Keadaan Alam Saudi dan Penjelasannya

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua Asia menjadi benua yang paling besar dan juga paling luas. Daratan benua Asia merupakan daratan yang paling besar yang ada di dunia ini dibagi menjadi beberapa wilayah atau region. Benua Asia dibagi ke dalam Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan , dan Asia Tenggara. Asia Tenggara merupakan region yang ditempati oleh wilayah negara Indonesia. Benua Asia memiliki kenampakan alam yang berbeda- beda, diantaranya ada kenampakan wilayah gunung, macam macam laut, macam- macam danau, rawa- rawa, sungai, lembah, pegunungan, perbukitan dan lain sebagainya. Bermacam- macam bentuk kenampakan alam ini membuat Asia memiliki banyak sumber daya alam yang berbeda- beda.

Asia Barat

Asia Barat merupakan salah satu region yang ada di benua Asia. Asia barat adalah wilayah yang berupa daratan yang kering dan terik. Kebanyakan wilayah ini berupa ekosistem gurun pasir yang sering disebut dengan wilayah “timur tengah”. Timur tengah merupakan wilayah yang bersifat kering dan panas, tidak banyak binatang dan tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah ini. Ada banyak negara yang berada di wilayah Asia Barat, beberapa negara yang berada di Asia Barat antara lain sebagai berikut:

  1. Arab Saudi yang beribukota di Riyadh
  2. Bahrain yang beribukota di Manama
  3. Irak yang beribukota di Baghdad
  4. Iran yang beribukota di Teheran
  5. Kuwait yang beribukota di Kuwait
  6. Lebanon yang beribukota di Beirut
  7. Oman yang beribukota di Muscat
  8. Qatar yang beribukota di Doha
  9. Suriah yang beribukota di Damaskus
  10. Uni Emirat Arab yang beribukota di Abu Dhabi
  11. Yaman yang beribukota di Sana’a
  12. Yordania yang beribukota di Amman
  13. Palestina yang beribukota di Yerussalem

Beberapa negara di timur tengah merupakan negara yang sangat dikenal dikalangan negara- negara di dunia. Meskipun negara timu tengah ini besrifat kering dan cenderung tidak subur, namun negara- negara ini cenderung kaya raya. Hal ini karena kandungan minyak bumi yang banyak terdapat di negara ini. Salah satu negara yang kaya raya dan sangat terkenal adalah Arab Saudi. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai negara ini, yakni mengenai Saudi Arabia atau Arab Saudi.

Arab Saudi

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang paling dikenal di seluruh dunia, khususnya di wilayah Benua Asia.  Arab Saudi terkenal karena terdapat beberapa hal yang menjadikannya dikenal masyarakat, yaitu:

  • Merupakan penghasil minyak bumi yang paling besar, sehingga negara ini mendapatkan julukan dollar petrolium.
  • Merupakan tempat kelahiran dan juga tempat besar bagi manusia yang paling dihormati dan dikenang di penjuru dunia yaitu nabi Muhammad saw.
  • Merupakan tempat lahirnya agama yang banyak dianut umat di dunia yakni Islam.

Itulah alasan mengapa Arab Sudi menjadi negara yang istimewa, bahkan setiap tahunnya negara ini dikunjungi jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia untuk menunaikan ibadah haji. Setiap tahun ketika musim haji datang akan banyak sekali orang yang datang ke wilayah Arab Saudi, khususnya di Kota Makkah. Kota Makkah pada saat itu akan menjadi kota paling padat di dunia dan pada saat itu pula Masjidil Haram menjadi pusat rotasi dunia dimana orang- orang thowaf untuk mengelilingi Ka’bah. Selain itu ada banyak sekali keistimewaan yang dimiliki oleh Arab Saudi.

Letak Astronomis dan Geografis Arab Saudi

Pengertian letak astronomis sendiri adalah letak berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Negara Arab Saudi memiliki letak astronomis 15°LU – 32° LS dan 34° BT – 57° BT. Dengan letak astronomis demikian maka dapat dikatakan bahwa Arab Saudi dilalui oleh garis lintang 0° atau garis khatulistiwa karena terdapat lintang utara dan lintang selatan. Kemudian karena wilayah bujurnya hanya bujur timur maka Arab Saudi ini tidak dilalui oleh garis bujur 0° atau garis meridian. Dengan melihat letak garis lintang, kita juga bisa menebak iklim matahari Arab Saudi ini berupa Iklim Tropis dengan sebagian wilayahnya adalah iklim Sub Tropis.


Selain letak astronomis, kemudian kita perlu juga mengetahui letak geografis negara ini. Negara Arab Saudi terletak di kawasan Asia Barat dengan bentuknya yang berupa semenanjung. Negara ini terkenal akan gurun pasirnya yang luas dan banyak. Adapun batas- batas dari negara Arab Saudi kebanyakan adalah berupa nejgara- negara tetangga, namun ada pula yang berbatasan langsung dengan alam. Adapun batas- batas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Yordania, Irak dan Kuwait
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Oman dan Yaman
  • Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Qatar
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah

Nah itulah penjelasan mengenai letak astronomis serta letak geografis dari negara Arab Saudi yang dilanjutkan dengan batas- batas negara tersebut. Batas- batas negara Arab Saudi kebanyakan berupa negara lain dan hanya sedikit yang berupa alam yaitu Teluk Persia dan juga Laut Merah.

Keadaan Alam Arab Saudi

Tidak lengkap rasanya apabila kita membicarakan Arab Saudi tanpa membahas mengenai bentang alam yang dimiliki Arab Saudi. Bentang alam merupakan kenampakan alam yang berada di suatu wilayah baik daratan maupun lautan. Bentang alam Arab Saudi berarti keadaan atau kenampakan alam yang berada di wilayah Arab Saudi tersebut. Daratan negara Arab Saudi berupa semenanjung yaitu tanjung yang besar. Kawasan wilayah Arab Saudi juga dikenal dengan sebutan Jazirah Arab. Arab Saudi kebanyakan berupa gurun pasir yang sangat luas yang terkadang terdapat sebuah oase, yaitu mata air yang muncul ditengah- tengah padang pasir. Secara umum bentang alam Arab Saudi meliputi:

  1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan kenampakan umum dari wilayah Arab Saudi. Dataran Tinggi Arab Saudi ini terletak di antara Laut Merah dan juga Teluk Persia

  1. Tanah Kering dan Padang Pasir

Yang paling terkenal dari daerah Arab Saudi ini adalah gurun pasir atau padang pasir. Memang negara ini banyak sekali dijumpai gurun. Di bagian utara negara ini terdapat gurun An- Nafud yang memiliki luas sekitar 68.035 km². Di sebelah selatan terdapat gurun Rub Al Khali yang luasnya sekitar 593.110 km². Bahkan diperkirakan sekitar 841.750 km² kawasan Arab Saudi ditutupi ole bukit- bukit pasir yang selalu berpindah- pindah mengikuti tiupan angin.

  1. Palung Sungai dan Wadi

Di Arab Saudi juga banyak terdapat palung- palung sungai namun keadaannya mengering sehingga menyerupai jurang. Selain itu ditemukan pula wadi, yaitu sebuah ledokan tanah yang memanjang yang menyerupai sungai kering. Wadi yang terkenal antara lain WadiEr Rumada dan Wadi Sabhka.

  1. Oase

Oase merupakan mata air yang berada di tengah- tengah padang pasir. Oase ini bak surga yang menjadi tempat pelepas dahaga para musafir. Bagaimana tidak, di daratan yang sangat kering terdapat sumber air. Oase ini banyak terdapat di wilayah sebelah timur antara Kuwait dan Qatar.


  1. Pantai

Memiliki banyak padang pasir bukan berarti dataran Arab Saudi tidak memiliki pantai. Pada batas- batas negara Arab Saudi di atas, sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah. Nah, inilah kawasan yang berupa pantai. Namun pantai di wilayah Arab Saudi ini sebagian daerahnya tertutup dengan Sabhka yaitu daratan yang berupa garam, sehingga negara ini memiliki banyak garam. Hal ini tidak mengherankan karena garam sendiri terbentuk dengan memanaskan air laut. Cuaca di Arab Saudi sangat terik sehingga mudah terbentuk garam.

  1. Dataran Rendah

Selain dataran tinggi, daratan Arab Saudi juga berupa dataran rendah. Dataran rendah ini berada di wilayah barat Arab Saudi yang disebut dengan Tihama oleh masyarakt sekitar.

Itulah beberapa bentuk bentang alam yang berada di wilayah Arab Saudi. Bentang alam yang dimiliki Arab Saudi tidak sama dengan Indonesia, namun mirip dengan negara- negara rumpun timur tengah lainnya. Dengan keadaan alam yang demikian maka tidak semua jenis tumbuhan dan binatang dapat hidup di negara ini. Beberpa jenis tumbuhan yang hidup di wilayah kering adalah jenis palm- palman seperti kurma dan juga jenis tanaman yang memiki duri yaitu kaktus. Binatang yang bisa hidup lama di daerah gurun pun tidak banyak, diantaranya adalah unta, domba dan juga kuda, selebihnya adalah jenis serangga- serangga tertentu seperti kalajengking dan juga ular. Hal ini karena minimnya sumber air yang terdapat di negara ini sehingga hanya tumbuhan dan binatang tertentu saja yang dapat bertahan di daerah kering yang dapat hidup di negara ini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai negara Arab Saudi, mengenai letak dan juga bentang alamnya, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi pembaca semuanya dan mengurangi rasa penasaran tentang Arab Saudi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Teachers Room

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kenampakan alam? Lalu apa saja jenis-jenis dan contohnya? Simak penjelasannya pada video berikut.