10 Daya Tarik Wisata Indonesia di Mata Turis Asing

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Dengan memiliki 17.508 pulau dan luas wilayah 1.904.569 km2 yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia secara geografis terletak diantara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Australia dan diapit oleh 2 samudera, Samudera Hindia dan Pasifik. Dari segi pariwisata letak Nusantara yang sangat strategis menjadi faktor penting untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke negara ini.

Pada tahun 2017 dalam World Economic Forum (WEF) dari kategori Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), Indonesia berhasil menduduki posisi ke-42 dalam indeks persaingan pariwisata di dunia. Sebelumnya Indonesia hanya menduduki peringkat ke-50 dan berhasil melejit 8 poin. Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menargetkan pada tahun 2019 Indonesia berhasil menembus peringkat 30 besar dunia.

Faktor Pendorong Turis ke Indonesia

Berikut kami sampaikan lima faktor pendorong para warga asing yang berlibur di Indonesia. Penjabarannya sebagai berikut:

  1. Kebijakan bebas visa

Pada tahun 2016 pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 terdapat 169 negara yang dapat masuk ke wilayah Indonesia tanpa menggunakan visa. Kebijakan bebas visa memberikan kemudahan bagi para turis asing untuk berkunjung ke Indonesia tanpa perlu mengurus visa terlebih dahulu. Penerima bebas visa kunjungan, diberikan izin tinggal selama tinggal selama 30 hari di Indonesia dengan masa berlaku yang tidak dapat diperpanjang atau dialihstatuskan menjadi jenis izin tinggal yang lain.

  1. Banyak lokasi wisata yang belum terjamah

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak wisata alam yang indah yang belum terjamah orang banyak. Rata-rata turis asing yang berkunjung ke negara ini lebih senang menyepi dan menjauhi destinasi ramai yang sudah dikenal publik. Mereka lebih memilih lokasi yang hening untuk relaksasi dengan tempat yang lebih tenang. Seperti contoh Pulau Cubadak di Sumatra Barat, Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau, ataupun lebih memilih Lombok dibandingkan Bali walaupun memiliki lokasi yang berdekatan. Sebenarnya ini adalah kesempatan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan lokasi wisata tersebut agar lebih dikenal masyarakat luas.

  1. Infrastruktur yang semakin baik

Meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun ke tahun membuat pemerintah Indonesia terus berbenah. Pembangunan infrastruktur dan promosi destinasi wisata menjadi tujuan pemerintah daerah dan pusat untuk menarik jumlah turis yang lebih banyak lagi. Saat ini hampir di seluruh provinsi di Indonesia penggenjotan infrastruktur terutama di bidang transportasi semakin masif dan progresif. Pembangunan bandara di kota-kota kecil, penginapan di pulau terpencil, dan akses informasi yang semakin mudah dan cepat mendorong para pelancong untuk berkunjung ke Indonesia.

  1. Kekuatan word of mouth

Tak perlu diragukan kembali bahwa Pulau Bali adalah tameng dari pariwisata Indonesia. Semuanya terjadi karena kekuatan word of mouth orang-orang yang pernah berkunjung ke Bali. Word of mouth adalah teknik pemasaran yang mengandalkan kekuatan dari pembicaraan orang dalam mempromosikan sesuatu. Namun seiring kemajuan zaman dan teknologi, bukan hanya Bali yang dikenal sebagai wisata unggulan Indonesia. Muncul banyak destinasi wisata lainnya di Indonesia yang lebih menarik dan mengundang banyak turis berkunjung.

  1. Relatif aman

Indonesia bukanlah negara yang sedang berperang, seperti layaknya negara di Timur Tengah. Wilayah Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) aman untuk dikunjungi dan ditinggali dalam jangka lama. Keamanan tentu menjadi pertimbangan penting para wisatawan yang ingin berkunjung ke sebuah negara. Keamanan menjadi salah satu faktor pendorong para turis asing datang ke Indonesia.

Daya Tarik Destinasi Wisata di Indonesia

Indonesia memiliki daya tarik tersendiri sebagai negara dengan destinasi wisata pilihan yang dapat bersaing dengan negara tetangga, seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia. Berikut kami paparkan 10 daya tarik Indonesia di mata turis asing:

  1. Keindahan alam Indonesia

Indonesia adalah negara yang paling unik dan istimewa dari sebagai tujuan wisata alam. Para wisatawan bisa memilih untuk berwisata ke pegunungan ataupun ke pantai. Dari wisata alam pegunungan, Indonesia dijuluki ring of fire dengan jumlah gunung berapi yang sangat banyak menawarkan banyak destinasi wisata alam. Selain itu jajaran pantai yang cantik dari ujung barat ke timur semakin menambah daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan wisata terbaik.

  1. Biaya hidup yang murah

Biaya hidup di Indonesia memang relatif lebih murah dibandingkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Untuk mengetahui standar biaya di suatu negara kita bisa mengukur dari biaya transportasi, makan, penginapan, dll. Menurut indeks Movehub dari situs Numbeo, online pricing database, Indonesia menduduki peringkat ke-12 dengan biaya paling murah di dunia dan sekitar 61 persen lebih terjangkau daripada di New York. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Indonesia dan menjelajahi setiap pelosoknya.

  1. Karakter orang Indonesia yang ramah

Penduduk Indonesia dikenal sebagai pribadi yang ramah dan bersahabat. Karakter ini telah mendarah daging dan menjadi kebiasaan bangsa ini untuk menebar senyum dan berperilaku santun kepada orang lain. Dikutip dari Rough Guides, sebuah situs perjalanan, yang mengadakan survei mengenai negara dengan penduduk terramah di dunia. Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan penduduk yang ramah dan murah senyum. Orang Indonesia dengan senang hati akan membantu dan menjawab pertanyaan setiap turis yang sedang kesulitan di jalan. Tak heran orang bule merasa nyaman pelesir kemanapun di Indonesia dan tak segan kembali lagi ke Indonesia di waktu berikutnya.

  1. Musim panas sepanjang tahun

Indonesia adalah negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Artinya Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari setiap hari sepanjang tahun. Penduduk Indonesia bisa menggunakan kaos dan celana pendek sehari-hari tanpa memedulikan musim. Para turis asing tertarik berkunjung ke Indonesia hanya untuk berjemur dan menggosongkan kulit di bawah sinar matahari. Dengan banyaknya pantai yang masih perawan di setiap pulau menjadikan Indonesia destinasi favorit para wisatawan.

  1. Banyaknya pilihan kuliner

Kuliner Indonesia dikenal dengan rasanya yang gurih bercampur rempah-rempah yang kaya. Pada zaman kolonial, Bangsa Eropa menjelajahi laut hanya untuk mencari rempah-rempah dan mendapatkannya di Nusantara. Dengan tujuan itulah pada akhirnya berbagai bangsa berebut ingin menguasai Indonesia dan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk kepentingannya sendiri. Latar belakang itulah yang menciptakan kuliner-kuliner lezat yang digandrungi baik turis lokal dan mancanegara. Bahkan rendang, makanan asli Indonesia, dinobatkan menjadi kuliner paling enak nomor 1 di dunia menurut survei CNN Travel. Diikuti oleh kuliner Indonesia lainnya nasi goreng di peringkat 2 dan sate di peringkat 14.

  1. Indonesia kaya akan budaya

Indonesia adalah negara dengan suku bangsa terkaya di seluruh dunia. Menurut sensus BPS tahun 2010 Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa dan 1.100 bahasa daerah. Setiap suku memiliki budaya khas masing-masing yang sangat unik dan menarik. Untuk menarik minat wisatawan, banyak pemerintah daerah yang mengkomersialkan keunikan budayanya ke dunia luar. Seperti contoh karapan sapi di Madura, lompat batu di Nias, kerajinan tenun kain di Sumba, Tanah Toraja di Sulawesi, Suku Dayak di Kalimantan, dll.

