Sponsors Link

17 Jenis-jenis Barang Tambang dan Penjelasannya

Sponsors Link

Barang tambang (baca: jenis sumber daya tambang) merupakan bahan baku yang bersifat sangat penting. Barang tambang dibutuhkan oleh semua manusia, meski terkadang kita tidak menyadari seberapa besar kebutuhan kita terhadap barang tambang. Negara- negara di dunia sangat membutuhkan barang tambang untuk dapat memenuhi segala kebutuhan negara tersebut. Maka dari itulah negara yang mempunyai banyak sumber tambang dianggap sebagai negara yang kaya.

Sponsors Link

Barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maksudnya adalah apabila sumber daya alam tersebut habis maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan gantinya. Sebagai contoh adalah minyak bumi (baca: jenis minyak bumi). Minyak bumi terbentuk dari fosil- fosil makhluk hidup jutaan tahun yang lalu hingga akhirnya terbentuklah minyak bumi. Jika persediaan minyak bumi di dunia habis, maka akan membutuhkan waktu berjuta- juta tahun lamanya untuk mendapatkan kembali persediaan minyak bumi tersebut.

Penggolongan Barang Tambang

Barang tambang merupakan salah satu topik menarik untuk bisa kita bicarakan. Hal ini karena barang tambang merupakan sesuatu yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan juga negara. Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis barang tambang yang dapat kita temukan di Bumi (baca: inti Bumi) kita tercinta? Kemudian barang- barang tambang tersebut akan digolongkan kedalam tiga golongan, yakni golongan A, golongan B, dan golongan C. Menurut Undang- Undang No. 11 Tahun 1967, penggolongan barang tambang tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Barang tambang golongan A

Barang tambang golongan A ini juga disebut sebagai barang tambang yang strategis. Barang tambang golongan A merupakan bahan galian yang berperan penting dalam kehidupan suatu negara. Beberapa anggota dari barang tambang jenis A ini antara lain minyak bumi, gas alama atau gas bumi dan batu bara, nikel dan juga timah.

  1. Barang tambang golongan B

Jika sebelumnya (barang tambang gol. A) disebut dengan golongan strategis, maka barang tambang golongan B disebut sebagai barang tambang vital. Barang tambang golongan Vital merupakan bahan galian yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara. Bahan galian golongan B ini dikuasai oleh negara dengan menyertakan rakyatnya. Beberapa anggota dari barang tambang golongan B ini antara lain emas, perak, platina, tembaga, intan, belerang, besi dan bauksit.

  1. Barang tambang golongan C

Barang tambang golongan C disebut juga dengan galian industri yang dikelola oleh masyarakat. Bahan galian golongan C antara lain kaolin, fosfat, gipsum, mangan dan lain sebagainya.

Jenis- jenis Barang Tambang

Negara Indonesia merupakan negara yang sangat besar (baca: iklim di Indonesia). Tidak hanya besar dalam wilayah saja, namun juga sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya raya dan mempunyai banyak sekali sumber daya alam, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam alami, seperti air (baca; jenis air), angina (baca: jenis angin), cahaya matahari (baca: lapisan matahari), udara (baca: polusi udara) dan lain sebagainya. Sementara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui lebih didominasi oleh barang- barang tambang. Barang tambang yang ada di Indonesia pun banyak sekali. Indonesia kaya akan barang tambang dan mempunyai banyak sumber. Beberapa barang tambang yang dimiliki oleh Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, timah, nikel, emas, intan, dan lain sebagainya. Sumber- sumber barang tambang ini sekaligus menjadi sumber kekayaan bangsa Indonesia.

Tidak hanya Indonesia yang mempunyai banyak barang tambang, namun negara- negara lain di dunia juga mempunyai sumber barang tambang. Barang tambang yang ada di Bumi ini jenisnya ada bermacam- macam. Beberapa jenis barang tambang yang ada di bumi ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Batu bara

Jenis barang tambang yang terkenal adalah batu bara. Batu bara sudah seringkali kita dengar. Batu bara pada zaman dahulu digunakan sebagai bahan bakar kereta api. Batu bara adalah barang tambang yang multifungsi. Batu bara juga merupakan bahan baku pembuatan plastik, untuk bahan bakar usaha rumahan kecil, pengganti kayu, dan bahan bakar jangka panjang PLTU. Batu bara terbentuk dari sisa- sisa tumbuhan zaman purba yang pada akhirnya terpendam dan mengendap di dalam lapisan tanah hingga berjuta- juta tahun lamanya. Maka dari itulah batu bara juga disebut sebagai batu fosil.

Batu bara mempunyai beberapa kategori berdasarkan unsur karbon yang terkandung di dalam batu bara tersebut. Warna batu bara yang semakin hitam, maka semakin memiliki banyak unsur karbon. Berdasarkan kandungan karbon itu pula, batu bara mempunyai beberapa jenis seperti:

  • Antrasit, yakni bau bara yang memiliki kadar karbon 86% hingga 98%
  • Bitu minus, yakni batu bara yang memiiki kadar karbon 68% hingga 86%
  • Sub- bituminus, yakni batu bara yang memiliki kadar karbon hanya sedikit dan lebih banyak kandungan airnya
  • Lignit, yakni batu bara yang mempunyai kadar karbon sebanyak 35% hingga 75%. Batu bara jenis ini memiliki warna coklat dan dikenal lunak serta ringan.
  • Gambut, batu bara jenis ini berpori- pori dan mengandung kadar air hingga 75%.

Itulah jenis- jenis dari batu bara yang bisa ketahui. Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan batu baranya. Daerah- daerah penghasil batu bara tersebar di wilayah Indonesia seperti Bukitasam di Tanjungenim, Sumatera Selatan, Kotabaru atau Pulau Laut di Kalimantan Selatan, Sungai Berau di Samarinda Kalimantan Timur dan Umbilin yang pusatnya di Sawahlunto Sumatera Barat. Di Indonesia, hasil tambanh baru bara ini diusahakan oleh PN. Batubara yang terdapat juga di Bengkulu, Jawa Barat, Papua dan juga di Sulawesi Selatan.

  1. Fosfat

Jenis barang tambang yang kedua adalah fosfat. Fosfat merupakan barang tambang yang terbentuk dari persenyawaan pada kotoran kelelawar yang tercampur dengan batu kapur (baca: batuan sedimen organik). Fosfat sangat diperlukan dalam industri pembuatan pupuk. Tambang fosfat banyak terdapat di pulau Jawa, diantaranya adalah di Jawa Barat yakni Bogor dan Pangandaran. Jawa Tengah diantaranya di Gombong, Purwokerto,  Jepara, dan Rembang. Dan di Jawa Timur yakni di Bojonegoro.

  1. Emas

Emas merupakan logam mulia yang nilainya sangat mahal. Bahkan emas pada zaman sekarang dijadikan lambang kekayaan terbesar melebihi uang. Emas dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk. Untuk emas yang khusus digunakan dalam menyimpan kekayaan, biasanya dibuat dalam bentuk batangan. Sementara emas yang dipakai manusia adalah yang diolah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan sebagainya. Jikalau emas merupakan logam yang sangat dicari, maka berapa nilai yang akan kita berikan pada tambang emas? Indonesia mempunyai tambang emas yang sangat besar, bahkan dikatakan bahwa tambang emas yang dimiliki Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Tambang emas besar Indonesia terdapat di Papua, yakni yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia.

  1. Perak

Jenis tambang yang selanjutnya adalah perak. Perak merupakan saudara dari emas, sama- sama logam mulia. Perak juga seringkali disebut sebagai emas putih. Perak mempunyai warna putih, tidak seperti emas yang berwarna kuning. Namun kesamaan dari keduanya adalah sama- sama berkilau. Apabila emas sering dijadikan sebagai lambang kekayaan yang berwujud batangan, namun tidak berlaku pada perak. Perak sering digunakan sebagai bahan baku membuat perhiasan. Indonesia juga kaya akan tambang perak. Beberapa tambang perak yang ada di Indonesia antara lain di bengkalis (Sumatera), Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Cikotok di Jawa Barat, Meuleaboh di Aceh, dan Rejang Lebong di Bengkulu.

  1. Platina

Platina merupakan sebuah logam yang mempunyai ciri berwarna putih keperakan hingga abu- abu kehitaman, mudah ditempa, tidak mudah berkarat , dapat diregangkan dan juga sukar dicairkan. Platina ini terbentuk akibat konsentrasi magma (baca: perbedaan intrusi dan ekstrusi magma) pada batuan beku basa. Platina juga banyak digunakan untuk membuat perhiasan, alat kedokteran dan juga alat komunikasi. Tambang platina di Indonesia adalah di Bengkalis, Riau dan di Martapura.

  1. Aspal

Jenis barang tambang yang selanjutnya adalah aspal. Aspal merupakan barang tambang yang banyak digunakan sebagai bahan pengecoran jalan. Aspal merupakan barang tambang yang sangat penting karena keberadaannya mencerminkan fasilitas transportasi negara. Aspal menjadikan jalan yang pada mulanya jelek, rusak, buruk menjadi jalan yang halus dan mudah untuk dilewati kendaraan, sehingga akan memperlancar transportasi dan menghindarkan kendaraan dari kemacetan. Tambang aspal juga ditemukan di wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Buton di Sulawesi Tenggara. Selain disitu, tambang aspa juga dihasilkan oleh Permigan Wonokromo di Jawa Timur yang mana merupakan hasil olahan dari jenis minyak bumi.

  1. Biji Besi

Siapa yang tidak mengenal biji besi? Lomgam ini merupakan salah satu logam yang paling diburu di dunia. Biji besi ini akan diolah menjadi besi batangan maupun besi dalam bentuk lainnya. Tidak usah ditanyakan lagi apa saja kegunaan besi. Semua orang mengetahui bahwa besi tidak bisa dipisahkan dari kehidupa manusia sehari- hari. Dalam kehidupan sehari- hari, besi banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang, khusunya dalam bidang konstruksi. Pembangunan merupakan program yang sangat penting bagi suatu negara. Dengan adanya pembangunan maka suatu negara akan mengalami kemajuan. Untuk mendirikan bangungan, kita akan membutuhkan konstruksi yang dibuat dari batang- batang besi untuk memperkuat bangunan tersebut. Indonesia mempunyai tambang biji besi yang terbilang banyak. Beberapa tambang biji besi yang terdapat di Indonesia antara lain di Cilacap pasir besi di jawa Tengah, Cilegon Banten, Longkana dan Pegunungan Verbeek di Sulawesi Tengah, Pulau Dermawan, Pulau Sebuku dan Pulau Suwang di Kalimantan Selatan. Sementara biji besi yang merupakan jenis barang tambang vital yang ada di Indonesia ini dikelola oleh PT Krakatau Steel yang berada di Cilegon, Jawa Barat.

  1. Intan

Intan hampir bersaudara dengan emas dan perak, namun intan lebih dikenal sebagai bahan yang sering diolah sebagai perhiasan. Selain perhiasan, intan juga diubah menjadi mata bor suatu mesin karena sifatnya yang sangat keras. Intan merupakan barang tambang yang sangat indah sehingga mempunyai nilai jual yang tiggi pula. Indonesia merupakan negara yang sangat dikenal dengan hasil intannya. Intan dapat diperoleh dengan menggali tanah (baca: tanah liat), lalu tanah dilimbang dengan air hingga ditemukannya biji intan. Tambang intan yang ada di Indonesia ini sebagian besar berada di wilayah pulau Kalimantan. Bahkan di Kalimantan sendiri terdapat tempat pengasahan intan yang sangat terkenal, yakni di Martapura. Martapura lebih tepatnya berada di Kalimantan Selatan. Selain di Martapura, ada lagi tempat pengasahan intan yakni di wilayah Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah.

  1. Alumunium

Ada lagi jenis barang tambang yang sangat berperan dalam kemudahan hidup manusia. Namanya adalah alumunium. Siapa yang tidak mengenal alumunium? Alumunium sering digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak. Selain itu alumunium juga seringkali diolah menjadi mebel dan juga perkakas lain. Alumunium semakin banyak diminati karena selain ringan juga ternyata tahan lama. Maka dari itulah alumunium memegang peranan yang sangat penting. Alumunium yang merupakan barang tambang serba guna ini, tambangnya banyak berada di wilayah provinsi Papua.

  1. Gas Alam

Salah satu jenis dari barang tambang yang sangat diminati dunia karena keberadannya sangat penting adalah gas alam. Gas alam (baca: manfaat gas alam) merupakan barang tambang yang sangat banyak digunakan dalam berbagai macam industri. Tambang gas alam yang ada di Indonesia antara lain di daerah Arun di Daerah Istimewa Aceh, Bontang di Kalimantan, juga tersebar di daerah- daerah Jawa Barat, Sumatera Utara da juga Sumatera Selatan.

  1. Gipsum

Gipsum, ternyata merupakan barang tambang yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Gips banyak sekali kegunaannya, seperti digunakan pada industri keramik. Jika kita melihat model bangunan jaman sekang, dimana tiang- tiangnya besar dan penuh dengan ukiran (padahal bukan katu), maka kemungkinan tiang itu menggunakan gips yang sudah diukir sebelumnya. Tidak hanya tiang saja, namun juga hiasan yang berada di atap- atap rumah mewah, biasanya itu juga menggunakan ukiran dari gipsum yang kemudian diberi warna yang sesuai dengan kemauan atau selera masing- masing. Gips merupakan barang tambang yang mana tambangnya ada di Indonesia. Beberapa tambang gips atau gipsum yang ada di Indonesia terletak di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selaan dan juga Sulawesi utara.

  1. Minyak Bumi

Yang merupakan barang tambang yang paling baik di dunia, salah satunya adalah minyak bumi (baca: cara mengolah minyak bumi). Kedudukan minyak bumi di mata dunia sangatlah penting. Keududkan minyak bumi ini sangat penting karena masyarakat di seluruh dunia membutuhkan minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraa, untuk keperluan rumah tangga,pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain sebgainya. Minyak bumi mempunyai peranan yang sangat penting dan mampu menjadi basis harga- harga di seluruh dunia. Karena mempunyai peranan yang sangat vital, maka perubahan harga pada minyak bumi adakan mendorong terjadinya perubahan pada barang- barang lainnya. Minyak bumi juga akan berdampak pada kestabilan ekonomi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tambang minyaknya. Tambang- tambang minyak Bumi yang ada di Indonesia antara lain di Pulau Sumatera seperti di Aceh, Riau dan juga Muara Enim. Selainitu ada juga di pulau Jawa, tepatnya di Wonokromo-Surabaya, Cepu (Rembang) dan juga majalengka (Jatibarang). Di pulau Kalimantan terdapat tambang minyak Bumi di Tarakan, Amuntai dan juga Sungai Mahakam. Setelah daerah- daerah yang telah kita sebutkan sebelumnya, bahwa tambang minyak Bumi juga ada di aderah Maluku dan juga Papua. Sebagai informasi untuk kita semua, selain di daratan, pertambangan minyak bumi juga terdapat di area lepas pantai.

  1. Timah

Jenis barang tambang yang selanjutnya dan sudah sangat terkenal adakah timah. Timah merupakan salah satu barang tambang yang sangat penting. Timah yang sudah diolah dapat digunakan sebagai kaleng makanan, pelipis besi supaya tidak mudah berkarat, serta lembaran imah dapat digunakan sebagai pembungkus permen, coklat, hingga rokok. Barang tambang timah ini dapat kita temukan pada batuan- batuan granit yang masih berbentuk serpihan- serpihan kecil. Amun di dalam pengolahannya, timah adan dipisahkan dari batuan granit untuk mendapatkan konsentrasi tinggi hingga pada akhirnya dioalah menjadi biji timah dan menjadi timah produksi yang dipakai dalam usaha yang skalanya lebih besar.

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil timah yang sangat terkenal. Bahkan Indonesia menduduki negara penghasil timah terbesar nomor 4 di dunia setelah Malaysia, Thailand, dan juga Bolivia. Di Indonesia, tambang timah banyak sekali terdapat di Pulau Bangka, Singep dan juga daratan Riau.

  1. Tembaga

Jenis barang tambang yang juga terkenal lainnya ialah tembaga. Tembaga sudah akrab di telinga masyarakat karena seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari. misalnya tembaga ini digunakan dalam pembuatan alas- alat listrik seperti kabel, untuk peralatan industri konstruksid, pembuatan kapal- kapal laut hingga untuk membuat pipa air. Semua ini termasuk benda- benda yang sangat penting bagi manusia. tembaga merupakan semuah loga. Tembaga berkilau seperti emas, namun tidak secemerlang emas. Selain itu warna dari tembaga ini kuning kemerah- merahan. Indonesia termasuk negara yang banyak menghasilkan tembaga. Di Indonesia, tambang tembaga ini banyak kita jumpai di daerah Papua, dimana pengolahannya juga merupakan pengolah tambang emas terbesar, yakni PT. Freeport Indonesia.

  1. Nikel

Satu lagi jenis barang tambang yang juga sangat penting keberadaannya. Ialah nikel. Nikel juga seringkali kita degar apabila sedang menyimak pelajaran ilmu pengetahuan di sekolah, khususnya sebaga barang tambang yang dihasilkan di Indonesia. Nikel sebenarnya merupakan logam yang dalam penggunaannya banyak dicampurkan dengan besi agar menjadi tahan karat dan juga menjadi baja. Apabila nikel dicampur dengan tembaga, maka akan menciptakan sebuah kuningan dan juga perunggu. Nikel juga berperan dalam perekonomian Indonesia. Nikel juga merupakan salah satu bahan untuk membuat mata uang logam. Indonesia mempunyai daerah penghasil nikel yang sangat besar. Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia adalah di Soroako daerah Sulawesi selatan dan juga di Pomala , Sulawesi tenggara.

  1. Belerang

Belerang merupakan mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme. Belerang ini banyak digunakan untuk industri pupuk, kertas, cat, plastik, dan lainnya. Persebaran belerang di Indonesia berkaitan dengan gunung- gunung api yang masih aktif, seperti di Dieng (Jawa Tenga), gunung Solok di Sumatera Barat, gunung Kerinci di Jambi, dan lain sebagainya.

  1. Bauksit

Bauksit adalah jenis mineral alumunium hidroksida yang terjadi karena proses pelapukan dari batuan granit. Bausit mempunyai ciri sangat lunak, relatif ringan dan berwarna putih kekuningan. Bauksit sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan alumunium dan bahan dasar industri kimia. Tambang bauksit di Indonesia dapat kita temukan di Riau, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

Itulah beberapa jenis barang tambang yang ada di Bumi ini. selain yang telah disebutkan di atas masih ada beberapa jenis barang tambang lain seperti Kaolin, Mangan, Zeolit, Pasir, serta batu- batuan. Barang- barang tambang tersebut juga dapat kita temukan di Indonesia. Sudah terbayang kan betapa kaya nya Indonesia? Tidak hanya kaya akan barabg- barang tambang saja, namun Indonesia juga kaya akan sumber daya alam lainnya seperti tanah yang subur, hutan, dingga lautan yang banyak sekali ikannya. Jika sudah dianugerahi seperti ini, menjadi tanggung jawab bangsa Indonesia lah untuk menjaga kekayaan alam tersebut. Jangan sampai tangan- tangan orang yang tidak bertanggung jawab pun merusaknya hanya karena keinginan  memperoleh keuntungan pribadi. Jika tidak, maka pada akhirnya bangsa Indonesia sendiri yang akan mengalami kerugian.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 24th, February 2017 / 01:18 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi