5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan Penjelasannya

Alam Indonesia memang sangat terkenal akan keindahannya. Keindahan alam Indonesia memang sangat termasyur hingga ke penjuru dunia. Tidak heran bahwa di Indonesia ada banyak sekali turis- turis asing dari negara lain yang sengaja menghabiskan waktu libur mereke ke Indonesia. Indonesia memiliki sangat banyak bentang alam yang terlihat sangat indah, sehingga siapapun yang memandangnya maka tidak akan pernah bosan untuk bertandang ke Indonesia. Bentang- bentang alam yang menghiasi tanah Indonesia ini antara lain gunung dan pegunungan, bukit dan perbukitan, lembah, jurang, macam-macam laut dan ekosistem pantai, macam-macam danau, ekosistem sungai, rawa-rawa , serta lainnya. Kesemuanya ini tidak ada yang tidak indah, semuanya indah. Tidak heran mengapa sektor pariwisata di Indonesia menjadi andalan dan bahkan selalu dikembangkan sehingga selalu ramai oleh pengunjung, terutama turis asing.

Bentang Alam di Daerah-daerah Indonesia

Daerah- daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke memiliki keindahan alamnya masing- masing yang sekaligus menjadi ikon atau kelebihan daerah tersebut. Misalnya saja di Papua terdapat gunung dengan puncaknya yang memiliki salju abadi yaitu Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya dan juga laut dengan pemandangan Indah yang sangat terkenal di dunia, yakni Raja Ampat. Di Pulau Bali terdapat objek wisata yang sangat banyak dan jangan pernah meragukan keindahannya.

Bahkan ada turis asing yang lebih mengenal Bali daripada Indonesia karena saking indahnya Bali. Beberapa keindahan Bali ini terletak pada keindahan pantainya, namun ada pula beberapa objek lainnya seperti Danau Bedugul. Selain di Papua dan Bali, semua keindahan di pulau di Indonesia ini menjadi kekayaan tersendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang kenampakan alam yang ada di salah satu provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur. kenampakan alam di Jawa Timur ini tentunya akan terlihat indah- indah semua.

Kenampakan Alam di Jawa Timur

Kenampakan alam sendiri merupakan kenampakan yang ada di permukaan Bumi dimana kenampakan tersebut diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa kenampakan alam sendiri contohnya adalah gunung, sungai, laut, danau, dan lain sebagainya. Jawa Timur sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia memiliki kenampakan alam yang banyak macamnya dan semuanya indah- indah. Beberapa kenampakan alam yang ada di Jawa Timur ini misalnya gunung, sungai, pantai, goa, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui kenampakan alam di Jawa Tuimur yang lebih lengkap dan lebih rinci, berikut ini merupakan uraiannya:

1. Sungai

sungai jawa timurSungai di Indonesia memang tidak terhitung jumlahyakarena sangt banyak. Bebrapa sungai pun menghiasai kenampakan wilayah di Jawa Timur. sungai yang ada di Jawa Timur juga akan bermuara di laut. Berikut ini adalah nama- nama  sungai yang ada di Jawa Timur, antara lain sebagai berikut:

  • Sungai Brantas
  • Bengawan Solo
  • Bengawan Madiun
  • Kali Porong
  • Sungai Maron

2. Gunung

gunung bromoSelain sungai, selanjutnya adalah gunung. Gunung merupakan tonjolan yang ada di bumi yang ukurannya begitu besar. Tentunya kita sudah familiar dengan gunung. Gunung dibagi menjadi dua jenis yakni gunung aktif dan gunung tidak aktif. Gunung aktif merupakan gunung yang masih melakukan kegiata erupsi atau meletus. Sementara gunung yang tidak aktif merupakan gunung yang tidak dapat erupsi. Beberapa gunung yang ada di Jawa Timur adalah gunung aktif dan sebagian lagi adalah gunung yang sudah tidak aktif. Beberapa gunung yang ada di Jawa Timur antara lain sebagai berikut:

  • Gunung Semeru
  • Gunung Kelud
  • Gunung Ijen
  • Gunung Bromo

Nah, itulah beberapa gunung di Jawa Timur yang menghiasai permukaan Jawa Timur sehingga tampak lebih indah.

3. Danau

ranu kumbolooJenis kenampakan alam di Jawa Timur selanjutnya adalah danau. Danau merupakan jenis kenampakan alam yang berupa genangan air di tengah- tengah daratan. danau biasanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena perpaduan darat dan juga air. Beberapa danau juga terdapat di wilayah Jawa Timur. beberapa danau yang ada di Jawa Timur antara lain adalah:

  • Ranu Kumbolo
  • Ranu Pane
  • Ranu Bedali
  • Ranu Klakah

Danau- danau di Jawa Timur tersebut memang sangat terkenal karena keindahannya, diantaranya ada yang berada di atas gunung.

4. Goa

goa-gongGoa adalah salah satu keindahan alam atau kenampakan alam yang ada di Indonesia, khususnya adalah di Jawa Timur. saking banyaknya goa yang ada di Jawa Timur, sampai- sampai kabupaten Pacitan mempunyai slogan “Kota 1001 Goa”. Adapaun beberapa goa yang ada di Jawa Timur antara lain sebagai berikut:

  • Goa Gong
  • Goa Tabuhan

Nah itulah dua goa yang sangat terkenal di Jawa Timur. kedua Goa tersebut berada di wilayah Kabupaten Pacitan. tak heran hingga Pacitan menyandang gelar “Kota 1001 Goa” karena memang banyak goa yang berada di Pacitan.

5. Pantai

pantai balekambangSiapa yang tidak mengenal pantai? pantai merupakan batas bertemunya air dengan darat. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki pantai, tidak terkecuali Jawa Timur. beberapa pantai yang ada di wilayah Jawa Timur antara lain sebagai berikut:

  • Pantai Teleng Ria (Pacitan)
  • Pantai Klayar (Pacitan)
  • Pantai Balekambang (Malang)

Itulah beberapa contoh kenampakan alam yang berada di Jawa Timur. Kenampakan alam selain memperindah juga bisa menjadi tempat wisata. Selain itu, ada kenampakan alam yang unik di Jawa Timur berupa lautan lumpur panas yang berada di daerah Sidoarjo. Lumpur panas ini merupakan luapan dari dalam bumi akibat adanya aktivitas pabrik yang gagal. Lumpur panas tersebut menjadi bencana alam, namun tidak sedikit pula yang justru memanfaatkannya sebagai objek wisata. Semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn