5 Kenampakan Buatan di Mesir yang Mendunia

Mesir atau Egypt merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah peradaban yang sangat terkenal di dunia. Hampir semua orang di belahan dunia ini mengetahui tentang Mesir dan juga icon- icon yang menjadi ciri khasnya. Selain memiliki peradaban yang agung, Mesir juga merupakan salah satu negara besar dan paling makmur di Afrika. Kemakmuran ini tidak lepas dari mengalirnya sungai terpanjang di dunia yakni Sungai Nil sehingga membuat Mesir menjadi negara yang paling subur diantara negara- negara lainnya di benua Afrika yang terkenal tandus dan kering.

Menilik tentang sejarah Mesir, tidak lepas dari cerita- cerita tentang Fir’aun atau raja nya dan juga mummi nya beserta anggota kerajaan yang lain. Mesir juga merupakan negara yang menjadi tempat sejarah perjuangan Nabi Musa AS melawan Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan pada waktu itu. Mukjizat dari Nabi Musa yang paling terkenal antara lain adalah tongkat yang bisa berubah menjadi ular, serta bisa membelah lautan. Fir’aun yang sombong pun akhirnya ditenggelamkan di Laut Merah beserta dengan para pengawalnya yang jumlahnya sangat banyak. Selain itu masih banyak lagi kisah- kisah sejarah yang terjadi di Mesir. Hingga saat ini bukti sejarah yang dimiliki Mesir sangat banyak dan bahkan ada yang menjadi keajaiban dunia. Bukti- bukti sejarah itulah yang merupakan kenampakan buatan di Mesir. Kali ini kita akan belajar mengenai kenampakan buatan yang ada di negara Mesir.

Telah dikatakan di atas bahwasannya Mesir merupakan negara yang memiliki sejarah peradaban yang agung. Bukti- bukti peradaban ini bisa kita saksikan di Mesir dan sampai saat ini seringkali dikunjungi wisatawan dari bermacam- macam negara. Selain memiliki peradaban yang agung dan peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik, Mesir juga merupakan negara yang paling maju di kawasannya sehingga banyak ditemukan kenampakan- kenampakan buatan yang jumlahnya pun banyak. Apa saja kenampakan buatan di Mesir? Berikut ini merupakan kenampakan buatan yang ada di Mesir:

  1. Piramida

piramidaPiramida merupakan kenampakan buatan yang sangat terkenal di Mesir. Bahkan piramida ini tercatat sebagai ikon negara Mesir. Piramida pernah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Piramida merupakan bangunan yang berbentuk segitiga yang menjulang tinggi dan jumlahnya pun lebih dari satu. Di Mesir, piramida merupakan makam dari raja- raja Mesir Kuno atau Fir’aun yang mayatnya diawetkan dan dikenal dengan nama mummy. Namun piramida juga merupakan tempat penjarahan makam karena para raja yang meninggal membawa banyak kekayaan dan artefak kuno untuk dibawa ke alam baka. Pembuatan piramida oleh arsitektur Mesir kuno tidaklah sembarangan. Mereka harus menghitung jarak matahari terlebih dahulu karena matahari merupakan salah satu hal yang penting bagi masyarakat Mesir. Biaya, waktu dan tenaga yang digunakan untuk membangun piramida pun sangat banyak. Bahkan satu piramida diperkirakan dibuat selama kurang lebih 20 tahun dan memperkerjakan lebih dari sepuluh ribu budak. Maka tidak heran dalam pembuatam piramida ini banyak mengorbankan nyawa yang yang hilang.

  1. Patung Sphinx

Kenampakan buatan kedua yang sangat terkenal di Mesir adalah patung Sphinx. Patung Sphinx merupakan sebuah patung binatang singa yang berkepala manusia yang berukuran besar. Sphinx merupakan makhluk mitos dalam mitologi Mesir. Di Mesir, patung Sphinx terbesar berada di Giza. Patung di Giza ini memiliki panjang 20 meter dan tinggi setinggi 3 meter.

Selain di Mesir, makhluk Sphinx ini juga ditemukan di mitologi Yunani yakni sebagai makhluk yang sering mengajukan teka- teki. Bahkan asal- muasal nama sphinx ini diperkirakan juga diambil dari mitologi Yunani yang artinya “mencekik” karena di mitologi Yunani, makhluk ini sering mencekik orang- orang yang tidak dapat menjawab teka- teki yang diajukannya. Meskipun memiliki sejarah yang penuh misteri, nayatanya patung Sphinx merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wiatawan yang berkunjung ke Mesir.

  1. Terusan Suez

Terusan Suez juga merupakan salah satu bentuk kenampakan buatan yang ditemukan di Mesir. Terusan Suez ini adalah terusan kapal yang memiliki panjang sejauh 163 km yang menghubungakan pelabuhan Sid di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Terusan ini diresmikan tahun 1869 atas prakarsa insinyur Perancis, Ferdinand Vicomtede Lesseps. Melalui terusan ini maka kita tidak perlu melalukan perjalanan jauh karena terusan ini merupakan jalan pintas dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika.

  1. Bendungan Aswan

Bendungan Aswan merupakan bendungan yang terletak di Kota Aswan.

Bendungan ini membendung aliran Sungai Nil karena sungai ini akan banjir pada musim panas apabila tidak dibendung.

Hal ini terjadi karena sungai- sungai di Afrika Timur mengalir melalui sungai ini. Dampaknya daerah di sektar bendungan ini menjadi subur dan baik untuk pertanian karena banjir membawa banyak zat yang bermanfaat.

  1. Universitas Al- Azhar

Salah satu kenampakan buatan di Mesir yang modern adalah Universitas Al- Azhar di Kairo. Universitas ini merupakan salah satu universitas terkenal dan terbaik di dunia.

Universitas ini merupakan salah satu pusat studi sastra Arab dan pengkajian ilmu Islam Sunni di dunia. Universtiat Al Azhar tidak hanya dipakai untuk belajar orang Mesir saja namun masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Nah itulah beberapa macam kenampakan buatan yang berada di Mesir. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar