ini merupakan danau yang paling dalam di Asia Tenggra, dan menjadi danau terdalam nomor delapan di dunia.

  1. Danau Sidenreng

Danau SidenrengDanau Sindereng ini berada di provinsi Sulawesi Selatan, lebih tepatnya berada di Kabupaten Sidenreng Rappang. Danau Sidenreng Rappang ini mempunyai air yang berwarna hijau jernih.

Di sekitar danau ini kita bisa melihat kehidupan burung- burung air tawar yang setiap tahunnya berkembang biak di sekitar tanaman- tanaman yang berada di pesisir danau ini.

Pada tahun 1988, terjadi penurunan kedalaman danau sekitar 30 ml persegi, dan juga terjadi penurunan luas danau. Danau ini terlihat sangat rapi dan juga teratur dan sangat cocok dijadikan tempat libur bagi keluarga.

  1. Danau Tempe

danau tempe..Danau Tempe merupakan sebuah danau yang berad di Kabupaten Wajo sebelah barat. Lebih tepatnya lagi di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo, dan Kecamatan Sabbangparu. Danau Tempe ini merupakan danau yang berjenis tektonik. Danau ini terletak di sekitar 7 kilometer dari Kota Sengkang dan menuju tepi sungai Walanae.

Danau Tempe ini mempunyai luas sekitar 13.000 hektar. Danau ini juga memiliki spesies ikan air tawar yang langka dan sulit ditemui di tempat lain. Hal ini bisa terjadi karena danau ini terletak di lempeng Australia dan Asia.

  1. Danau Towuti

Danau TowutiDanau Towuti merupakan salah satu danau Tektonik yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Danau ini mempunyai luas permukaan 561,1 kilometer persegi. Danau ini mempunyai kedalaman maksimal 203 meter, dan ketinggian maksimal 293 meter.

Danau Towuti ini merupakan salah satu bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti yang mana dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan yang dinaungi oleh Departemen Kehutanan RI yag memiliki keindahan serta akan menambah kesejukan jika anda berkunjung di danau towuti ini karena memiliki danau yang luas dan pemandangan yang indah sehingga banyak dikunjungi oleh pengunjung wisatawan.

  1. Danau Matan

Danau MatanDanau Matan merupakan danau yang berada di Soroako, Kabupaten Luwu Utara. Danau ini mempunyai air yang biru jernih. Danau ini cukup luas dengan kedalaman mencapai 590 meter.

Danau ini dapat menjadi tempat yang nyaman untuk berlibur . di pinggir- pinggir danau ini terdapat beberapa bangunan yang terbuat dari kayu menyerupai rumah- rumah kecil sehingga sangat cocok untuk anda bersama keluarga atau pasangan anda jika mengajak liburan ke tempat danau ini dengsn melihat pemandangan yang indah dan sejuk serta adanya pepohonan yang akan menambah kesejukan selama anda berlibur di danau matan ini.

  1. Danau Dampelas

Danau DampelasDanau Dampelas ini merupakan sebuah danau yang terletak di pantai barat Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Danau ini terletak di kaki Gunung Sitangke, Desa Talaga, Kecamatan Dampelas atau sekitar 145 kilometer sebelah utara Kota Palu.

Danau ini masih dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. di sekitar danau ini terdapat banyak pohon sagu yang sengaja ditanam oleh warga. Di danau ini juga hidpu berbagai jenis ikan, seperti mujahir, dan ikan mas. Danau ini mempunyai keunikan, yakni saat air laut surut, maka air di danau ini juga ikut mengalir ke laut.

  1. Danau Lindu

Danau LinduDanau Lindu ini terletak di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Danau Lindu ini termasuk dalam kategori danau tektonik. Yang menarik dari Danau Lindu iniadalah keindahan pemandangan pegunungan dipadu dengan keindahan danau.

Itulah beberapa danau yang terdapat pulau Sulawesi. Masih banyak sekali danau lainnya yang terdapat di pulau Sulawesi ini, diantaranya adalah danau Limboto, danau Moat, dan juga danau Linouw, dan masih banyak lagi. Keindahan danau ini layak untuk dipublikasikan agar masyarakat tahu betapa indahnya Indonesia.

fbWhatsappTwitterLinkedIn