3 Perbedaan Teluk dan Tanjung Terlengkap

Pulau merupakan sebuah ekosistem darat yang berada di tengah- tengah perairan atau laut/samudera. Pulau bentuknya tidak beraturan karena terbentuk secara alami. Terkadang kita menemukan pulau yang bentuknya ada cekungan sehingga air laut menjorok ke pulau atau daratan. Kemudian ada pula pulau yang menonjol keluar sehingga daratan yang menjorok ke laut. Itulah bermacam- macam bentuk pulau sehingga kita sering mendengar berbagai istilah yang menunjukkan berbagai bentuk tersebut, sebagai contoh adalah teluk dan tanjung.

Teluk dan tanjung merupakan kedua istilah yang berbeda. Keduanya merupakan hal yang berlawanan. Jadi bisa dikatakan bahwa teluk adalah kebalikannya tanjung dan juga sebaliknya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara teluk dan tanjung.

telukSebelum kita membahas mengenai perbedaan dari keduanya, lebih baik kita mengetahui pengertian dari keduanya terlebih dahulu. Dari pengertian keduanya, sebenarnya sudah jelas kita mengetahui perbedaannya. Jadi yang dimaksud dengan teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan di ketiga sisinya.

tanjungSementara yang dimaksud dengan tanjung adalah dartaan yang menjorok ke laut, atau bisa dikatakan bahwa tanjung adalah daratan yang dibatasi oleh laut di ketiga sisinya. Nah inilah pengertian dari tanjung dan teluk. Dari pngertian tersebut kita jelas mengetahui perbedaan diantara keduanya. Namun untuk lebih jelas, kita akan bahas perbedaannya di Bawah ini.

Perbedaan Teluk dan Tanjung

Teluk dan tanjung adalah bagian dari garis pantai yang saling berlawanan. Dari pengertian yang telah disebutkan di atas dapat kuta tari beberapa point perbedaan diantara keduanya, antara lain sebagai berikut:

  1. Perbedaan bentuk

Perbedaan teluk dan tanjung yang pertama adalah bentuknya. Teluk adalah lautan yang menjorok ke daratan, sementara tanjung adalah daratan yang menjorok ke lautan. Keduanya ini bisa terbentuk karena bentuk dari pantai yang tidak rata. Sementara teluk sendiri bisa juga terbentuk karena adanya abrasi atau pengikisan yang disebabkan oleh ombak.

  1. Perbedaan besar kecilnya ombak dan angin

Kemudian perbedaan antara teluk dan tanjung selanjutnya adalah mengenai besar kecilnya ombak dan juga angin darat dan angin laut. Teluk yang merupakan lautan yang menjorok ke daratan memiliki suasana yang tenang, ombak yang kecil serta angin yang tidak terlalu kencang. Hal ini dikarenakan lautan yang ada hanya sempit dan diapit oleh daratan.

Sementara tanjung merupakan daratan yang menjorok ke lautan. Oleh karena daratan ini menjorok ke lautan, maka ombak yang ada di tanjung ini berukuran besar dan juga angin yang menerpa pun adalah angin yang besar. Hal ini karena tidak ada dinding daratan yang membatasi karena daratan yang menonjol langsung berbatasan dengan laut lepas di ketiga sisinya.

  1. Perbedaan fungsi

Teluk dan tanjung memiliki karakteristik yang berbeda, selain bentuknya juga pada besarnya angin dan ombak. Dengan demikian fungsi dari teluk dan tanjung pun juga berbeda. Teluk karena ombak dan angin lebih tenang maka sering digunakan sebagai pelabuhan dan juga kawasan memancing. Sementara tanjung yang memiliki ombak yang besar dan angin kencang maka lebih dibuka untuk kegiatan pariwisata. Sementara itu, semenanjung (sebutan untuk tanjung yang luas) banyak digunakan sebagai pemukiman masyarakat.

Nah itulah beberapa titik atau point perbedaan antara teluk dan tanjung. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan tanjung dan teluk karena bentuk pantainya yang tidak rata. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi