Tanah Regosol: Pengertian, Ciri Fisik, Macam dan Persebaran

Tanah Regosol merupakan salah satu jenis tanah yang ada di Indonesia. Tanah Regosol merupakan jenis tanah yang merupakan butiran kasar yang berasal dari meterial erupsi gunung berapi. Dengan demikian tanah regosol merupakan salah satu hasil dari peristiwa vulkanisme. Tanah regosol merupakan tanah yang berupa tanah aluvial yang diendapkan. Seperti jenis tanah lainnya, tanah regosol merupakan tanah yang menyimpan materi berupa abu vulkanik dan juga pasir vulkanik.

Asal Tanah Regosol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tanah regosol merupakan tanah yang merupakan hasil dari peristiwa vulkanisme. Maka dari itu tanah regosol ini merupakan hasil dari erupsi gunung berapi. Bentuk wilayahnya berombak sampai bergunung, mempunyai sifat subur (baca: ciri tanah subur dan tidak subur), mempunyai tekstur tanah yang kasar, butiran- butiran kasar, mempunyai sifat peka terhadap erosi tanah, berwarna keabuan, kaya unsur hara, cenderung gembur, mempunyai kemampuan menyerap air yang tinggi, serta mudah terkena erosi.

Ciri- ciri Fisik Tanah Regosol

Di Indonesia, tanah terdiri atas berbagai jenis. Bahkan setiap daerah jenis tanahnya berbeda- beda, ada yang subur dan ada yang tidak subur, ada yang mudah menyerap air, ada pula yang sulit menyerap air. Semua jenis tanah dapat kita identifikasi melalui ciri- ciri fisik yang dimilikinya. Seperti tanah lainnya, tanah regosol juga mempunyai beberapa ciri fisik. Beberapa ciri fisik yang dimiliki jenis tanah regosol antara lain sebagai berikut:

  • Mempunyai butiran- butiran kasar
  • Belum menampakkan adanya lapisan horisontal
  • Mempunyai variasi warna, yakni merah, kuning, coklat kemerahan, coklat, serta coklat kekuningan. Sebenarnya warna- warna yang berbeda- beda ini tergantung pada material yang dikandungnya.
  • Peka terhadap erosi
  • Kaya unsur hara
  • Cenderung gembur
  • Mampu mempunyai air yang tinggi

Nah, itulah beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh tanah regosol. Kita bisa mengenai jenis tanah regosol ini dari ciri- ciri fisik yang dimilikinya.

Macam- macam Tanah Regosol

Tanah Regosol, salah satu jenis tanah yang ada di Bumi dan terbetuk karena aktivitas vulkanisme, dapat dibagi menjadi beberapa macam atau beberapa jenis. Jenis- jenis ini pun dapat dikategorikan menjadi beberapa. Berikut ini merupakan jenis atau macam dari tanah regosol. Yang dilihat berdasarkan bahan induknya, tanah regosol dapat dibagi menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:

  • Regosol Abu Vulkanik

Regosol abu vulkanik merupakan salah satu jenis tanah regosol yang dilihat berdasarkan bahan induknya. Tanah regosol abu vulkanik mempunyai beberapa ciri antara lain sebagai berikut:

  • Terdapat di sekitar bangunan api dengan visiografi vulkanik fan
  • Bahan- bahan vulkanik hasil erupsi gunung berapi berupa debu, pasir, karikil, batu, bom dan juga lapili
  • Bahan kasar di tengah lahan halus di tepi
  • Pada umumnya mempunyai tekstur yang semakin halus semakin produktif

Nah, itulah beberapa ciri- ciri fisik yang dimiliki olleh tanah regosol abu vulkanik. Abu vulkanik sendiri merupakan salah satu jenis material padat yang dikeluarkan gunung berapi ketika erupsi.

  • Regosol Bukit Pasir

Jenis tanah regosol berdasar pada bahan induk yang selanjutnya adalah tanah regosol bukit pasir. Tanah regosol bukit pasir ini mempunyai beberapa ciri fisik, beberapa ciri fisik yang dipunyai tanah jenis ini antara lain sebagai berikut:

  • Pada umumnya mempunyai tekstur tanah yang kasar namun mudah diolah, mempunyai gaya yang rendah untuk menahan air, serta mempunyai permeablitas yang baik
  • Semakin tua tekstur maka semakin halus, namun permeabilitas kurang baik
  • Kaya akan unsur- unsur hara
  • Terdapat di sepanjang garis pantai
  • Pasir yang kasar terletak di sekat garis pantai, dan semakin halus semakin jauh
  • Bukit pasir atau Sand Dunes terbentuk dari pasir- pasir yang ada di pantai oleh angin yang mempunyai sifat deflasi dan juga akumulasi

Itulah beberapa ciri- ciri fisik yang dimiliki oleh tanag regosol. Tanah ini biasa kita temukan di sepanjang garis pantai, seperti di daerah Cilacap, Bantul, maupun Karawang).

Kelebihan Tanah Regosol

Setiap jenis tanah yang ada di Bumi mempunyai sifat dan ciri- ciri yang berbeda abtara satu dengan yang lainnya. Karena mempunyai sifat yang berbeda- beda maka peruntukan tanah pun juga berbeda- beda. Ada tanah yang sesuai untuk bercocok tanam, ada tanah yang lebih cocok untuk bangunan, dan lain sebagainya. Hal ini dinamakan kelebihan tanah. Demikian pula dengan tanah regosol, tanah regosol mempunyai kelebihan sebagai media tanam bagi tanaman- tanaman tertentu. Memang tidak semua tanaman cocok ditanam di tanah regosol, namun untuk urusan pertanian tanah regosol ini adalah tanah yang paling banyak menjadi jawaban. Mengapa tanah regosol bisa sangat subur? Hal ini karena tanah regosol terbentuk oleh material- material endapan letusan gunung berapi, sehingga kandungan unsur haranya sangat banyak dan menyebabkan tanah mempunyai sifat sangat subur. Beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam pada tanah regosol ini antara lain sebagai berikut:

  • Padi
  • Kelapa
  • Tembakau
  • Tebu
  • Sayur- sayuran

Nah, itulah beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh subur apabila ditanam di tanah regosol. Dengan demikian tidak mengherankan apabila banyak daerah- daerah yang berada di sekitar gunung berapi yang masih aktif mempunyai pertanian yang lebih subur daripada di daerah yang letaknya jauh dari gunung. Hal ini karena tanah di sekitar gunung berapi (baca: gunung meletus) mempunyai kandungan unsur hara yang lebih tinggi daripada daerah yang berada jauh dari gunung berapi.

Persebaran Tanah Regosol di Indonesia

Tidak dipungkiri bahwa jenis tanah di Indonesia itu jumlahnya sangat banyak. Bahkan perbedaan ini dapat kita temukan di berbagai tempat. Seperti halnya dengan tanah regosol ini. adapun persebaran tanah regosol di Indonesia tentu dapat kita temukan di daerah- daerah yang letaknya tidak jauh dari gunung berapi yang masih aktif. Namun tidak salah apabila kita lebih menspesifikkannya. Beberapa daerah persebaran tanag regosol ini antara lain Bengkulu, Pantai Sumatera Barat, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat.

Nah, sekian informasi yang dapat dirangkum mengenai tanah regosol. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!