8 Ciri- ciri Kependudukan di Indonesia dan Penjelasannya

Indonesia adalah negara berkembang, dan karakteristik negara berkembang diantaranya adalah jumlah penduduk yang banyak. Dan memang benar, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor tiga di dunia setelah Cina atau Tiongkok dan India. Namun selain jumlah yang banyak, tentu ada karateristik lain yang menempel pada kependudukan Indonesia. Karakteristik penduduk Indonesia akan kita ketahui dalam ciri- ciri kependudukan Indonesia, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jumlahnya banyak dan terus bertambah

Salah satu ciri penduduk di Indonesia yang sudah diketahui oleh orang banyak dan bukan merupakan rahasia lagi adalah jumlahnya yang banyak. Jumlah dari penduduk Indonesia sekitar 200 juta jiwa. Jumlah ini adalah jumlah yang sangat banyak, terlebih apabila dibadingkan dengan penduduk negara maju. Oleh karena jumlah yang banyak ini pula, banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia. Jumlah penduduk yang banyak ini masih menjadi permasalahan pelik di Indonesia yang masih perlu pemecahan. Apabila tidak menemukan pemecahan, maka jumlah penduduk yang banyak ini akan menimbulkan banyak masalah.

  1. Distribusi penduduk kurang merata

Ciri- ciri yang lain dari kependudukan Indonesia adalah distribusi yang kurang merata. Maksudnya adalah jumlah penduduk suatu tempat dengan tempat yang lainnya berbeda- beda. Penduduk Indonesia tersentral di pulau Jawa yang merupakan kawasan yang paling maju dibandingkan dengan kawasan yang lainnya, seperti pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Maka dari itulah kemajuan yang berarti juga tersentral di Pulau Jawa. Dampak distribusi yang kurang merata ini selain hanya memajukan satu kawasan, ternyata juga akan memberikan dampak negatif bagi kawasan tersebut. Dampak negatif yang timbul diantaranya adalah sampah yang tidak terkendali, tingginya angka pengangguran dan kriminalitas. Selain itu, dampak lainnya adalah kurang tergalinya potensi alam dari wiayah- wilayah yang sepi penduduk.

  1. Terdiri atas berbagai suku bangsa

Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tungal Ika, yang artinya meskipun berbeda- beda tetapi tetap satu jua. Hal ini menggambarkan beraneka ragamnya penduduk Indonesia dari sisi suku bangsanya. Beraneka ragamnya suku bangsa Indonesia sudah bukan lagi rahasia umum. Suku bangsa yang ada di Indonesia berbeda- beda dan jumlahnya banyak sekali dari Sabang sampai dengan Merauke. Beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia natara lain Suku Dayak, Suku Batak, Suku Minang, Suku Jawa, Suku Bali, Suku Asmat, dan lain sebagainya. Suku- suku ini hidup berdampingan dan saling rukun dan saling menghormati antara satu dengan lainnya.

  1. Terdiri atas penduduk asli dan penduduk pendatang

Selain penduduk asli Indonesia, penduduk Indonesia juga terdiri atas orang- orang pendatang dari negara- negara lain. Saat kita pergi di berbagai tempat di Indonesia maka seringkali kita menemukan wajah- wajah seperti pendatang meskipun secara berkomunikasi mereka telah piawai dalam bahasa Indonesia. Memang saat ini penduduk Indonesia tidak hanya terdiri atas penduduk dari suku Indonesia asli, namun juga pendatang. Akibatnya semaik banyak penduduk Indonesia yang memiliki wajah- wajah asing baik itu bule barat, Arab, Tionghoa dan lain sebagainya.

  1. Sebagian besar bermata pencaharian di sektor ekstraktif

Dari segi pekerjan atau mata pencaharian, ciri- ciri penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai tenaga kerja di bidang ekstraktif baik itu di sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan dan lain sebagainya. Hal ini terbukti dengan hasil- hasil pertanian, perkebunan, ikan, tambang dan lain sebagainya di Indonesia sangat besar, dan bahkan menjadi komoditas utama ekspor Indonesia. Hal ini berarti selain lahan Indonesia yang banyak, juga karena sebagain besar penduduknya bekerja di sektor Industri ekstraktif. Sempat juga Indonesia dijuluki sebagai negara Agraris yang atinya adalah negara yang penduduknya sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Memang pertanian di Indonesia sangat maju karena sumber daya alam Indonesia yang berupa tanah subur.

  1. Memiliki budaya yang bermacam- macam

Selain suku bangsa yang bermacam- macam, ciri- ciri lain dari penduduk Indonesia adalah memiliki budaya yang bermacam- macam pula. Budaya yang bermacam- macam ini bersumber dari adat istiadat yang dimiliki oleh setiap suku atau daerah. Bahkan suku yang sama bisa saja memiliki budaya yang berbeda. Budaya yang bermacam- macam ini menjadi kekayaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena membuat Indonesia semakin Indah dan bersahaja, terlebih di mata dunia. Budaya yang bermacam- macam juga membuat warna Indonesia semakin indah dan semakin ramai.

  1. Memiliki bahasa yang bermacam- macam dan memakai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia

Suku bangsa yang bermacam- macam juga memiliki bahasa daerahnya masing- masing. Bahasa suatu daerah belum tentu dimengerti oleh penduduk daerah lain. Maka dari itulah penduduk Indonesia memiliki bahasa persatuan yang digunakan untuk berkomunikasi di berbagai tempat, yaitu bahasa Indonesia. Hal inilah yang menjadi ciri penduduk Indonesia yang berkomunikasi dengan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

  1. Memiliki kepribadian yang ramah

Salah satu ciri khas penduduk asli Indonesia yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara adalah kepribadiannya yang hangat serta ramah. Hal ini semakin menambah kebetahan turis asing untuk berlibur di Indonesia.

Itulah beberapa ciri- ciri penduduk Indonesia yang memiliki aneka ragam suku bangsa. Penduduk Indonesia adalah penduduk yang bersahaja dan disenangi oleh penduduk lain dari manca negara.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!