Categories
Ilmu Sosial

Negara Bolivia: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya

Negara Bolivia atau secara resmi bernama Plurinasional Bolivia adalah sebuah negara yang berada di Amerika Selatan. Negara ini termasuk negara tertinggi namun terpencil dibandingkan dengan negara lain yang berada di Amerika Selatan.

Pertama kali negara Bolivia berdiri menggunakan nama Republica Bolivia yang saat itu diambil dari nama Simon Bolivar, seorang panglima militer perjuangan kemerdekaan di Amerika Selatan. Dahulu Bolivia dijajah dan penduduk asli Bolivia dipekerjakan sebagai budak untuk bekerja di pertambangan perak, hingga akhirnya Simon Bolivar membantu penduduk Bolivar menjadi sebuah negara merdeka.

Karakteristik Negara Bolivia

Negara Bolivia termasuk sebagai negara pedalaman yang artinya dikelilingi atau berbatasan dengan negara lain dan tidak mempunyai batas wilayah laut. Dengan luas wilayah mencapai 1.098.581 km persegi, menjadikan Bolivia sebagai negara terluas kelima di Amerika Selatan setelah negara Kolombia.

Tidak hanya itu saja, Bolivia berada pada peringkat ke-27 sebagai negara terbesar di dunia serta negara yang terkurung daratan terbesar di Belahan Bumi Selatan dan negara terkurung terluas ke-7 di dunia setelah negara Mali dan negara Ethiopia.

Negara Bolivia memiliki ibu kota di Sucre (konstitusional dan yudisial) dan La Paz (eksekutif dan legislatif).

Kondisi geografi Bolivia sangat bervariasi, mulai dari puncak Andes di bagian barat sampai dengan dataran rendah di sebelah timur yang lokasinya di dalam cekungan Amazon. Sekitar sepertiga daratan Boliva berada di kawasan pegunungan Andes.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, negara Bolivia berbatasan dengan beberapa negara di Amerika Selatan karena lokasinya yang berada di bagian tengah barat. Berikut daftar negara yang berbatasan dengan Bolivia, antara lain:

  • Sisi utara berbatasan dengan: negara Brazil
  • Sisi timur berbatasan dengan: negara Brazil
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: negara Paraguay
  • Sisi selatan berbatasan dengan: negara Argentina
  • Sisi barat daya berbatasan dengan: negara Chili
  • Sisi barat laut berbatasan dengan: negara Peru

Secara astronomis negara Bolivia terletak di antara 57o26’ – 69o38’ BB dan 9o38’ – 22o53’ LS. Selain itu Bolivia mempunyai pusat geografis yang disebut sebagai Puerto Estrella atau Pelabuhan Bintang yang berada di Rio Grande, Ñuflo de Chávez, Departemen Santa Cruz.

Jika dilihat secara fisiografik, Bolivia terbagi menjadi tiga wilayah:

  • Wilayah Andes

Lokasinya berada di barat daya dan mencangkup sekitar 28% wilayah nasional. Terbentang lebih dari 307.603 km persegi, ketinggian di atas 3.000 meter, berada di antara dua rantai besar Andes (Cordillera Occidental dan Cordillera Central).

  • Wilayah Sub-Andes

Berada di bagian tengah dan selatan Bolivia, menjadi wilayah perantara antara Ilanos Timur dan Altiplano, membentang sejauh 142.815 km, mencangkup 13% dari daratan Bolivia, meliputi lembah Bolivia dan wilayah Yungas.

  • Wilayah Llanos

Lokasinya berada di timur laut, terdiri atas 59% wilayah nasional, memiliki luas wilayah mencapai 648.163 km persegi, terletak di sebelah utara Cordillera Central, membentang dari kaki bukit Andes hingga Sungai Paraguay. Wilayah ini berada di bawah 400 meter dari permukaan air laut.

Iklim Bolivia sangat bervariasi, mulai dari iklim tropis di Ilanos Timur hingga iklim kutub pada bagian barat Andes. Hal ini disebabkan hujan yang sering mengubah suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, angin, dan penguapan.

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Bolivia

Perekonomian Bolivia masuk ke dalam negara miskin di Amerika Selatan setelah negara Guyana. Hal ini disebabkan tingginya korupsi serta campur tangan pihak asing sejak zaman koloniasisme.

Meskipun begitu sebenarnya kekayaan alam Bolivia sangat melimpah, namun tidak dimanfaatkan dengan semestinya. Bahkan negara Bolivia memiliki cadangan gas alam terbesar ke-2 di Amerika Selatan setelah negara Venezuela.

Tidak hanya itu saja, di El Mutun, departemen Santa Cruz mewakili sekitar 70% besi dan magnesium dunia.

Pemerintah Bolivia banyak bergantung pada bantuan asing terutama dalam proyek pengembangan keuangan. Pendapatan negara lainnya berasal dari sektor pertanian dengan hasil pertanian utama yakni kedelai, manufaktur, dan kegiatan ekspor terutama ke Amerika Serikat berupa emas, perhiasan, dan kayu.

Penduduk Negara Bolivia

Penduduk Bolivia berasal dari beragam etnik, mulai dari Amerindian penutur Quechua (terbesar), Amerindian penutur Ayamara, Chiquitano, dan Guarani. Ada pula kelompok etnik minoritas yang juga dapat ditemukan di Bolivia yakni Mestizo (percampuran antara bangsa Eropa dengan Amerindian), etnik kulit putih, Afro-Bolivia (keturunan budak Afrika), Jepang, bangsa Timur Tengah.

Sebagian besar penduduk Bolivia menganut agama Katolik Roma yang juga menjadi agama resmi negara ini. Selain itu ada pula penduduk yang beragama Protestan, Islam, Yahudi, dan Kepercayaan Baha’i. Kepercayaan Baha’i dianut oleh lebih dari 1% penduduk Bolivia, menjadikan kepercayaan ini sebagai yang terbesar di dunia.

Penduduk Bolivia menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa ibu, meskipun begitu bahasa Aymara dan Quechua juga umum dituturkan di negara ini.

Fakta Menarik Negara Bolivia

  1. Kota Sucre mendapat julukan sebagai Athenanya Amerika Selatan sebab di kota tersebut terdapat Universitas Xavier San Fransisco yang telah berdiri sejak 1624. Sebagian besar pelajar mengambil bidang hukum atau kedokteran.
  2. Jalan Yungas Utara penghubung Lembah Yungas dan La az disebut sebagai Jalur Kematian. Tidak heran jika jalan menjadi jalan paling berbahaya di dunia.
  3. Salar de Uyuni yakni endapan garam terbesar yang di dalamnya terdapat kandungan Litihium terbesar di dunia.
  4. Terdapat danau berwarna bernama Laguna Colorada yang berada di area Altiplano. Air danau berwarna merah dan terletak 4.000 meter di atas permukaan laut.
  5. Karnaval Oruro menjadi karnaval tertua yang telah berusia 2.000 tahun dan masuk ke dalam salah satu UNESCO’s Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.