4 Kenampakan Buatan di Jawa Timur dan Penjelasannya

Alam Indonesia memang sangat terkenal akan keindahannya. Keindahan alam Indonesia memang sangat termasyur hingga ke penjuru dunia. Tidak heran bahwa di Indonesia ada banyak sekali turis- turis asing dari negara lain yang sengaja menghabiskan waktu libur mereka ke Indonesia. Indonesia memiliki sangat banyak bentang alam yang terlihat sangat indah, sehingga siapapun yang memandangnya maka tidak akan pernah bosan untuk bertandang ke Indonesia. Tidak hanya bentang alam saja, namun beberapa keindahan alam di Indonesia terbentuk karena kreativitas dari masyarakat Indonesia sendiri. Beberapa kenampakan alam buatan manusia seperti waduk atau bendungan terbesar di Indonesia , hutan buatan, hingga hutan taman raya menjadi hiasan setiap bentuk permukaan bumi di suatu daerah, tak terkecuali di Indonesia.

Bentang Buatan di Daerah- daerah Indonesia

Letak geografis Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki berbagai objek alam yang sangat indah. Misalnya saja ekosistem pantai. Indonesia memiliki ribuan pantai, bahkan di setiap daerah pesisir pasti memiliki pantai, mulai dari tanah Papua hingga Aceh, pantai di Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun selain kenampakan alam alami seperti pantai, ada pula kenampakan buatan yang menyita perhatian manusia. salah satu contoh kenampakan buatan manusia yang menyita perhatian dan sekaligus digunakan sebagai tempat wisata adalah waduk Gajah Mungkur yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah. Selain itu, masih banyak lagi daerah di Indonesia yang memiliki kenampakan alam buatan. Kali ini kita akan membicarakan mengenai kenampakan buatan yang ada di provinsi Jawa Timur.

Kenampakan Buatan di Jawa Timur

Sebelumnya kita sudah mengetahui mengenai kenampakan alam yang ada di Jawa Timur, maka selanjutnya kita akan mengetahui tentang kenampakan buatan yang ada di Jawa Timur. Kenampakan buatan yang ada di Jawa Timur memiliki arti bahwa masyarakat yang ada di Jawa Timur memliki kemampuan dan kreativitas hingga menciptakan kenampakan buatan yang menghiasi permukaan Bumi Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan kenampakan buatan yang ada di provinsi Jawa Timur:

  1. Waduk atau Bendungan

waduk-wonorejoSalah satu kenampakan buatan manusia yang menghiasi permukaan Bumi adalah waduk atau bisasa disebut dengan bendungan. Waduk atau bendungan merupakan cekungan besar yang menyerupai danau. Bendungan ini sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu. beberapa tujuan manusia membuat bendungan adalah untuk mengairi lahan pertanian masyarakat, untuk mencegah banjir, dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Bendungan atau waduk biasanya dibuat dengan membendung aliran sungai sehingga percabangan sungai dari waduk ini ada banyak. Bendungan sendiri dibuat dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan manusia. ada waduk yang ukurannya besar, namun ada pula waduk yang ukurannya tidak terlalu besar. Di provinsi Jawa Timur ini ada beberapa waduk yang dibuat oleh masyarakat Jawa Timur untuk tujuan tertentu. Dan waduk buatan manusia ini akan menjadi kenampakan buatan manusia. Beberapa waduk yang ada di provinsi Jawa Timur antara lain sebagai berikut:

  • Bendungan Gerak Watu Turi
  • Bendungan Coban Talun
  • Bendungan Wonorejo
  • Waduk Dawuhan
  • Waduk Bajul Mati
  • Waduk gondang
  • Bendungan Lahor
  • Bendungan Sutami

Itulah beberapa kenampakan alam buatan yang berada di provinsi Jawa Timur. kenampakan buatan ini  akan menjadi faktor keindahan yang bisa dilihat oleh manusia sehingga bertambahlan lagi satu objek wisata yang dimiliki oleh Jawa Timur.


  1. Perkebunan

ekosistem pantaiSelain danau atau waduk, selanjutnya yang menjadi kategori kenampakan buatan adalah perkebunan. Perkebunan adalah lahan yang luas dengan ditanami satu macam tumbuhan tertentu sehingga tampak rapi bila di pandang mata. Yang termasuk perkebunan yang ada di Jawa Timur adalah perkebunan teh, perkebunan apel, dan lain sebagainya.

Perkebunan teh berada di tempat yang memiliki ketentuan tertentu. Sebagai contoh adalah kebun teh yang berada di wilayah Malang, khususnya di wilayah Batu. selain kebun theh, di wilayah Malang juga banyak ditemukan perkebunan apel dan juga jeruk. Hal ini bahkan menjadi salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur.

  1. Kawasan Industri

kawasan industriKawasan Industri juga tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, khususnya di wilayah Jawa Timur. hal ini tidak bisa kita pungkiri bahwa di Jawa Timur banyak terdapat pabrik- pabrik yang besar.

Kawasan industri yang ada di Jawa Timur ini paling banyak terdapat di Surabaya yakni selaku ibukota, dan juga di wilayah Sidoarjo (termasuk di wilayah yang terkena semburan lumpur panas).

 

 


  1. Kebun bunga

selectaSelain perkebunan buah- buahan seperti yang telah kita sebutkan di atas, di Jawa Timur juga terdapat kebun bunga. Kebun bunga merupakan kawasan wisata yang menonjolkan pemandangan dari bunga yang berwarna-warni.

Bunga- bunga yang ada di kebun ini merupakan hasil budidaya masyarakat. Kebun bunga yang terkenal di Jawa Timur adalah kebun bunga Selekta yang berada di wilayah Malang.

 

Nah, itulah beberapa kenampakan buatan di Jawa Timur yang dibuat oleh manusia. Kenampakan buatan manusia dibuat untuk tujuan tertentu, semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi