10 Kenampakan Buatan di Benua Amerika Disertai Gambar

Benua Amerika merupakan benua yang fenomenal, mengapa? Karena di benua ini terdapat negara adidaya yang menjadi kiblat banyak hal di dunia, yakni Amerika Serikat. Dahulu, benua Amerika hanya ada satu. Namun sekarang ini benua Amerika sudah dipecah menjadi dua yakni benua Amerika Utara dan Benua Anmerika Selatan. Pemecahan benua ini karena dilandasi oleh berbagai faktor. Amerika hingga saat ini menjadi benua yang banyak diminati untuk didatangi. Hal ini tidak hanya karena banyak negara yang berpengaruh namun juga karena banyak tempat- tempat bagus yang sayang sekai untuk dilewatkan, terutama bagi orang- orang yang suka jalan- jalan.

Kita semua sepakat bahwasanya setiap benua bahkan negara di dunia ini memiliki berbagai macam kenampakan, baik itu kenampakan alamiah maupun kenampakan buatan. Kenampakan alamiah merupakan kenampakan yang terjadi di alam dan terbentuk secara alami. Sementara kenampakan buatan merupakan kenampakan yang sengaja dibuat oleh manusia.

Adapun di Amerika juga memiliki kedua kenampakan tersebut. Kenampakan alami yang dimiliki oleh Benua Amerika misalnya adalah salah satu air terjun tertinggi di dunia yaitu Niagara, hutan hujan tropis terbesar di dunia Amazon, macam-macam danau seperti Danau Superior yang melegenda dan lain sebagainya. Sementara itu kenampakan buatan di Amerika akan kita bahas lebih dalam dalam artikel ini.

Amerika dari dulu sudah terkenal akan negaranya yang unggul. Banyak hal yang dimiliki oleh benua ini yang kemudian menjadi kiblat dari bangsa- bangsa lain, seperti mata uang Dollar Amerika yang dijadikan patokan standar keuangan dunia, Kanada yang menjadi kiblat pendidikan dunia, hingga Brazil yang terkenal akan sepak bola nya. Banyak teknologi terkini yang lahir di benua ini, termasuk juga objek- objek buatan manusia sehingga menjadi magnet untuk dikunjungi. Apa saja sih objek- objek yang menjadi kenampakan buatan tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini.

  1. Patung Liberty

patung-libertySiapa yang tidak mengenal Patung Liberty? Patung raksasa ini sudah sangat melegenda bagi masyarakat dunia. Patung Liberty digambarkan sebagai manusia yang membawa obor dan berada di tengah- tengah lautan. Patung ini terletak di Pulau Liberty, di muara sungai Hudson yang berada di New York. Patung ini merupakan hadiah yang diberikan Perancis kepada Amerika Serikat pada akhir abad ke 19 dalam rangka perayaan 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan sekaligus simbol persahabatan kedua negara.

Patung ini juga digunakan sebagai monumen selamat datang bagi pengunjung, imigran dan warga Amerika Serikat yang telah kembali. Patung ini memiliki tinggi 46 meter, namun dari atas tanah patung ini memiliki tinggi 93 meter. Patung ini diresmikan tanggal 28 Oktober 1886 dan telah mengalami beberapa kali pemugaran. Patung ini terbuat dari bahan perunggu yang dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel yang merupakan designer menara Eiffel.

  1. Patung Kristus Penebus

kristus penebusSelanjutnya ada patung Kristus. Masih sama seperti patung Liberty yakni patung yang berukuran raksasa. Di dunia ini setidaknya ada 12 patung Kristus yang memiliki ukuran raksasa yang tersebar di seluruh dunia, dan salah satunya adalah di Brazil, Amerika. Patung ini merupakan patung Kristus Penebus yang berada di Kota Rio de Jeneiro.

Patung ini memiliki ketinggian 38 meter dan berada di puncak gunung Corcovado yang memiliki ketinggian 710 mdpl di Taman Nasional Hutan Tijuca. Patung ini dibangun selama 9 tahun dan menghabiskan dana sekitar USD 250.000.

  1. World Trade Centre

WTC Investigation

World Trade Centre berada di kota New York. Banyak orang yang menyebutnya sebagai WTC atau menara kembar. Kawasan ini terdiri dari tujuh bangunan yang sebagian besar di desain oleh arsitek Jepang-Amerika yaitu Minoru Yamasaki. Kawasan ini memiliki luas perkantoran 1,24 juta meter persegi.

Pada tanggal 13 Februari 1975 menara kembanr berlantai 110 ini mengalami kebakaran dan mengalami serangan bom pada 26 Februari 1993. Hingga saat ini bangunan yang ada merupakan bangunan yang sudah mengalami renovasi.

  1. Patung wajah di Gunung Rushmore

patung wajahApabila Anda penggemar serial kartun Naruto, tentunya Anda tahu dengan ukiran wajah dari para Hokage di gunung. Ternyata ukiran wajah tersebut benar- benar ada di dunia nyata, tepetnya di Gunung Rushmore, yang berada di Amerika Serikat.

Gunung ini memiliki permukaan berupa batuan granit. Nah di permukaan gunung ini dipahatlah wajah- wajah presiden Amerika Serikat yang pernah memimpin, yakni George Washingtin, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, Abraham Lincoln, yang dipahat oleh seorang berkebangsaan Denmark- Amerika yaitu Gutzon Borglum.

  1. Gedung Putih

gedung putihGedung Putih disebut juga dengan White House. Gedung putih ini sebenarnya merupakan istana kepresidenan Presiden Amerika Serikat. Gedung ini dibangun pada tahun 1792 hingga 1800 yang dirancang oleh arsitek kelahiran Irlandia yaitu James Hoban.

Gedung putih merupakan kediaman resmi presiden Amerika Serikat beserta keluarganya. Ketika presiden baru Amerika selesai dilantik maka presiden lama beserta keluarganya akan dipindahkan ke rumah yang disediakan oleh pemerintah, kemudian keluarga presiden baru segera menempati gedung putih. Salah satu yang paling terkenal dari gedung ini adalah Kantor Oval yang merupakan ruang kerja Presiden Amerika Serikat. hiran Irlandia yaitu James Hoban. gedung rikat. Gedung ini

  1. Jembatan Golden Gate

golden gate

 

Sudah biasa bahwa salah satu ikon di sebuah wilayah berupa jembatan, tidak terkecuali jembatan Golden Gate yang berada di California, Amerika. Jembatan Golden Gate merupakan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan kota San Fransisco dan California. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter, dan memiliki ketinggian 230 meter di atas permukaan laut.

 

  1. Machu Picchu

machu picchuMachu Picchu merupakan sebuah gunung tua yang sering disebut dengan Kota Inca yang hilang. Machu Picchu merupakan sebuah reruntuhan Inca pra Columbus. Reruntuhan ini terletak pada wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan air laut.

Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru. Machu Picchu ini merupakan simbol Kerajaan Inka dan dibangun sekitar tahun 1450 dan ditinggalkan 100 tahun kemudian. Rruntuhan kerajaan ini ditemukan kembali pada tahun 1911 setelah sempat dilupakan oleh dunia internasional.

  1. Teotihuacan

teotihaucan

Teotihuacan merupakan sebuah situs arkeologi besar yang berada di lembah Mexico dan meliputi beberapa striktur piramida. Teotihuacan ini dibangun pada zaman pra- Colombus. Disamping banyak bangunan piramida, di kompleks ini juga terdapat makam-makam dengan ukiran yang indah.

Kompleks ini dulunya merupakan pemukiman yang luas. Pembangunan kompleks ini diperkirakan adalah 300 SM dan mengalami masa puncak antara tahun 300 hingga 600 SM.

 

  1. Piramida Matahari

piramida matahariPiramida yang sesungguhnya dapat kita temukan di Mesir, Afrika. Namun di Amerika ada pula piramida, yaitu piramida matahari. Piramida matahari ini termasuk salah satu bagian dari Teotihuacan. Piramida matahari merupakan piramida yang oaling terkenal di wilayah Mesoamerika kuno.

Pembangunan piramida matahari ini bersamaan dengan piramida bulan yang dibangun sekitar tahun 1 M sampai dengan 250 M. Piramida kuno ini ditemukan pada tahun 1900an, dan pada tahun 1970 sebuah gua ditemukan di piramida ini. Gua tersebut menghubungkan ke sebuah ruangan yang berisi artefak yang dipercaya sebagai tempat suci pada zaman dahulu.

  1. Terusan Panama

terusan panamaTerusan Panama merupakan terusan yang memecah wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Terusan ini juga menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Terusan Panama dibuka pada tanggal 15 Agustus 1914.

Itulah beberapa kenampakan buatan yang berada di benua Amerika. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar