Segitiga Bermuda: Letak – Sejarah – Peristiwa yang Pernah Terjadi

Sahabat, apakah kalian tahu bahwa di Planet Bumi kita ini menyimpan banyak sekali misteri yang belum terpecahkan? Memang sampai saat ini penelitian akan terus selalu dilakukan untuk mencari tau semua rahasia yang ada di balik Bumi kita. Banyak sekali fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi baik yang terjadi di ekosistem darat, lautan maupun di luar angkasa. Rata- rata semua peristiwa atau fenomena alam yang terjadi sehari- hari maupun fenomena alam menakjubkan yang datangnya berkala ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Sebagai contoh adalah peristiwa yang terjadi sehari- hari seperti proses terjadinya hujan, proses terjadinya awan, embun, angin darat, angin laut dan lain sebagainya ini semua dapat dijelaskan secara ilmiah. Demikian pula halnya dengan fenomena alam langka yang menakjubkan seperti proses terbentuknya pelangi, gerhana bulan, gerhana matahari, fenomena halo bulan dan matahari, munculnya aurora dan lain sebagainya adalah fenomena yang dijelaskan secara ilmiah.

Begitu banyak peristiwa dan fenomena alam yang dapat kita temui di Bumi. Terlepas dari  fenomena yang sudah ditemukan penjelasan ilmiahnya, ternyata di Bumi ada sebuah rahasia yang masih menjadi misteri bagi sebagian besar manusia. Ya, fenomena ini seringkali dihubung- hubungkan sebagai penyebab dari hilangnya kapal- kapal yang sedang berlayar, dan pesawat terbang yang tiba- tiba menghilang setelah melintas di atasnya. Kemudian kapal dan pesawat yang hilang itupun tidak pernah diketemukan dan menyisakan misteri. Fenomena alam yang menyimpan banyak misteri tersebut berada di samudera dan kita kenal sebagai segitiga bermuda. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai segitiga bermuda.

Apa Itu Segitiga Bermuda?

Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangle merupakan sebuah kawasan luas yang berada di wilayah Samudera Atlantik yang dianggap menjadi tempat yang penuh misteri karena banyak kasus hilangnya pesawat dan juga kapal- kapal tanpa jejak setelah melintasi kawasan tersebut. Hingga saat ini belum ditetapkan alasan secara pasti yang disepakati bersama mengenai alasan mengapa banyak pesawat dan juga kapal yang hilang. Oleh karena peristiwa- peristiwa aneh ini maka sebagian orang menyebut wilayah ini sebagai “Segitiga Setan” atau “Segitiga Bermuda yang Mematikan”. Lalu, ada di sebelah manakah wilayah yang dikenal sebagai Segitiga Bermuda ini?

Letak Segitiga Bermuda

segitiga bermudaSegitiga Bermuda merupakan sebuah wilayah yang berada di Samudera Atlantik. Wilayah ini disebut sebagai segitiga karena titik- titik atau batas wilayah ini jika dihubungkan membentuk sebuah segitiga. Lalu, disebelah manakah Segitiga Bermuda ini sedangkan wilayah Samudera Atlantik sangat luas?

Wilayah yang dinyatakan sebagai Segitiga Bermuda ini berada di antara wilayah Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya atau Inggris (titik sebelah utara), Puerto Riko wilayah teritorial Amerika Serikat (titik sebelah selatan), dan Miami yaitu negara bagian Florida AS (sebagai titik sebelah barat). Jika dihubungkan maka wilayah Segitiga Bermuda ini memiliki luas kurang lebih 1,5 juta mil persegi atau 4 juta kilometer persegi. Wilayah Segitiga Bermuda ini sampai saat ini masih menyimpan banyak sekali misteri, dan ada beberapa pendapat yang menyatakan sejarahnya tanpa diketahui secara pasti mana yang benar.

Sejarah Segitiga Bermuda

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa sumber yang menyatakan sejarah mengenai wilayah segitiga bermuda ini, namun dari beberapa sumber tersebut belum diketahui secara pasti mana yang benar karena masing- masing ilmuwan mengungkapkan argumennya dengan disertai pendapat- pendapat. Sejarah awal dari segitiga bermuda ini dimulai pada kisah pelayaran Christopher Colombus. Pada saat itu salah seorang awak kapalnya melihat cahaya aneh yang menyerupai meteor yang berada di wiayah segitiga tersebut. Kemudian catatan Colombus juga menuliskan bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik pada saat berlayar melintasi wilayah tersebut.

Kemudian setelah itu muncullah kejadian- kejadian kehilangan yang sangat aneh yakni mengenai kehilangan kapal yang sedang berlayar hingga pesawat terbang yang melintas di atas wilayah segitiga tersebut. Berbagai peristiwa kehilangan tersebut pertama kali didokumentasikan oleh E.V.W. Jones pada tahun 1951 dari majalah Associated Press dan kemudian menamainya sebagai “Segitiga Setan”. Kemudian berita ini ditulis kembali oleh George X yang dimuat di Fate Magazine.

Berbagai peristiwa kehilangan yang diberitakan tersebut membuat wilayah ini dinamai sebagai “Segitiga Bermuda yang Mematikan”. Ada sumber yang menyatakan bahwa di bawah wilayah segitiga bermuda tersebut ada sebuah piramid yang sangat besar, bahkan diberitakan piramid tersebut besarnya melebihi yang ada di Mesir. Kemudian jarak antara puncak piramid dan permukaan laut adalah sekitar 500 meter. Diceritakan pula bahwa di ujung piramid tersebut ada sebuah lubang yang jumlahnya ada dua.


Peristiwa-peristiwa Terkenal yang Pernah Terjadi

Segitiga bermuda menjadi bahan yang hangat diperbincangkan karena misterinya yang sampai saat ini belum terpecahkan. Ada banyak kejadian yang pernah terjadi di wilayah segitiga bermuda ini, dan semuanya adalah peristiwa kehilangan. Adapun beberapa peristiwa terkenal di dunia yang terlibat dengan wilayah segitiga bermuda antara lain sebagai berikut:

  • Tahun 1840 : Peristiwa HMS Rosalie
  • Tahun 1872 : The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar hilangnya kapal- kapal di wilayah segitiga bermuda
  • Tahun 1909 : The Spray
  • Tahun 1917 : Kasusu SS Trimandra
  • Tahun 1918 : USS Cyclops (AC-4) yang hilang di laut yang sedang badai. padahal sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang dan diperkirakan tidak mungkin terjadi badai sehingga alam untuk melakukan pelayaran
  • Tahun 1926 : SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • Tahun 1938 : HMS Anglo Australian menghilang, meskipun pada saat itu laporan cuaca menyatakan bahwa cuaca sangat tenang.
  • Tahun 1945 : Penerbangan 19 menghilang. Peristiwa ini menjadi peristiwa yang sangat terkenal karena pesawat itu merupakan pesawat yang dirancang untuk bisa mengapung di laut, namun tetap saja hilang. Kemudian diturunkan kru pencari untuk mencari pesawat tersebut dan kru pencari tersebut juga hilang tidak diketemukan.
  • Tahun 1952 : pesawat British York transport hilang dan mengangut 33 penumpang
  • Tahun 1962 : Kapal tanker US Air Force KB-50 hilang
  • Tahun 1970 : kapal barang Perancis, Milton Latrides yang berlayar dari New Orleans menuju Cape Town hilang
  • Tahun 1972 : Kapal Jerman, Anita yang berbobot 20.000 ton menghilang bersama kru nya 32 orang
  • Tahun 1976 : SS Sylvia L. Ossa hilang dalam laut yang berjarak 140 mil sebelah barat bermuda
  • Tahun 1978 : Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • Tahun 1980 : SS Poet lenyap di tengah badai ketika menuju Mesir
  • Tahun 1995 : Kapal Jamanic K dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • Tahun 1997 : Pelayar- pelayar menghilang dari kapal Pesiar Jerman
  • Tahun 1999: Freighter Genesisi hilang

Itulah beberapa peristiwa terkenal di dunia yang berhubungan dengan segitiga bermuda. Peristiwa- peristiwa di atas merupakan peristiwa kehilangan semua yang hingga saat ini masih menjadi misteri. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai segitiga bermuda. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Samudera