5 Manfaat Perdagangan Internasional di Bidang Sosial dan Penjelasannya

Perdagangan merupakan hal yang positif dimana semua orang di dunia membutuhkan yang namanya jual beli. Tidak hanya manusia atau individu saja, namun lembaga bahkan lembaga setingkat negara pun juga membutuhkan jual beli. Jual beli atau perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain itu dinamakan sebagai perdangan internasional. Begitu banyak dampak positif yang diberikan jual beli. Berikut ini merupakan dampak positif dari jual beli atau yang biasa kita sebut sebagai manfaat perdagangan internasional:

  1. Memenuhi kebutuhan antara negara pelaku perdagangan internasional
  2. Memperoleh keuntungan bagi negara yang menjual
  3. Memperluas area atau pasar perdagangan
  4. Transfer teknologi modern
  5. Menambah kemakmuran rakyat suatu negara
  6. Menambah lapangan pekerjaan
  7. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  8. Sumber devisa negara
  9. Efisiensi produk
  10. Mencegah terjadinya krisis
  11. Mempererat hubungan antar negara
  12. Mempererat hubungan politik antar negara

Nah itulah beberapa manfaat dari perdagangan internasional secara umum.  Perlu kita ketahui bersama bahwasannya Perdagangan internasional merupakan suatu cara yang dapat menimbulkan hubungan- hubungan baru. Biasanya kerjasama internasional antara negara dimulai daru adanya hubungan dagang yang baik diantara kedua negara atau lebih tersebut, sehingga hubungan yang baik ini akan merambah ke hubungan- hubungan lainnya diluar perdagangan internasional. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dari perdagangan internasional apabila dilihat dari sisi sosial.

Manfaat Perdagangan Internasional Dilihat dari Segi Sosial

Ada banyak sekali manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara. Manfaat-manfaat yang diperoleh bahkan tidak hanya berupa manfaat perekonomian saja. Contohnya saja, bermula dari perdagangan nasional, satu negara bisa menjalin kerjasama politik hingga militer dengan negara yang unggul di bidang militer. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan negara yang tidak memiliki kekuatan militer bagus. tidak hanya itu saja, perdagangan internasional tentu akan membawa dampak yang sangat bagus bagi kehidupan sosial suatu negara, terlebih apabila perdagangan internasional tersebut berhasil. Beberapa dampak dari perdagangan internasional bagi kehidupan sosial suatu negara antara lain sebagai berikut:

  1. Mencegah terjadinya krisis

Salah satu manfaat dari perdagangan internasional di bidang sosial adalah mencegah terjadinya krisis. Hal ini berarti ketika suatu negara terancam mengalami suatu krisis, maka negara-negara yang menjadi rekan kerja atau dagangnya akan membantu jangan sampai negara tersebut sampai mengalami krisis, entah itu krisis moneter maupun krisis non moneter. Misalnya saja suatu negara terancam mengalami krisis moneter akibat hutang yang terlalu banyak, maka negara lain yang menjadi rekan dagang bisa membantu dengan memberikan pinjaman. Hal ini merupakan suatu keuntungan tersendiri.

  1. Mempererat hubungan persahabatan antar negara

Perdagangan sosial juga akan memberikan manfaat yang berupa eratnya hubungan persahabatan dengan negara lain. Hubungan persahabatan ini tentunya akan membuat negara-negara tersebut untung. Negara-negara anggota dagang akan bisa saling bertukar pengalaman atau sharing program kerja, atau diantara negara-negara tersebut ada yang mau membagikan ilmu tentang apa yang menjadi keunggulan di negaranya, dan lain sabagainya. Eratnya hubungan persahabatan negara ini  merupakan suatu tanda bahwa peran yang baik telah dilakukan oleh suatu negara sehingga mendapatkan respon yang baik pula dari negara lain.

  1. Saling membantu ketika yang satu dilanda musibah

Baik buruknya kehidupan sosial akan sangat terasa apabila suatu negara tengah mengalami musibah, misalnya saja suatu negara mengalami bencana alam yang menewaskan sebagian dari rakyatnya, seperti bencana tsunami, tanah longsor, banjir air, gempa, gunung meletus dan lain sebagainya. Hubungan Perdagangan internasional yang baik akan menarik sifat baik dari rekan dagang. Rekan dagang akan datang dan memberikan batuan kepada negara tersebut yang tengah dilanda bencana alam. Bantuan yang diberikan bisa bermacam-macam, baik itu berupa logistik, tenaga relawan, pakaian, tempat tinggal, maupun sarana dan pra sarana lainnya. Hal seperti ini tentunya akan sangat membantu negara yang terkena musibah tersebut.

  1. Menciptakan perdamaian sosial

Hubungan yang berawal dari perdagangan internasional yang baik akan menimbulkan hubungan sosial yang baik pula. Hal ini akan memberikan dampak terciptanya perdamaian sosial diantara negara-negara anggota dagang. Perdamaian sosial diantara negara-negara sangat diperlukan karena bisa meredam masalah-masalah yang mungkin bisa timbul diantara negara-negara tersebut.

  1. Terciptanya hubungan yang lain, diluar hubungan perdagangan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa berawal dari perdagangan internasional yang baik maka akan tercipta berbagai hubungan lainnya diluar hubungan dagang, entah itu hubungan militer, hubungan kerjasama teknologi, hubungan kerjasama pendidikan, hubungan politik dan lain sebagainya. Hal ini bisa terjadi berawal dari hubungan dagang yang baik.

Itulah beberapa dampak atau manfaat lebih tepatnya dari perdagangan internasional. Manfaat dari perdagangan internasional tersebut dilihat dari segi sosial. Selebihnya, masih banyak lagi manfaat dari perdagangan internasional yang dilihat dari berbagai sudut.

fbWhatsappTwitterLinkedIn