Sponsors Link

Industri Ekstraktif: Pengertian, Tujuan, Condoh dan Manfaatnya bagi Perekonomian

Sponsors Link

Perekonomian merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap rumah tangga, baik itu rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen maupun rumah tangga negara. Bagaimanapun juga perekonomian adalah sesuatu hal yang mampu mendongkrak nama dan juga status suatu rumah tangga. Bagi rumah tangga negara, perekonomian merupakan satu hal yang sangat penting karena sangat berkaitan dengan kemampuan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat yang ada di dalamnya. Maka dari itulah perekonomian suatu negara harus benar- benar diperhatikan secara seksama dan diupayakan kemajuannya. Selain berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan, perekonomian juga mempengaruhi status suatu negara dimata negara lainnya.

Industri bagi Perekonomian

Seiring berjalannya waktu, suatu negara mengalami kemajuan perekonomian. Negara yang mengalami kemajuan ekonomi ini mengalami perubahan jika dilihat dari bidang utama yang menopang ekonomi negara tersebut. Beberapa tahapan negara dari masa yang paling tradisional menuju ke negara maju antara lain sebagai berikut:

  1. Masa Bercocok tanam

Pada masa yang paling tradisional, masyarakat suatu negara melakukan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada masa ini, manusia masih hidup berpindah- pindah atau sering kita sebut hidup nomaden. Manusia melakukan cocok tanam dari satu tempat ke tempat yang lain demi menghasilkan tanaman yang bermanfaat. Setelah satu lahan berkurang kesuburannya, maka manusia akan berpindah ke tempat lain untuk mendapatkan lahan yang memiliki ciri- ciri tanah subur, dan begitulah seterusnya.

  1. Masa Pertanian

Setelah lebih modern, manusia berfikir untuk melakukan tani. Sama- sama bercocok tanam, namun pertanian ini lebih ke mengolah tanah dan kesuburannya. Di masa pertanian ini manusia sudah tidak berpindah- pinda karena sudah mengetahui cara mengolah tanah. Banyak negara yang mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bertani atau negara agraris. Dan salah satu negara tersebut adalah Indonesia.

  1. Masa Industri Barang dan Jasa

Zaman yang lebih modern dan negara yang lebih maju ditandai dengan bergesernya pertanian sebagai sumber mata pencaharian dan digantikan oleh industri. Industri merupakan pengolahan, jadi tidak hanya menanam namun juga mengolah hingga menjadi barang jadi dan dipasarkan. Industri bisa berupa industri pembuatan barang dan juga industri dalam bidang jasa. Negara yang lebih maju, ditandai apabila industri yang maju justru di bidang jasa.

Itulah beberapa tahapan negara apabila dilihat dari mata pencaharian utamanya. Indonesia saat ini tengah memperbaiki diri dan bertransformasi dari negara agraris menuju ke negara Industri. Selanjutnya, industri ini dibeda- bedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya menurut tempat bahan baku. Berdasarkan tempat bahan baku, klasifikasi industri sebagai berikut:

  • Industri ekstraktif, yaitu industri yang bahan bakunya diambil langsung dari alam sekitar.
  • Industri non ekstraktif, yaitu industri yang bahan bakunya terdapat di tempat lain selain di alam sekitar
  • Industri fasilitatif, yaitu industri yang memiliki produk utama berbentuk jasa.

Itulah beberapa jenis industri jika dilihat dari tempat bahan bakunya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai satu jenis industri, yakni industri ekstraktif.


Pengertian Industri Ekstraktif

Industri ekstraktif merupakan industri dimana bahan baku utamanya terdapat di alam dan diambil secara langsung. Industri ekstraktif ini banyak terdapat di Indonesia, terlebih kekayaan alam Indonesia yang berlimpah ruah. Masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia yang mendunia sebagai bahan baku industri. Dengan kekayaan yang bermacam- macam maka jenis industri di Indonesia bisa mermacam- macam.

Tujuan Industri Ekstraktif

Industri ekstraktif memiliki beberapa tujuan. Tujuan utama industri ekstraktif sendiri adalah untuk mengolah kekayaan alam agar menjadi barang- barang yang bermanfaat bagi manusia, sehingga bisa dijadikan bermacam- macam produk yang bisa dimanfaatkan. Adapun tujuan dari industri ekstraktif lebih rinci adalah sebagai berikut:

  • Mengolah kekayaan alam menjadi berbagai barang yang bermanfaat
  • Membuka lapangan pekerjaan
  • Menambah keuntungan
  • Menyediakan berbagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia

Nah itulah beberapa tujuan diadakannya industri ekstraktif di suatu negara. Industri ekstraktif tidak hanya bermanfaat bagi produsensaja, namun juga bagi berbagai pihak.

Contoh Industri Ekstraktif

Industri ekstraktif merupakan industri yang umum terdapat di suatu negara, khususnya Indonesia. Industri ekstraktif ini merupakan industri yang jumlahnya banyak karena bahan bakunya mengambil langsung dari alam. Adapun beberapa contoh industri ekstraktif antara ;ain sebagai berikut:

  1. Industri Perikanan

Salah satu contoh industri ekstraktif adalah industri perikanan. Industri perikanan ini disebut sebagai industri ekstraktif karena ikannya diambil langsung dari macam-macam laut. Ikan ini bisa diolah menjadi berbagai produk seperti ikan sarden kalengan, dll.

  1. Industri hasil kehutanan

Industri hasil kehutanan juga merupakan industri ekstraktif karena bahan bakunya yang berupa kayu diambil dari alam.

  1. Industri pertambangan

Industri pertambangan ini merupakan salah satu jenis industri ekstraktif karena logamnya langsung diambil dari alam.


Manfaat Industri Ekstraktif bagi Negara

Industri memiliki banyak manfaat bagi negara, termasuk juga industri ekstraktif ini. Industri ekstraktif ini memiliki banyak manfaat bagi negara antara lain sebagai berikut:

  1. Menambah devisa negara
  2. Memajukan potensi pengusaha dalam negeri
  3. Menambah keuntungan negara
  4. Membuka lapangan pekerjaan
  5. Mengurangi jumlah pengangguran

Nah itulah beberapa manfaat industri ekstraktif bagi negara. Manfaat yang telah disebutkan diatas hanya sebagian kecil, masih ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan industri ekstraktif untuk negara ini. Demikianlah informasi mengenai industri ekstraktif, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Teknik