10 Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi Beserta Contohnya

Arus globalisasi yang pesat sangat berpengaruh bagi berbagai bidang kehidupan, khususnya di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan inovatif diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan memberikan manfaat positif bagi kehidupan. Diciptakannya mesin atau robot telah membantu pekerjaan yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia. Tentu pekerjaan akan lebih cepat selesai dengan adanya bantuan teknologi semacam ini. Saat ini juga telah diciptakan komputer-komputer canggih yang diklaim mampu menandingi kemampuan otak manusia.

Kemajuan IPTEK di era globalisasi telah memberikan kemudahan di kehidupan manusia, namun dibalik dampak positif yang diberikan, kemajuan teknologi ini juga perlu disikapi dengan bijak karena akan menjadi hal negatif yang merugikan jika disalahgunakan. Sama halnya seperti dampak globalisasi di bidang pendidikan, pengaruh arus globalisasi bagi teknologi juga dapat memberikan dampak positif yang sangat membantu sekaligus memberikan dampak negatif yang merugikan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang hidup di era globalisasi perlu menyikapi kemajuan zaman dengan bijak. Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan dari adanya globalisasi pada dunia teknologi? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai dampak dari globalisasi di bidang teknologi, baik dari dampak positif maupun dampak negatif.

Dampak Positif Globalisasi bagi Teknologi

1. Kemudahan dalam Mengakses Informasi dari Internet

Tidak dapat dipungkiri jika arus globalisasi yang pesat sangat mempengaruhi kemudahan seseorang dalam mengakses informasi di dunia maya. Informasi-informasi di internet bisa menyebar dengan cepat, sehingga dapat diakses oleh semua orang dimana saja dan kapan saja. Sebagai contoh dengan adanya televisi dan internet memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi terbaru yang ada di seluruh dunia. Kemudahan dalam mengakses informasi ini jika disikapi dengan bijak akan memberikan dampak yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti berkembangnya kualitas ilmu pengetahuan, meningkatkan pola pikir manusia, serta menumbuhkan sikap toleran antar umat beragama dengan adanya wawasan dan pengetahuan yang luas.

Kemudahan akses informasi di era globalisasi juga bisa bermanfaat dalam bidang pendidikan. Kita bisa mencari informasi tentang metode pembelajaran berbasis teknologi yang diterapkan oleh negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Selain itu, kita dapat dengan mudah mencari informasi mengenai trend pendidikan yang ada di luar negeri. Informasi-informasi tersebut bisa dijadikan rujukan dan diterapkan dalam sistem pendidikan di negara-negara berkembang di asia tenggara, khususnya Indonesia. Kemudahan dalam mengakses informasi di era digital tentunya dapat memperluas wawasan para pelajar, sehingga diharapkan dapat memacu motivasi mereka untuk mengembangkan kreativitasnya.

2. Kemudahan dalam Komunikasi Jarak Jauh

Dampak positif berikutnya dari adanya globalisasi di bidang teknologi adalah kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat jauh. Pemanfaatan lapisan ionosfer untuk memperluas jaringan komunikasi telah mempermudah manusia untuk berkomunikasi satu sama lain. Di era yang serba modern ini kita dipermudah dengan adanya handphone dan jaringan internet yang semakin luas, sehingga kita tidak perlu lagi menulis surat dan mengirimkannya lewat pos ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain. Adanya aplikasi seperti BBM, Line atau Whatsapp memudahkan kita untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain, bahkan kita bisa memanfaatkan fitur video call yang ada di aplikasi tersebut dan melihat aktifitas orang lain yang kita hubungi pada saat itu juga. Hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita manfaatkan untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri, bahkan kita bisa menjangkau orang yang berada di negara maju dan negara berkembang di dunia.

3. Kemudahan dalam Sarana Transportasi

Kemudahan di bidang transportasi merupakan salah satu dampak positif dari adanya globalisasi di bidang teknologi. Transportasi yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia kini telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Setiap orang yang ingin melakukan perjalanan ke tempat jauh kini dipermudah dengan adanya pilihan transportasi darat, laut dan udara. Akses untuk mendapatkan tiket perjalanan pun kini dipermudah dengan adanya penjualan tiket online, baik melalui website resmi maupun website penyedia layanan penjualan tiket online. Website-website tersebut memberikan banyak pilihan tiket perjalanan ke tempat manapun dan memudahkan kita untuk memesan tiket, sehingga kita tidak perlu lagi mengantri di stasiun atau bandara jika ingin memesan tiket. Kita juga bisa mendapatkan diskon ketika memesan tiket secara online, sehingga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket.

4. Diciptakannya Mesin Canggih

Kemajuan teknologi telah memberikan berbagai kemudahan dalam kegiatan manusia, salah satunya adalah diciptakannya mesin-mesin canggih yang dapat meringankan berbagai pekerjaan manusia. Sebagai contoh dapat kita lihat dari terciptanya mesin atau robot canggih yang dimanfaatkan untuk memproduksi barang di sebuah pabrik. Adanya mesin canggih tersebut dapat meningkatkan produksi barang yang sebelumnya dilakukan dengan tenaga manusia, sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan dan produksi barang dapat dilakukan dengan cepat.

Kemajuan teknologi di era globalisasi juga mendorong negara Jepang untuk menciptakan robot-robot unik dan canggih. Jepang yang merupakan salah satu negara termaju di dunia memanfaatkan robot untuk membantu kegiatan sehari-hari, bahkan Jepang juga menciptakan robot bernama T-52 ENRYU yang dapat membantu proses evakuasi korban gempa dan bencana alam lainnya.

5. Kemudahan dalam Transaksi Jual Beli

Dampak baik selanjutnya akibat dari kemajuan teknologi di era globalisasi adalah kemudahan dalam transaksi jual beli. Di era modern ini kita dimanjakan dengan berbagai fitur yang disediakan oleh bank, seperti fitur m-banking dan internet banking. Fitur-fitur tersebut memudahkan kita untuk bertransaksi dengan modal handphone atau laptop, sehingga kita tidak perlu lagi ke bank hanya untuk mentransfer sejumlah uang. Fitur-fitur ini juga banyak dimanfaatkan oleh pelaku jual-beli online, sehingga secara langsung memudahkan transaksi dalam jual-beli online.

Di era yang serba modern ini kita juga disuguhkan dengan berbagai website marketplace yang sangat bermanfaat bagi penjual online untuk memasarkan produknya secara gratis. Website marketplace ini juga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam transaksi jual beli online, karena beberapa marketplace menawarkan fitur rekber (rekening bersama) yang bisa dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli sebagai pihak ketiga. Melaui fitur rekber ini, pembeli tidak perlu takut untuk ditipu oleh penjual online, karena uang yang sudah ditransfer akan ditahan di rekber dan akan diteruskan ke rekening penjual ketika barang sudah sampai dengan aman di alamat pembeli.

Dampak Negatif Globalisasi bagi Teknologi

1. Maraknya Kejahatan di Dunia Maya (Cybercrime)

Meningkatnya kejahatan di dunia maya atau yang lebih dikenal dengan istilah cybercrime adalah dampak paling merugikan yang ditimbulkan dari arus globalisasi di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang disalahgunakan menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi negara-negara di seluruh dunia. Kejahatan di internet atau cybercrime mempunyai beragam jenis seperti pembajakan situs web, penipuan jual beli online, pencurian uang di rekening, transaksi narkoba, bahkan pemanfaatan teknologi oleh jaringan teroris. Kasus-kasus semacam ini perlu diwaspadai oleh semua orang, apalagi saat ini ketergantungan akan sarana online untuk dunia perbankan, media sosial dan jual beli online semakin tinggi. Oleh karena itu diperlukan peran dari pemerintah dan warga negaranya untuk mengantisipasi kejahatan di dunia maya. Pemerintah perlu menciptakan sistem yang dapat menangkal maraknya cybercrime, sementara masyarakat perlu mendukung program dari pemerintah dengan melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan cybercrime dan menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak.

2. Tergesernya Tenaga Manusia

Penggunaan mesin sebagai alat bantu produksi nampaknya sudah menjadi kebutuhan di beberapa negara dengan ekonomi terbaik di dunia. Mesin-mesin canggih bermanfaat untuk memangkas biaya produksi dan meningkatkan jumlah produksi jika dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia. Terciptanya mesin-mesin canggih yang membantu pekerjaan manusia nampaknya memberikan sisi lain yang merugikan bagi manusia itu sendiri. Hadirnya mesin-mesin canggih di berbagai pabrik tentu menggeser peran dari manusia, sehingga tidak sedikit para buruh pabrik yang terkena PHK akibat dari sistem produksi barang berbasis teknologi.

Kemunculan barang-barang modern di Indonesia juga dapat menggeser peran dari barang-barang tradisional. Sebagai contoh penggunaan gerabah yang memiliki unsur budaya kini telah ditinggalkan dan berganti dengan penggunaan mesin yang lebih praktis. Di era serba modern ini permintaan produksi gerabah semakin menurun, sehingga kegiatan ekonomi para pengrajin gerabah semakin terancam. Tentu hal ini menjadi masalah besar bagi pengrajin gerabah, sehingga diperlukan inovasi kreatif agar kelangsungan ekonomi tetap berjalan.

3. Munculnya Individualisme

Perkembangan teknologi memunculkan dampak positif  berupa kecanggihan gadget dan luasnya jangkauan internet, namun perkembangan teknologi ini dapat merugikan pengguna itu sendiri. Salah satu dampak buruk yang ditimbulkan adalah munculnya individualisme di masyarakat. Individualisme sering diartikan sebagai suatu pandangan yang menunjukkan keegoisan seseorang dalam mementingkan hak pribadinya tanpa memperhatikan orang lain. Individualisme juga merujuk pada perilaku hidup dari seseorang yang tidak melakukan sosialisasi dengan orang lain. Munculnya sikap individu di era modern ini seakan mengaburkan budaya gotong royong. Akibatnya kodrat manusia sebagai makhluk sosial seakan terkaburkan semenjak era globalisasi berkembang pesat.

Hadirnya smartphone saat ini nampaknya telah membuat orang lupa waktu, bahkan ketika berkumpul mereka lebih sering menatap layar smartphone daripada berkomunikasi secara langsung. Tentu kebiasaan ini bisa menjadi masalah besar, apalagi jika kebiasaan ini sudah dilakukan oleh anak kecil. Seorang anak cenderung yang sudah memiliki smartphone sejak kecil cenderung bersikap individual ketika dewasa nanti.

4. Masuknya Budaya Asing yang Buruk

Di era digital ini pengaruh budaya asing dapat dengan mudah masuk ke suatu bangsa melalui televisi dan internet. Pengaruh luar ini banyak mendapatkan perhatian karena dianggap sebagai hal  baru, sayangnya tidak semua budaya asing tersebut sesuai dengan budaya kita. Sebagai contoh banyaknya tayangan film yang mengandung unsur pornografi yang disiarkan oleh stasiun televisi asing dan beberapa situs pornografi yang dapat diakses dengan mudah. Tentu hal semacam itu melanggar nilai-nilai kesopanan dari budaya bangsa kita, sehingga dapat merusak moral bangsa.

5. Ketergantungan terhadap Teknologi

Teknologi seakan memberi kemudahan bagi kegiatan manusia di berbagai bidang, namun penggunaan teknologi yang berlebihan bisa berdampak buruk karena dapat menimbulkan ketergantungan terhadap teknologi itu sendiri. Sebagai contoh kehadiran smartphone yang memiliki berbagai fitur canggih secara tidak langsung akan menyita waktu dari manusia. Manusia yang mengalami ketergantungan terhadap smartphone semakin enggan untuk melakukan interaksi sosial dengan masyarakat. Mereka lebih senang berkomunikasi menggunakan teknologi daripada secara langsung. Selain itu, penggunaan teknologi yang berlebihan pada dunia pendidikan juga dapat menjadi salah satu pemicunya. Metode pembelajaran yang terlalu bergantung dengan teknologi akan menumbuhkan rasa malas belajar bagi siswa, misalnya siswa menjadi malas mencatat jika selalu disuguhkan pembelajaran dengan komputer.

Nah, itulah penjelasan dan contoh dari beberapa dampak yang ditimbulkan globalisasi di bidang teknologi, baik dari dampak positif maupun dampak negatif. Semoga artikel ini dapat memotivasi kamu untuk menyikapi perkembangan teknologi secara bijak.

, , , , ,
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!