  1. Tujuan wisata bahari terbaik di dunia

Selain wisata pantai, Indonesia juga memiliki wisata bawah air yang tak kalah cantik. Sebut saja Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara, Raja Ampat di Papua, dsb. Keindahan alam bawah laut Indonesia membuat para peneliti biota laut berdatangan dan mengundang para wisatawan untuk menjelajahi bawah laut. Dengan semakin canggihnya teknologi dan informasi memudahkan para turis untuk berkunjung kesana dan menikmati fasilitas yang semakin baik dari waktu ke waktu.

  1. Negara yang tepat untuk wisata outdoor

Selain wisata alam yang memang sangat indah, Indonesia juga memiliki wisata outdoor yang tak kalah menarik. Tahukah Anda bahwa banyak penduduk negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk bermain golf? Mengherankan memang. Namun ternyata menurut survei yang dilakukan Visa, perusahaan kartu kredit, kebanyakan turis kedua negara tersebut lebih senang bermain golf disini daripada negara asalnya. Pemandangan alam yang indah di sekitar lapangan golf dan fasilitas yang memadai menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu banyak kawasan pegunungan Indonesia yang menjadi tempat favorit untuk mendaki seperti Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Gede di Jawa Barat, Gunung Lawu di Jawa Timur, dll.

  1. Negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia

Indonesia memiliki 120 gunung berapi terbanyak di seluruh dunia. Walaupun berbahaya, gunung berapi juga menjadi magnet para wisatawan untuk melancong kesini. Salah satu wisata gunung berapi yang terkenal adalah Gunung Bromo. Wisata yang diandalkan adalah pemandangan sunrise, lautan pasir yang sangat luas, dan kawah Bromo yang memiliki diameter yang lebar. Banyak wisatawan asing dari Eropa, China, dan negara tetangga Indonesia lainnya yang berkunjung kesini.

  1. Memiliki deretan pantai terbaik di dunia

Sedangkan untuk wisata pantai, Indonesia memiliki jajaran pantai terbaik di dunia dengan pasir putih dan laut yang jernih. Sebagai contoh pantai-pantai di Pulau Lombok dan Bali, pantai Karimun Jawa di Jawa Tengah, pantai berpasir pink di Pulau Komodo, pantai Ora di Maluku, Kepulauan Seribu di Jakarta, dan banyak lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu.

Usaha Pemerintah untuk Memajukan Pariwisata Indonesia

Untuk lebih memperkenalkan wisata Indonesia di mata dunia, Kementerian Pariwisata meluncurkan slogan Wonderful Indonesia dan giat melakukan promosi di banyak event internasional. Salah satu cara lainnya adalah dengan menggaungkan 10 Bali baru sebagai ikon pariwisata Indonesia sejak tahun 2016. Sebagaimana kita tahu Bali selalu diandalkan menjadi benteng nomor 1 pariwisata Indonesia. Dengan 10 Bali baru, diharapkan pariwisata Indonesia mampu lebih berkembang dan menarik turis asing ke Indonesia.

Lokasi 10 Bali baru adalah:

  1. Danau Toba (Sumatra Utara)
  2. Belitung (Bangka Belitung)
  3. Tanjung Lesung (Banten)
  4. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
  5. Candi Borobudur (Jawa Tengah)
  6. Gunung Bromo (Jawa Timur)
  7. Mandalika Lombok (Nusa Tenggara Barat)
  8. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)
  9. Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
  10. Morotai (Maluku Utara)

Sekian pembahasan kali ini mengenai sektor pariwisata di Indonesia dari segi pendorong, penarik, dan usaha pemerintah untuk memajukan industri pariwisata Nusantara. Kita sebagai warga negara Indonesia bisa ikut berpartisipasi dengan menjaga kebersihan alam dan turut mempromosikan lokasi wisata yang pernah kita kunjungi di media sosial.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial