Pasar Persaingan Sempurna : Ciri- ciri, Mekanisme Harga, Kekurangan dan Kelebihan

Ada banyak sekali jenis pasar yang ada di sekitar kita. Tidak hanya pasar barang saja namun juga berbagai jenis pasar keuangan. Kehidupan manusia memang tidak terlepas dari namanya pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi. Berdasarkan bentuknya, pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak. Pasar persaingan sempurna adalah salah satu jenis pasar berdasarkan jenis barang dagang yang dijual serta keberadaan jumlah penjual, seperti halnya pasar oligopoli. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pasar persaingan sempurna, mari kita ketahui dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Pasar persaingan sempurna merupakan suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan produk yang ditawarkan atau dijual juga satu jenis atau serupa.

Karena barang yang dijual serupa, serta jumlah penjual dan pembeli juga banyak maka barang- barang yang dijual adalah yang dibutuhkan oleh banyak orang, misalnya saja seperti barang- barang sembako, seperti beras, gandum, kentang, dan lainnya. Namun selain itu, pasar persaingan sempurna juga menjual berbagai barang yang diluar bahan pokok, seperti kain batik, gerabah, hingga batu bara. Apabila kita masuk ke pasar persaingan sempurna maka kita akan menjumpai barang serupa dan identik dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan membuat kita seolah- olah berada di pabrik barang itu sendiri, dan disini pula kita bisa membeli dengan harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan tempat- tempat lainnya yang diluar pasar tersebut.

Ciri- ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang memiliki ciri khusus dan berbeda dengan pasar lainnya. Adapun pasar persaingan sempurna ini bisa kita temukan di lingkungan sekitar kita dan kita bisa melihat dari ciri- ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh pasar ini. Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui yang mana pasar persaingan sempurna ditengah- tengah jenis pasar yang lainnya. Hal ini karena pasar persaingan sempurna memiliki ciri khas yang sangat menonjol dan tidak dimiliki oleh jenis pasar yang lainnya. Disini kita akan membahas mengenai ciri- ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna. Adapun karakteristik atau ciri- ciri dari pasar persaingan sempurna antara lain sebagai berikut:

  1. Terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli

Satu ciri khas yang dapat kita temui dari pasar persaingan sempurna adalah jumlah penjual dan pembeli yang banyak. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak penjual dan pembeli yang akibatnya adalah mempengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain hanya sebagian kecil pengaruh dari kedua pelaku ekonomi ini dari unsur pasar secara keseluruhan. Lalu siapa yang berhak menentukan harga? Pembentukan harga dipasar persaingan sempurna dilakukan oleh kekuatan interaksi antara keduanya (penjual dan pembeli). Interaksi keduanya ini dianggap sebagai penerima harga (price taker) inilah yang membuat harga barang- barang di pasar ini bersifat datum, yaitu harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual, hal ini karena kekuatan interaksi dari keduanyalah yang membentuk harga dari pasar ini.

  1. Terdapat kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Ciri- ciri atau karakteristik yang selanjutnya adalah adanya kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan atau Free Entry and Free Exit. Hal ini berarti tidak ada hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan dan bisa menutup usahanya apabila ternyata usaha tersebut rugi. Ciri khas seperti ini tidak akan kita temui pada jenis pasar lain. Di pasar lain kemungkinan  ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar, misalnya dengan menerbitkan surat perjanjian tertentu. Ciri yang demikian ini mungkin hanya bisa dirasakan oleh produsen selaku penjual namun kemungkin tidak dirasakan oleh pembeli atau konsumen selaku masyarakat, sehingga mungkin tidak banyak diketahui orang secara umum.

  1. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen

Ciri khusus lain yang dapat dirasakan oleh pihak penjual dan pembeli adalah barang yang diperjual belikan di pasar persaingan sempurna ini bersifat homogen atau serupa. Dengan demikian pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang sangat sempurna untuk mencari alternatif barang apabila brand atau merk  yang kita cari tidak dijual di pasar. Dalam mencari barang subtitusi atau pengganti ini maka barang yang akan kita dapatkan bisa jadi sangat mirip dan sangat identik, baik ciri fisik maupun kualitasnya, sehingga produk- produk ini sangat identik atau sama tidak bisa dibedakan. Di pasar sempurna ini artinya apabila kita ingin membeli suatu barang dari suatu merk dagang, maka kemungkinan barang yang akan kita beli tersebut akan sama persis dengan barang dari merk dagang lain. Inilah yang juga mempengaruhi mengapa penjual tidak bisa menentukan harga, karena apabila harga terlalu tinggi maka konsumen atau pembeli akan lari ke penjual lain.

  1. Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar

Karakteristik atau ciri khusus dari pasar persaingan sempurna yang tidak kelihatan adalah bahwa penjual dan pembeli di pasar ini sama- sama memiliki pengetahuan yang lebih mengenai seluk- beluk jual beli barang yang bersangkutan. Dengan demikian salah satu pihak tidak ada yang memiliki pengaruh lebih untuk mempengaruhi pihak lain. Di pasar persaingan sempurna ini, penjual dan pembeli sangat mengetahui dengan benar mengenai keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar, dan meliputi setiap perubahannya. Akibat dari pengetahui lebih yang dimiliki oleh pihak- pihak ini antara lain sebagai berikut:

  • Seluruh sumber daya yang digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang bersifat maksimal
  • Tidak ada produsen atau penjual yang menjual barang dagang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar
  • Tidak ada konsumen atau pembeli yang membeli barang dagang dengan harga lebih tinggi daripada harga pasar yang berlaku di pasaran.

Nah itulah beberapa akibat yang ditimbulkan dari pengetahuan yang lebih mengenai pasar oleh produsen maupun konsumen. Dengan kata lain, kekuatan keduanya adalah sama.

  1. Mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna

Ciri dari pasra persaingan sempurna selanjutnya adalah kelancaran mobilotas atau perpindahan sumber ekonomi. Hal ini berarti tidak dijumpai kesulitan meskipun sedikit apabila sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hal ini karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli. Dengan ini artinya pasar sempurna merupakan tempat yang baik bagi orang- orang yang memiliki bisnis yang umum dilakukan oleh orang banyak, karena dipasr sempurna ini cukup fleksibel dan ramah bagi pelaku pasar yang masih baru.

  1. Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung

Satu hal yang perlu kita ketahui di pasar persaingan sempurna adalah bahwa pemerintah selaku penyelenggara perekonomian negara tidak ikut campur secara langsung mengenai pasar ini. Peranan pemerintah dalam pasar ini adalah membentu mengawasi jalannya perekonomian supaya selaras dengan kepentingan masyrakat dan tidak adanya kerusuhan yang dapat merugikan salah satu pihak.

Demikianlah beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna yang tidak dimiliki oleh jenis pasar lainnya. Selanjutnya adalah mengenai mekanisme pembentukan harga di pasar Persaingan sempurna.

Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana mengenai harga barangnya tidak bisa ditentukan oleh kedua pelaku ekonomi baik penjual maupun pembeli. Di pasar persaingan sempurna, harga ditentukan oleh kekuatan interaksi antara penjual dan pembeli tersebut, yaitu berdasarkan pada kekuatan penawaran dan permintaan. Permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Sementara penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen di tingkat harga tertentu. Sehingga penjual maupun pembeli hanya sebagai penerima harga atau price taker. Ada beberapa hal yang menjadi alasan- alasan mengapa penjual dan pembeli tidak dapat menentukan harga mereka sendiri, salah satunya adalah banyaknya penjual sehingga ketika satu penjual menaikkan harga maka pembeli akan bisa lari ke penjual lainnya. Kedua barang yang diperdagangkan sangat identik bahkan hampir sama natar segi fisik maupun kualitasnya, sehingga konsumeb akan memiliki alternatif penjual lain ketika merk atau brand yang dipilihnya tiba- tiba menaikkan harga. Namun hal ini bukan berarti produsen selaku penjual akan dirugikan, tetap ada batasan harga terendah menjual, sehingga produsen tidak akan dirugikan oleh penawaran harga yang dilakukan oleh konsumen yang terkadang memang meminta harga yang sangat rendah. Di pasar persaingan sempurna ini, nasib produsen juga masih dilindungi demi terjalinnya kelangsungan kegiatan perekonomian secara terus- menerus.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Setiap jenis pasar pastilah memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing- masing. Hal ini karena sistem yang diterapkan oleh masing- masing jenis pasar ini berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Terkadang kelebihan dan kekurangan ini justru menjadi ciri khas atau karakteristik yang menandai tentang satu jenis pasar. Seperti halnya jenis pasar yang lain, pasar persaingan sempurna memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna akan kita bahas dalam bagian ini.

  1. Kelebihan pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa kelebihan baik untuk produsen maupun untuk konsumen. Adapun kelebihan pasar persaingan sempurna antara lain sebagai berikut:

  • Adanya hak kebebasan bagi individu dan swasta dalam menjalankan usahanya. Hal ini dapat terjadi karena pemerintah tidak turut campur tangan secara langsung di dalam pasar ini serta pembentukan harganya.
  • Perkembangan ekonomi dapat berlangsung secara cepat karena terdapat efisiensi kerja yang baik dan persaingan yang bebas dalam pasar. Persaingan bebas dipasar akan dapat memajukan semangat masing- masing produsen supaya tetap bisa bertahan di pasar tersebut.
  • Terdapat banyak pilihan produk bagi pembeli. Hal ini karena barang yang diperjualbelikan sangat identik sehingga konsumen bebas menentukan akan membeli dari produsen manakah itu. Terlebih lagi di pasar persaingan sempurna tidak ada monopoli dari produsen tertentu.
  1. Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Selain memiliki keunggulan, pasar persaingan sempurna juga memiliki kekurangan. Adapun berbagai kekurangan pasar persaingan sempurna antara lain sebagai berikut:

  • Pedagang- pedagang di pasar persaingan sempurna kurang melakukan inovasi dan pengembangan produk.
  • Upaya peningkatan kualitas akan produk cenderung lambat karena semua produk sifatnya sama dan kualitasnya dianggap sama oleh konsumen.
  • Timbulnya konflik keadilan antar produsen, dimana produsen yang kaya mempunyai keuntungan dengan modalnya sehingga bisa menggunakan sumber daya secara lebih efisien. Hal ini pada akhirnya akan mebuat distribusi pendapatan akan semakin timpang atau tidak merata.

Nah itulah beberapa keunggulan dan juga kelemahan yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna yang dapat dirasakan oleh produsen atau penjual maupun konsumen selaku pembeli. Kelemahan dan keunggulan tersebut juga bisa menjadi ciri yang dimiliki oleh pasar ini. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pasar persaingan sempurna, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!