6 Kenampakan Buatan di Benua Australia Beserta Gambar

Seluruh dunia merupakan laoboratorium raksasa yang perlu kita eksplor untuk mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan juga pengalaman. Bagi yang menyukai travelling, apalagi jalan- jalan ke luar negeri maka tidak akan sayang mengeluarkan uagnya hanya untuk berjalan- jalan keliling dunia, mulai dari ke negara tetangga hingga ke lintas benua. Benua di dunia ini jumlahnya ada 7 yaitu Eropa, Asia, Afrika, Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Antartika. Masing-masing benua ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri sehingga timbullah yang namanya ciri khas. Nah, wisatawan biasanya diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu wisatawan yang menyukai pemandangan alam atau kenampakan alami, dan juga wisatawan yang menyukai kenampakan buata manusia, seperti gedung, monumen bahkan taman. Hal ini menjadi daya tarik tersenndiri.

Berbicara mengenai kenampakan alam dan buatan, salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi adalah Australia. Benua terkecil di dunia ini memiliki berbagai macam kenampakan alam dan buatan yang bagus dan juga keren untuk kita ketahui. Nah, kesempatan kali ini kita akan lebih membahas mengenai kenampakan buatan yang ada di Australia. Apa saja sih?

Kenampakan buatan merupakan segala sesuatu yang sengaja di buat oleh manusia. tidak bisa kita pungkiri bahwasannya sesuatu yang sengaja dibuat oleh manusia ini justru banyak memiliki penggemar. Banyak orang yang sengaja datang ke suatu tempat untuk mengabadikan moment bersama dengan objek yang ingin mereka lihat. Lalu, apa saja sih kenampakan buatan di Benua Australia? Berikut ini merupakan beberapa kenampakan buatan yang dimiliki Australia:

  1. Great Ocean Road

great ocean roadKenampakan buatan di Australia selanjutnya adalah Great Ocean Road. Jalur ini merupakan jalur yang memiliki panjang sekitar 143 Kilometer atau sekitar 151 mil yang membentang di wilayah Australia bagian Tenggara yakni antara Torquay dan Allansford.

Jalur ini dibangun oleh para tentara antara tahun 1919 hingga 1932 yang didedikasikan untuk para tentara yang gugur selama perang dunia I. jadi bisa dikatakan jalur ini sekaligus menjadi monumen. Jalur ini terletak di pinggiran pulau sehingga berbatasan langsung dengan laut atau pantai. Oleh karena letaknya yang berbatasan langsung dengan pantai maka membuat jalur ini memiliki pemandangan yang indah baik pemandangan laut maupun darat.

  1. Kakadu National Park

kakaduSelanjutnya adalah Taman Nasional Kakadu. Taman nasional ini merupakan kenampakan buatan karena dibuat oleh manusia. Taman nasional Kakadu merupakan taman nasional terbesar di Australia dan sudah terdaftar sebagai salah satu warisan dunia, waw hebat ya? Ada banyak keistimewaan yang akan kita lihat di taman nasional Kakadu ini, diantaranya adalah:

  • Tebing- tebing curam yang bergerugut
  • Hutan hujan yang lebat
  • Galeri seni cadas yang berusia lebih dari 50.000 tahun
  • Bunga teratai dan buaya prasejarah
  • Air terjun

Nah di taman nasional Kakadu ini kita juga dapat mempelajari kebudayaan dari masyarakat Aborigin serta jutaan burung yang bermigrasi diantara lahan basah.

  1. Jembatan Pelabuhan

sydney harbourJembatan Sydney Harbour merupakan salah satu ikon dari Kota Sydney. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan distrik pusat bisnis Sydney dengan wilayah utara Sydney. Di atas jembatan ini kita akan menemukan jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda dan juga trotoar.

Jembatan ini besar dan warga disana sering menyebutnya sebagai The Coathanger karena bentuknya yang melengkung. Jika Anda tahu, jembatan ini merupakan bangunan yang paling tinggi di Kota Sydney hingga tahun 1967. Menurut catatan Guinness World Records, jembatan ini merupakan jembatan terlebar di dunia, sekaligus jembatan berkerangka besi tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 134 meter.

  1. Gedung Opera

opera houseIkon dari Asutralia lainnya selain jembatan adalah adanya bangunan putuh yang melengkung bertumpuk- tumpuk. Y, itu adalah gedung Opera. Bangunan ini merupakan bangunan yang paling unik di abad ke-20. Sydney Opera House merupakan bangunan yang terletak di Bannelong Point di Sydney Harbour.

Sesuai dengan fungsi bangunannya, gedung ini kerapkali digunakan untuk pementasan teater, ballet dan kesenian lainnya disamping untuk tujuan pariwisata. Desainnya yang unik menyerupai cangkang membuat bangunan ini amat terkenal. Yang menakjubkan lagi adalah bangunan ini terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2007. Tidak lengkap rasanya apabila kita ke Australia namun belum berfoto dengan latar belakang bangunan ini.

  1. Antena Raksasa

antena raksasaBerikutnya adalah antena raksasa di kota Canberra. Antena- antena raksasa di Canberra ini merupakan suatu bagian dari Canberra Deep SpaceComunication Complex (CDSCC) yang juga merupakan bagian dari Deep Space Network NASA.

Antena- antena raksasa yang berwarna putih dan menjulang ini mengirimkan perintah dan menerima data dari pesawat- pesawat ruang angkasa. Selain itu, di kota ini kita juga dapat mempelajari banyak hal mengenai ruang angkasa.

 

  1. Stadion Olahraga

stadiumKita semua percaya bahwa semua negara memiliki stadion olahgara tingkat nasional. Ya, stadion olahraga merupakan salah satu kenampakan buatan. Stadion Australia memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 85.000 kursi. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan Rugbi. Stadion ini digunakan sebagai tempat pada ajang Piala Dunia Rugbi tahun 2003. Stadion ini terletak di Sydney.

Nah itulah berbagai macam kenampakan buatan di Benua Australia yang terkenal hingga ke mancanegara. Selain itu tentunya masih banyak lagi kenampakan buatan Australia apabila kita berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!