5 Negara Ekonomi Terbaik di Asia Tenggara (Disertai Pendapatan Perkapitanya)

Benua Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua Asia tidak hanya besar secara wilayahnya saja, namun juga memiliki jumlah negara yang banyak dan kaya akan budaya. Benua Asia dibagi menjadi beberapa bagian atau beberapa region supaya lebih mudah berkoodinasi dan menjalin hubungan antara negara- negara satu wilayah. Beberapa pembagian benua Asia antara lain adalah Asia Timur, Asia Barat, Asia Tenggara dan Asia Tengah. Setiap region dari benua Asia memiliki karakteristik masing- masing. Karakteristik ini bisa didasarkan pada keadaan geografis maupun keadaan ekonominya masing- masing. Misalnya kawasan Timur Tengah yang didominasi oleh wilayah gurun pasir dan memiliki komoditas unggulan berupa minyak. Di setiap wilayah atau region dari benua Asia juga pasti memiliki negara- negara terkuat yang menjadi andalan dari wilayah tersebut, termasuk juga di Asia Tenggara.

Region Asia Tenggara

Wilayah Asia Tenggara adalah bagian dari benua Asia yang letaknya ada di ujung selatan dan paling dekat dengan Benua Australia. Di wilayah Asia Tenggara ini pula negara Indonesia berada. Wilayah Asia Tenggara mayoritas memiliki iklim Tropis yang memperoleh sinar matahari sepanjang tahun dan juga memperoleh curah hujan yang cukup, sehingga membuat tanah Asia Tenggara menjadi tanah yang subur. Banyak komoditas dari negara- negara di Asia Tenggara menyebabkan banyak ekspor rempah- rempah dari wilayah ini, terutama Indonesia. Meskipun demikian Asia Tenggara hanya memiliki satu negara maju, yaitu Singapura. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai negara- negara yang memiliki perekonomian terbaik di Asia Tenggara.

Negara- negara dengan Ekonomi Terbaik di Asia Tenggara

Negara- negara di Asia Tenggara sebagain besra berstatus sebagai negara berkembang, yaitu negara yang masih mengembangkan apa saja yang ada di dalamnya, termasuk dengan sistem pemerintahan dan juga perekonomiannya. Meskipun sebagian besar adalah negara berkembang, namun ada pula negara maju yang ada di Asia Tenggara ini meskipun jumlahnya baru satu, yaitu Singapura. Nah, berikut ini merupakan negara- negara dengan perekonomian terbaik di Asia Tenggara yang perlu untuk kita ketahui.

  1. Singapura

Negara dengan perekonomian terbaik dan termapan di wilayah Asia Tenggara ditempati oleh negara Singapura. Negara yang luasnya tidak seberapa ini merupakan satu- satunya negara maju yang ada di wilayah Asia Tenggara. Hal ini lantas memberikan makna bahwa tidak selamanya negara besar merupakan negara yang makmur. Dengan wilayah yang begitu sempit, Singapura mampu menunjukkan kedudukannya sebagai negara maju. Perekonomian negara ini dipegang oleh sektor industri sebagian besar, dan sebagian kecil lainnya adalah sektor perdagangan maupun pertanian dan pertambangan. Pendapatan per kaoita yang mampu diraih oleh negara ini sekitar US$93.680 fakta menarik lainnya mengenai Singapura selain menjadi negara terkaya di Asia Tenggara adalah negara ini sangat tertib dan sangat modern. Semua ini terwujud bukan hanya karena pemerintahnya saja, namun juga karena rakyatnya yang bisa diajak bekerja sama dengan baik, seperti tidak membuang sampah sembarangan atau ttidak merokok di sembarang tempat.


  1. Brunei Darussalam

Negara terkaya kedua adalah Brunei Darussalam. Negara ini merupakan negara dengan wilayah kecil lainnya di Asia tenggara. Brunei Darussalam menempati satu daratan atau satu pulau dengan Kalimantan dan juga Malaysia. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan yang berupa kerajaan. Negara ini meskipun secara wilayah sangat kecil, namun memiliki tambang gas alam yang melimpah, sehingga gas alam inilah yang menjadi komoditas unggulan Brunei Darussalam untuk di ekspor. Brunei Darussalam merupakan negara yang mapan secara ekonomi, dimana pendapatan per kapita rakyatnya mencapai US$77.700. Negara ini adalah negara yang kaya dan menempati urutan kekayaan di Asia Tenggara nomor dua setelah Singapura.

  1. Malaysia

Negara makmur di Asia Tenggara selanjutnya adalah Malaysia. Negara tetangga Indonesia ini ternyata merupakan negara yang lumayan mapan. Tidak seperti dua negara yang telah disebutkan sebelumnya, negara Malaysia ini merupakan negara yang memiliki wilayah yang lumayan luas sehingga rakyatnya pun juga tergolong banyak. Negara Malaysia masih satu rumpun dengan Brunei dan Singapura. Negara ini juga satu rumpun dengan Indonesia sehingga karakteristik wilayahnya juga tidak jauh beda. Negara ini mengunggulkan komoditas berupa barang- barang tambang. Dan pendapatan per kapita yang bisa diraih masyarakat Malaysia ini sekitar US$30.430.

  1. Thailand

Thailand juga dikenal dengan sebutan negeri gajah putih. Negara inilah yang merupakan negara yang memiliki julukan negara di dunia sebagai negara lumbung padi. Negara ini merupakan negara keempat yang meraih predikan ekonomi terbaik merurut Bank Insonesia. Negara ini memiliki pendapatan per kapita sebesar US$18.730 sehingga mengantarkannya hingga ke posisi keempat.


  1. Indonesia

Negara dengan perekonomian terbagus nomor lima adalah Indonesia, negara kita dan merupakan negara dengan wilayah terbesar di Asia Tenggara. Indoensia juga merupakan negara yang sangat luas sehingga rakyatnya pun banyak. Banyak komoditas unggulan yang dimiliki Indonesia. Pendapatan per kapitanya yang mencapai US$13.120 menghantarkan Indonesia kedalam lima besar negara dengan perekonomian terbaik di Asia Tenggara.

Nah itu dia beberapa negara yang menempati posisi perekonomian teratas yang ada di Asia Tenggara. Negara- negara di Asia Tenggara tersebut adalah negara yang damai, sehingga terbentuklah organisasi yang mewadai negara- negara di satu kawasan, yaitu ASEAN. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial