6 Jenis- jenis Pasar Keuangan dan Penjelasannya

Jenis pasar tidak hanya satu saja, namun ada beberapa jenis. adapun pasar yang sering kita jumpai adalah pasar barang, yaitu pasar yang menjual beraneka ragam barang untuk memenuhi kebutuhan masayarakat. Pasar barangpun dibedakan menjadi beberapa jenis lagi. Menurut bentuknya pasar barang dibedakan menjadi pasar abstrak dan pasar konkrit. Sementara menurut jumlah penjualnya, pasar ini dibedakan menjadi pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopsoni, dan lain sebagainya. Selain pasar barang, ada pula pasar keuangan, pasar tenaga kerja dan pasar modal. Pada kesempatan kali ini kita akan memperdalam mengenai salah satu jenis pasar tersebut. Jenis pasar yang akan kita perdalam adalah pasar keuangan.

Pengertian Pasar Keuangan

Mungkin kita pernah mendengar dengan istilah pasar keuangan. Meskipun tidak sepopuler pasar barang di masyarakat, namun pasar keuangan ini cukup dikenal oleh masyarakat, khususnya bagi para pelaku bisnis baik bisnis online maupun konkrit. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan pasar keuangan? Pasar keuangan disebut juga dengan financial market, yaitu pasar atau sarana yang menghubungkan antara pemilik modal dengan atau orang- orang maupun organisasi yang memiliki surplus dana dengan mereka yang ingin meminjam dana. Dengan kata lain pasar keuangan adalah tempat yang cocok bagi mereka yang ingin mencari pinjaman modal untuk usaha atu sejenisnya. Di pasar uang kita akan menemukan beberapa pihak yang berkepentingan. Pihak- pihak tersebut adalah orang memiliki surplus dana, orang yang ingin meminjam dana dan juga pihak ketiga yang berperan sebagai perantara di antara keduanya. Pasar keuangan memiliki peranan yang sangat penting bagi para pelaku bisnis, khususnya bagi mereka yang ingin membangun usaha atau berinvestasi demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Jenis- jenis Pasar Keuangan

Jenis- jenis pasar memang ada banyak. Nyatanya tidak hanya pasar barang saja yang memiliki jenis lebih dari satu, namun ternyata pasar keuangan pun juga terdiri dari lebih satu jenis. Pasar keungan dibedakan menurut bentuknya dan juga jenis keuangan yang ditawarkan. Adapun jenis- jenis pasar keuangan antara lain adalah pasar uang, pasra modal, pasar valuta asing, pasar hipotek, pasar kredit konsumen, dan pasar komoditas. Supaya kita lebih jelas dalam meahami berbagai jenis pasar keuangan tersebut, marilah kita bahas mengenai pengertian dari jenis- jenis pasar keuangan tersebut satu per satu sebagai berikut:

  1. Pasar uang

Pasar uang adalah pasar yang mana barang dagangnya adalah berupa uang. Pasar uang disebut juga dengan money market. Pasar uang atau money market merupakan pasar yang mana memperjualbelikan modal jangka pendek yang berbentuk surat- surat berharga seperti deposito berjangka, wesel atau promes yang memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun. Pasar uang merupakan solusi yang baik bagi yang menginginkan pinjaman modal jangka pendek. Jangka pendek dalam pasar keuangan adalah kurang dari satu tahun. Meskipun namanya adalah pasar uang namun bentuk modal yang diberikan bukanlah berupa uang tunai, namun berupa surat- surat berharga jangka pendek.

  1. Pasar modal

Selanjutnya adalah pasar modal atau yang dikenal juga dengan istilah capital market. Capital market atau pasar modal merupakan jenis pasar yang memperjualbelikan modal jangka panjang. Modal yang diperjualbelikan ini dalam bentuk surat- surat berharga berupa obligasi dan juga saham. Beda dengan pasar uang yang memiliki sifat jangka pendek, pasar modal ini meminjamkan surat berharga yang memiliki jangka waktu panjang. Yang dimaksud dengan jangka waktu panjang sendiri adalah lebih dari satu tahun.


  1. Pasar valuta asing

Selanjutnya adalah pasar valuta asing. Tentu kita tahun bahwa nilai mata uang antara satu negara dengan negara lain berbeda- beda. Terkadang ada nilai mata uang yang nilainya tinggi, namun ada mata uang yang nilainya sangat rendah. Nah yang dimaksud dengan pasar valuta asing sendiri adalah pasar yang melakuka kegitan transaksi valuta asing atau mata uang asing, baik berupa transaksi spot transakction, forward transaction, maupun swap transaction. Pasar valuta asing juga dikenal dengan nama foreign exchange market.

  1. Pasar hipotek

Pasar hipotek adalah pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate atau perumahan, komersial, indistri serta pertanian. Pasar hipotek ini memberikan pinjaman jangka panjang. Nama lain dari pasar hipotek adalah mortgage market.

  1. Pasar kredit konsumen

Psar kredit konsumen juga dikenal dengam sebutuhan consumer credit market. Seperti namanya, pasar ini merupakan pasar yang melayani pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen atas suatu produk baik yang berupa barang maupun jasa, seperti pembelian mobil, motor, pendidikan atau bahkan liburan.


  1. Pasar komoditas

Jenis pasar yang terakhir adalah pasar komoditas. Pasar komoditas merupakan pasar yang kegiatannya adalah memperjualbelikan barang- barang komoditas tertentu, seperti barang- barang pertanian. Pasar komoditas juga dikenal dengan future market.

Nah, itu dia keenam jenis pasar keuangan. Pasar- pasar keuangan tersebut melakukan aktivitasnya masing- masing yang berupa penghimpunan dana, penyaluran dana manupun pertukaran dengan mata uang asing. Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat untuk semuanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial