5 Negara Penghasil Batu Bara di Dunia Terbanyak

Batu Bara merupakan endapan yang berwarna hitam dan bersifat mudah terbakar, dimana batu bara mengandung berbagai bahan kimia alami di dalamnya seperti unsur Hidrogen, Oksigen, dan juga Nitrogen. Manfaat Batubara digunakan untuk energi berbagai pabrik, ataupun berbagai sektor yang menunjang manusia untuk kegiatan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan. Tentu karena bahan dari alam, maka batu bara memiliki kelebihan dan kekurangan.

Karena kebutuhan inilah yang membawa batu bara menjadi bahan energi yang sangat penting dan juga mahal. Terutama karena sumber daya alam batu bara tidak terbaharui ataupun tidak bisa dibuat secara sengaja. Batu bara hanya ada dan tersebar di sebagian negara saja. Negara mana saja yang memiliki simpanan Batu Bara di dunia ?

  1. China

China menjadi negara pertama di Asia dan juga di dunia yang terkenal akan produksi batu baranya. Dimana produksi tersebut sebesar 1.844,6 juta ton sedangkan yang digunakan untuk ekspor dan juga untuk kebutuhan negara sebesar 1.962,4 juta ton. Tentu jika dilihat memang antara kebutuhan dan juga produksi tidak jauh berbeda karena China merupakan negara industri yang masuk kedalam negara luas ataupun besar. Sedangkan untuk cadangan 114.500 juta ton lagi.

  1. Amerika Serikat

Selanjutnya adalah negara super power Amerika Serikat, sebagai negara yang terbagi menjadi banyak bagian tentu sumber daya alam Amerika Serikat melimpah dan berbagai macam. Salah satunya adalah batu bara yang dihasilkan oleh Amerika Serikat. Di tahun 2012, batu bara yang berhasil diproduksi adalah 922 metrik ton.

Produksi batu bara sangatlah banyak, namun konsumsi yang dilakukan Amerika Serikat juga sangatlah banyak, 37% hasil produksi digunakan untuk tenaga listrik pemerintah Amerika Serikat. Sehingga tenaga listrik tetap berjalan dengan baik. sedangkan negara bagian yang memproduksi batu bara sebanyak 25 negara. Dengan kemajuan teknologi yang ada tentu Amerika masih bisa terus berkembang dengan sumber batu baranya.

  1. India

India merupakan salah satu negara yang terkenal akan perkembangan industrinya yang cukup baik, namun kualitas hidup dari masyarakatnya masihlah sangat rendah. Hal itu menjadi salah satu alasan India menjadi negara berkembang. Jika dulu India seringkali dipanjang sebelah mata oleh negara lain namun sekarang tidak lagi. Negara ini memproduksi batu bara dan memiliki pemasukan yang bagus setelah mengolah hasil batu baranya.

Selain itu batu bara yang terkandung di India juga benar-benar banyak. Sebanyak 68% listrik yang ada di Indonesia didapatkan dari hasil buminya dan bergantung pada batu bara. Beberapa kota seperti Jharkhand, Chhattisgarh, Orissa, dan Bengal Barat bahkan menggunakan batu bara secara maksimal untuk mengelola kotanya. Hal ini dikarenakan kota tersebut merupakan kota penghasil batu bara, dimana 70% batu bara negara India berasal dari kota tersebut.

  1. Australia

Selama ini Australia terkenal akan keindahan alamnya serta kekayaannya akan flora dan juga fauna. Layaknya benua Afrika, Australia kaya akan berbagai produk alam serta merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Namun siapa sangka bahwa Australia juga mengandung berbagai bahan mineral termasuk batu bara yang berkualitas dan sangat melimpah.

Total produksi yang dilakukan oleh Australia bahkan mencapai 413 metrik ton. Total produksi batu bara tersebut didapat dari data yang diambil pada tahun 2012 dan masih terus berlanjut. Pemerintah Australia sendiri memanenen batu bara dan mengekspornya ke luar negeri sebagai pemasukan utama negara tersebut. Beberapa negara seperti New South Wales dan Queensland memproduksi batu bara hitam yang berkualitas baik sedangkan Victoria batu bara coklat.

  1. Indonesia

Terakhir adalah negara kita Indonesia yang menempati urutan ke-5 di dunia. Anda tentu paham bahwa banyak masyarakat asing yang mencoba membeli dan mencari lahan Indonesia yang sekiranya berpotensi mendulang berbagai bahan mineral. Banyak tempat di Indonesia yang berhasil memproduksi bahan mineral berkualitas seperti emas, besi, dan juga batu bara.

Batu bara merupakan kekayaan alam Indonesia yang penting keberadaannya. Batu bara yang berhasil ditemukan di Indonesia sebanyak 5.5 juta ton dan masih belum digunakan secara maksimal. Karena adanya batu bara inilah, pemerintah menggunakan sebanyak 44% untuk tenaga listrik di Indonesia. Sedangkan pulau yang berhasil menjadi tempat utama mencari batu bara adalah Kalimantan khususnya area Kalimantan Timur. Sedangkan beberapa titik lainnya di Sumatera dan Kalimantan Selatan.

Itulah lima negara utama penghasil batu bara yang ada di dunia. Masih ada Rusia, Afrika Selatan, Jerman, Polandia dan juga Kazakhstan yang menghasilkan batu bara cukup tinggi di dunia. Ke-sepuluh negara ini menggunakan batu bara untuk bahan ekspor dan mendapatkan pemasukan serta mendukung berbagai perkembangan negara mulai dari industri, listrik serta kehidupan masing-masing masyarakatnya.

Namun perlu diwaspadai bahwa batu bara berada di dalam bumi yang mengharuskan berbagai negara mengeruk atau melakukan penggalian di tempat yang mengandung batu bara, termasuk di Indonesia. Hal ini mungkin akan berdampak pada masyarakat yang tinggal di sekitarnya atau limbah yang dihasilkan. Menggunakan batu bara secara cukup dan beralih menggunakan peralatan rumah yang hemat energi merupakan cara menghemat batu bara.

fbWhatsappTwitterLinkedIn