Inilah Daftar 7 Negara Terluas Di Benua Afrika Beserta Penjelasannya

Benua Afrika terkenal sebagai salah satu benua yang memiliki jumlah negara yang cukup banyak atau sekitar 50 lebih negara (Baca: Negara Di Afrika). Setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda – beda begitu pula dengan luas wilayah di masing – masing negara. Dan berikut ini adalah daftar negara terluas di Benua Afrika, mari disimak!

  1. Algeria (Aljazair), 2.381.741 km2

Negara Algeria atau Republik Demokratik Rakyat Aljazair merupakan negara terluas pertama di Benua Afrika yang berada di dekat Laut Tengah, Afrika Utara. Nama Aljazair sendiri memiliki arti kepulauan yakni mengacu pada 4 pulau yang terletak tidak jauh dari ibu kota Aljir. Negara ini berbatasan dengan Libya di bagian timur, Maroko di bagian barat, negara Tunisia di bagian timur laut, sedangkan di bagian barat daya berbatasan dengan negara Sahara Barat, Mali, dan Mauritania, Negara Niger di sebelah tenggara dan bagian utara berbatasan dengan Laut Tengah. Perekonomian negara Algeria mengandalkan sumber daya minyak bumi yang telah menjadi perusahaan minyak terbesar di Afrika. Sistem pemerintahan Negara Algeria menganut sistem Republik semi-presidensial dengan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang presiden dan perdana mentri untuk menjabat kepala negara. Dalam kehidupan sehari – hari bahasa resmi yang digunakan yakni Arab dan Berber.

  1. Republik Demokratik Kongo, 2.344.858 km2

Dahulu Republik Demokratik Kongo bernama Zaire (pada tahun 1971 sampai dengan 1997) adalah negara terluas kedua di Benua Afrika tepatnya di Afrika Tengah. Republik Demokratik Kongo berbatasan langsung dengan negara Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah pada bagian utara, negara Angola dan Zambia di bagian selatan, Republik Kongo di sebelah barat dan berbatasan dengan Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di sisi timur. Negara dengan ibu kota Kinshasa ini memiliki beberapa bahasa nasional antara lain Kongo, Lingala, Swahili, Tshiluba dengan bahasa resmi yaitu bahasa Prancis. Sumber daya alam yang dimiliki Republik Demokratik Kongo sangat berlimpah seperti emas, koltan, uranium, berlian, kobalt, koltan dan minyak bumi. Saat ini kobalt banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baterai berteknologi tinggi pada ponsel keluaran iPhone hingga mobil listrik Tesla. Meskipun diberkati oleh sumber daya alam yang melimpah, kesejahteraan masyarakat Republik Demokratik Kongo belum dapat terjamin secara merata dan terus berada di pusaran konflik.

  1. Sudan, 1.861.484 km2

Negara yang berada di bagian timur laut Benua Afrika ini menempati urutan ketiga sebagai negara terluas di Afrika. Negara yang beribu kota Khartoum menganut sistem pemerintahan Republik presidensial. Sudan berbatasan dengan negara Eritrea di bagian timur, negara Ethiopia di sisi tenggara, bagian barat daya dengan negara Afrika Tengah, negara Chad di sisi barat, Libya di bagian barat laut, negara Mesir di utara serta Laut Merah di sisi timur laut. Karena letaknya yang bersebelahan dengan negara Mesir, Sudan juga dilewati oleh Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Hal menarik dari negara Sudan yakni memiliki jumlah piramida terbanyak di dunia yaitu sekitar 220 piramida (2 kali lebih banyak dari jumlah piramida di Mesir) dan berada Sudan bagian utara. Sudah juga terkenal sebagai penghasil Gum Arabic terbesar di dunia, sekitar 70% berasal dari sini. Gum Arabic atau Acacia Gum mempunyai banyak manfaat seperti bahan obat – obatan, semir sepatu, kosmetik hingga emulsifier pada minuman ringan (soft drink) di seluruh dunia.

  1. Libya, 1.759.540 km2

Negara yang berada di wilayah Maghrib Afrika Utara ini berbatasan langsung dengan negara Mesir di bagian timur, negara Sudan di sisi bagian tenggara, negara Chad dan Niger yang berada di bagian selatan, sisi barat berbatasan dengan negara Tunisia dan Aljazair (Algeria) serta Laut Tengah yang berada di bagian utara. Negara yang beribu kota Tripoli ini terus mengalami konflik sadara yang tidak pernah berakhir. Sebelum Perdana Menteri Muammar Qadafi tewas dibunuh pada tahun 2011, beliau menggratiskan seluruh fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat Libya. Saat ini Libya terbagi menjadi dua bagian yakni sisi bagian barat yakni pemerintah yang didukung oleh PBB berada di ibu kota Tripoli (dilindungi oleh misil bersenjata) dan bagian timur yang berada di Benghazi, dipimpin oleh Jenderal Khalifa Haftar seorang tentara loyal Qadafi membentuk Tentara Nasional Libya (LNA), berhasil menguasai sepertiga negara Libya termasuk lahan minyak bumi.

  1. Chad, 1.284.000 km2

Negara Chad merupakan salah satu negara di Afrika Tengah yang terkurung oleh daratan. Karena letaknya yang berada di tengah serta sebagian besar wilayahnya beriklim gurun, negara ini dikenal juga dengan nama “jantung mati Afrika”. Dengan beribu kota N’Djamena, negara yang pernah dijajah oleh negara Prancis ini termasuk negara termiskin di Afrika dengan presentese lebih dari 75 penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Meskipun begitu, negara ini terus bangkit dari kemiskinan dengan berhasil mengekspor minyak menggunakan pipa hingga ke Pantai Atlantik Kamerun di tahun 2004.

  1. Niger, 1.267.000 km2

Selain negara Chad, Niger juga termasuk ke dalam kelompok negara pedalaman yakni negara yang dikelilingi oleh daratan. Negara yang berada di bagian barat Afrika ini berbatasan dengan negara Libya dan Aljazair di bagian utara, negara Benin dan Nigeria di sisi selatan, sedangkan di bagian barat berbatasan dengan negara Mali dan Burkina Faso, serta bagian timur berbatasan dengan negara Chad. Hal menarik dari negara Niger yaitu memiliki 10 bahasa resmi nasional yakni Arab, Gourmanchéma, Fulfulde, Buduma, Hausa, Kanuri, Tamasheq, Tassawaq, Tebu, dan Zarma – Songhai. Islam adalah negara paling banyak dianut oleh penduduknya sekitar 99%, sedangkan sisanya beragama Kristen dan Animisme.

  1. Angola, 1.246.700 km2

Negara yang terletak di Afrika bagian barat daya ini terkenal sebagai produsen kopi terbesar di dunia selain menghasilkan intan, bijih besi dan tembaga. Beribu kota Luanda, Negara Angola menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resminya. Secara geografis negara ini berbatasan dengan negara Zambia di bagian selatan, Republik Demokratik Kongo di sisi timur laut, di bagian selatan berbatasan dengan negara Namibia, serta Laut Atlantik Selatan yang berada di bagian barat. Fakta menarik mengenai negara Angola yaitu Luanda yang merupakan ibu kota Angola ini menjadi kota termahal di dunia, mengalahkan Moskow dan Tokyo. Tidak heran jika kota Luanda mendapat julukan sebagai Paris of Afrika sebab perkembangan budayanya yang sangat kaya.