Iklim Ugahari : Pengertian – Ciri – Persebaran

Jika kita berbicara mengenai kondisi planet bumi, maka ada banyak hal yang bisa menjadi bahan pembicaraan. Apa yang kita bicarakan tak hanya terbatas pada beberapa relief permukaan bumi. Namun, juga akan melebar mengenai berbagai macam jenis kondisi yang ada di muka setiap. Setiap permukaan kenampakan muka bumi akan memiliki kondisi dan ciri yang berbeda-beda. hal tersebut disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Hubungan antar faktor itulah yang kemudian dapat membentuk dan menjadikan muka bumi menjadi apa yang kita lihat saat ini. Pada dasarnya ada dua faktor utama yaitu faktor biotik yang berupa makhluk hidup di dalamnya. Dan faktor abiotik berupa benda-benda tak bernyawa.

Salah satu faktor yang termasuk kedalam faktor abiotik penyusun muka bumi adalah iklim. Jika membicarakan mengenai iklim sendiri maka kita tak akan lepas dari pembicaraan mengenai dinamika perubahan atmosfer. Hal ini karena kondisi dari atmosfer sendiri sangat mempengaruhi iklim suatu daerah.

Beberapa dari kalian mungkin telah mengetahui, bahwa iklim adalah penyebutan dari kondisi cuaca yang terjadi pada daerah tertentu dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus dengan pola tertentu. Ada banyak perbedaan cuaca dan iklim yang harus kita pahami dengan betul.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis iklim yang banyak terjadi di pegunungan. Kita akan membahas mengenai iklim ugahari yang lebih sering di dapati pada daerah pegunungan. Ada beberapa hal yang bisa kita pahami dari ikliim yang satu ini, seperti

IKLIM UGAHARI

Iklim ugahari adalah salah satu iklim yang bisa dikatakan mungkin sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Iklim yang satu ini banyak ditemukan pada beberapa negara yang ada. Salah satu hal yang bisa kita ketahui adalah iklim ugahari ini merupakan salah satu dari beberapa jenis iklim di Indonesia.

Jenis iklim ini sendiri termasuk kedalam jenis iklim fisik. Hal ini berarti iklim ini sangat di pengaruhi oleh kondisi atau kenampakan lingkungan disekitarnya. Iklim ugahari ini sendiri memiliki ciri khusus yaitu tingginya suhu pada siang hari dan rendahnya suhu ketika malam hari. Dari penjelasan mengenai sifat dari iklim ini kita dapat menyimpulkan beberapa hal seperti

1. Lama Penyinaran

Bagi yang termasuk kedalam gugusan iklim ugahari ini memiliki lama penyinaran yang cukup tinggi. Sebagai salah satu unsur cuaca dan iklim kita harus memperhatikan dengan baik letak dan kondisi dari matahari. Bagi daerah yang termasuk kedalam kawasan iklim ugahari memiliki waktu yang lebih dan lebih banyak dalam penerimaan sinar matahari. Hal ini lah yang menyebabkan kawasan ini memiliki suhu yang cukup tinggi pada siang hari.

2. Kelembaban udara

Daerah yang masuk kedalam iklim ini memiliki kelembaban udara yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan penguapan yang sangat tinggi. Sehingga tingkat jenis kandungan air dalam udara akan sangat rendah. Namun, hal tersebut akan sangat berbalik ketika malam hari. Saat malam tingkat kejenuhan kandungan air akan cukup tinggi.

3. Angin

Pada siang hari kawasan ugahari akan terjadi angin yang cukup kencang, atau hembusan angin akan menjauh dari kawasan ini. Kondisi ini sebenarnya sangat sesuai dan sejalan bahwa angin akan bertiup dari daerah yang memiliki tekanan tinggi menuju kawasan yang bertekanan rendah. Pada siang hari tekanan yang terjadi pada daerah ugahari bis dikatakan sangat tinggi. Hembusan angin ini juga akan membawa kandungan penguapan air di dalam udara. Sehingga bisa dikatakan bahwa curah hujan akan sangat minim di kawasan ugahari. Hembusan angin yang menjauh ini sendiri juga sekaligus akan mengurangi panas yang diterima oleh permukaan bumi.

4. Letak

Daerah yang termasuk kedalam kawasan iklim ugahari ini sendiri kebanyakan adalah daerah dataran tinggi. Kondisi yang terjadi pada dataran tinggi memang cukup berbeda dengan yang terjadi pada dataran rendah. Ada beberapa perbedaan dataran tinggi dan dataran rendah yang harus kalian pahami terlebih dahulu agar tidak mengalami kekliruan. Meskipun tidak semua dataran tinggi termasuk kedalam golongan iklim ugahari. Biasanya kawasan yang termasuk adalah daerah bayangan bukit yang cinderung kering.

PERSEBARAN

Iklim Ugahari sendiri dapat kita temukan dan dapat kita lihat pada beberapa bagian bumi. Kebanyakan daerah tersebut adalah kawasan dataran tinggi yang ada di Seluruh dunia. Jika membahas mengenai kawasan penyebaran iklim ugahari maka ada beberapa lokasi yang bisa kita lihat yaitu Dataran tinggi Beka (Syiria), dataran tinggi Wonosari (Indonesia), dan Dataran Tinggi Shan (Myanmar). Ketiga kawasan tersebut yang bisa menjadi salah satu contoh temapt terjadnya iklim ugahari.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab dan bersebaran dari iklim ugahari. Iklim ini adalah satu jenis iklim yang banyak kita temukan pada beberapa kawasan dataran tinggi. Namun, tidak semua dataran tinggi mengalami iklim ini. Haruslah ada beberapa persyaratan yang memenuhinya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!