10 Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional (Terlengkap)

Hubungan antar negara merupakan salah satu hubungan seperti halnya manusia dengan manusia. negara menjalin hubungan persahabatan dan juga kerjasama. Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan antar negara adalah hubungan perdagangan. Hubungan perdagangan yang melibatkan negara- negara di dunia sering disebut dengan perdagangan internasional. Perdagangan internasional dilakukan oleh negara di dunia tanpa harus melalui syarat- syarat tertentu. pada kali ini kita akan membahas lebih mengenai perdagangan internasional, meliputi pengertian, manfaat dan juga hal- hal yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.

Pengertian Perdagangan Internasional

Kita pasti telah mengetahui bersama mengenai perdagangan. Ya, perdagangan merupakan kegiatan jual beli. Perdagangan internasional merupakan kegiatan jual beli (antar negara disebut dengan ekspor- impor) yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain, baik hanya dilakukan oleh dua orang maupun lebih. Perdagangan internasional merupakan kegiatan antar negara yang bergerak dalam bidang perekonomian dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan juga mencari keuntungan. Perdagangan internasional dilakukan oleh hampir setiap negara di dunia ini. Hal ini karena setiap negara tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan rakyatnya sendiri tanpa bantuan dari negara lain. Selain itu negara melakukan kegiatan perdagangan internasional juga untuk mencari keuntungan demi menambah devisa negara.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdangan merupakan hal yang positif dimana semua orang di dunia membutuhkan yang namanya jual beli. Tidak hanya manusia atau individu saja, namun lembaga bahkan lembaga setingkat negara pun juga membutuhkan yang namanya jual beli. Jual beli atau perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara dengann negara lain itu dinamakan sebagai perdangan internasional. Begitu banyak dampak positif yang diberikan jual beli. Berikut ini merupakan dampak positif dari jual beli atau yang biasa kita sebut sebagai manfaat perdagangan internasional:

  1. Memenuhi kebutihan antara negara pelaku perdagangan internasional
  2. Memperoleh keuntungan bagi negara yang menjual
  3. Memperluas area atau pasar perdagangan
  4. Transfer teknologi modern
  5. Menambah kemakmuran rakyat suatu negara
  6. Menambah lapangan pekerjaan
  7. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  8. Sumber devisa negara
  9. Efisiensi produk
  10. Mencegah terjadinya krisis
  11. Mempererat hubungan antar negara
  12. Mempererat hubungan politik antar negara

Itulah beberapa manfaat dari perdagangan internasional. Perdagangan Internasional memiliki banyak manfaat dari berbagai sisi, baik dari segi ekonomi, segi sosial, segi politik dan yang lain sebagainya. Bermula dari perdagangan internasional, suatu negara bisa memulai hubungan lain yakni hubungan persahabatan, berbagai kerjasama internasional seperti kerjasama pendidikan, kerjasama militer hingga hubungan sosial antara negara yang baik.

Maka dari itulah setiap negara perlu kiranya melakukan perdagangan internasional agar mencapai hubungan yang baik dengan negara lain. Beberapa hal menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Faktor- faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional akan kita bahas berikut ini.

Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dapat terjadi karena adanya berbagai faktor yang mendorong. Beberapa faktor merupakan faktor yang berasal dari dalam negeri, seperti dorongan untuk memenuhi semua kebutuhan, dan ada pula faktor-faktor yang berasal dari luar negara tersebut. Faktor- faktor ini akan sangat mempengaruhi suatu negara dalam kaitannya dengan kemauan untuk melakukan perdagangan.


Meskipun banyak manfaat yang akan diperoleh, namun semua negara tidak lantas merasa sukarela dan langsung melakukan kegiatan perdagangan internasional (mengingat ada syarat khusus yang harus diurus demi ketertiban). Adapun beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional antara lain:

  1. Dorongan untuk memenuhi kebutuhan yang ada di dalam negeri

Salah satu faktor mengapa negara mau melakukan perdagangan internasional adalah karena ingin memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Tidak dipungkiri kebutuhan manusia antara satu dengan lainnya tidak sama kebutuhannya, sedangkan di suatu negara rakyatnya banyak sehingga bisa dibayangkan kebutuhan yang dimiliki sangatlah beragam. Dengan beragamnya kebutuhan yang dimiliki oleh setiap orang, maka suatu negara tidak mungkin akan menyediakan semuanya.

Maka dari itulah negara perlu membeli barang- barang untuk memenuhi kebutuhan dari negara lain. Hal ini biasa kita sebut sebagai ekspor impor. Ketika negara mendatangkan barang dari luar negeri maka hal itu disebut dengan impor, namun ketika negara memasarkan produk dari dalam ke luar negeri maka hal itu disebut dengan ekspor. Hal ini akan sangat membantu apabila di dalam negeri kekurangan barang yang harus didatangkan dari luar negeri.

  1. Perbedaan kekayaan Sumber Daya Alam

Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara juga dapat menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara ini pada akhirnya akan menjadi komoditi dari negara ini, termasuk kekayaan alam Indonesia yang mendunia. komoditi selain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri juga bisa dijual di luar negeri.

Sebagai contoh negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memproduksi Kopi Robusta dalam jumlah yang banyak. Sebagian dari panenan yang diperoleh disisihkan untuk dijual di dalam negeri dan untuk kegiatan di dalam negeri. Selanjutnya ada negara tetangga yang sedang membutuhkan jenis kopi yang sama. Dengan demikian, Indonesia bisa menjual hasil kopi robusta kepada negara yang membutuhkan tersebut, sehingga terjadilah jual beli.

  1. Perbedaan Selera

Perbedaan selera juga bisa menjadi faktor- faktor yang mendorong  terjadinya perdagangan sosial. Selera ini merupakan urusan pribadi setiap orang sehingga kemungkinan besar satu orang dengan yang lain memiliki selera yang berbeda. Sebagai contoh seseorang yang menyukai busana atau fashion brand luar negeri daripada di dalam negeri. Jika orang yang memiliki selera demikian banyak, maka fashion brand luar negeri menjadi kebutuhan. Dengan demikian negara perlu untuk mendatangkan merk- merk dari luar negeri tersebut. Maka hal ini otomatis akan mendorong terjadinya hubungan perdagangan internasional antar negara.

  1. Perbedaan Iklim

Perbedaan iklim di setiap negara akan berakibat bagi produksi sumber daya alam yang tidak sama. Selain itu datangnya musim juga tidak sama. Hal ini jelas akan menimbulkan perdagangan internasional. Sebagai contoh adalah iklim Indonesia, menyebabkan negara kita yang banyak akan produksi rempah- rempah banyak di ekspor ke Eropa karena Eropa mengalami musim dingin sehingga orang-orangnya sangat membutuhkan rempah- rempah untuk menghangatkan tubuh mereka. Nah, di Indonesia tidak akan musim dingin, jadi rempah- rempah di Indonesia akan sangat berguna bagi orang- orang yang ada di Eropa. Dengan demikian orang Eropa akan membeli rempah- rempah ke Asia dan terjadilah perdagangan internasional di antara kedua negara.

  1. Keinginan untuk memperluas pasar dan menmbah keuntungan

Faktor pendorong negara mau melakukan perdagangan internasional, salah satu tidak akan lepas dari unsur ekonomi. Salah satu faktor mengapa negara mau melakukan perdangangan internasional adalah untuk memperluas pasar dan juga menambah keuntungan bagi negara tersebut. Yang namanya jual beli pastilah ada keuntungan maupun kerugiannya, dan keuntungan ini merupakan salah satu dari faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Dengan melebihkan ekspor daripada impor maka negara bisa mendapatkian pemasukkan atau keuntungan yang lebih banyak. keuntungan maupun kerugiannya, dan keuntungan ini merupakan salah satu dari faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan Internasional.

  1. Keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

Keinginan suatu negara untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak demi meningkatkan pendapatan negara termasuk juga ke dalam faktor- faktor yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional. Dengan melakukan perdagangan ke berbagai pihak, maka keuntungan yang diperoleh negara akan semakin bertambah. Hal ini berakibat pada naiknya pendapatan negara tersebut, dengan demikian negara akan bertambah kaya seiring dengan meningkatnya pendapatan negara tersebut.

  1. Adanya kelebihan produk di dalam negeri

Salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah adanya kelebihan produk yang ada di dalam suatu negara. Karena pemenuhan kebutuhan akan suatu barang atau produk dirasa sudah cukup, maka suatu negara bisa mengekspor barang tersebut ke negara lain. Dengan demikian negara akan memperoleh ganti berupa keuntungan. Barang tersebut juga bisa menjadi komoditi utama negara tersebut.


  1. Keinginan membuka kerjasama, hubungan politik serta lainnya

Melalui hubungan perdagangan pada akhirnya akan tercipta berbagai hubungan baru. Keinginan seperti inilah yang juga mendasar suatu negara mau melakukan perdagangan internasional dengan negara lainnya. Hal ini sangat menguntungkan apabila kita bekerja sama dengan negara yang lebih maju dari berbagai sisinya.

  1. Terjadinya era globalisasi

Untuk bisa bertahan di era globalisasi, maka suatu negara mau tak mau harus dituntut memiliki perekonomian yang maju. Dengan demikian negara harus melakukan hubungan internasional, termasuk di dalamnya adalah hubungan dagang dalam perdagangan internasional.

  1. Ingin memperoleh dukungan dari negara lain.

Salah satu faktor yang mendorong suatu negara mau melakukan hubungan dagang dengan negara lain adalah agar kelak mendapatkan dukungan dari negara lain, khususnya negara mitra dagang dalam berbagai urusan. Hal ini sangat penting, terlebih bagi negara yang seringkali menuai sengketa dengan negara lainnya.

Demikianlah faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, termasuk juga di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial