15 Kota yang Dilalui Garis Khatulistiwa di Indonesia dan Mancanegara

Planet Bumi merupakan sebuah planet di tata surya yang memiliki bentuk bulat dan pepat di kedua kutubnya. Ada banyak sekali hal- hal yang dapat kita pelajari mengenai Bumi. Salah satunya adalah penyusunan garis- garis khayal yang menyelimuti Bumi dengan jarak yang sama antara satu dengan lainnya. Adanya garis- garis khayal ini bukan tanpa tujuan. Para ilmuwan menggambarkan garis- garis khayal yang berupa garis lintang dan garis bujur untuk mengklasifikasikan negara berdasarkan kategori tertentu.

Sebagai contoh adalah pembagian iklim di dunia yang bergantung letak suatu negara berdasarkan posisi garis lintangnya, serta pembagia waktu di dunia yang di dasarkan pada garis bujur nol derajat. Baik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kota-kota mana saja di Indonesia dan di dunia yang dilewati oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator atau garis lintang nol derajat. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita mulai dengan pengertian garis bujur dan garis lintang terlebih dahulu.

Apa itu Garis Lintang dan Garis Bujur?

Pasti kita semua sudah pernah mempelajari atau paling tidak mendengar nama garis lintang dan garis bujur. Adapun keduanya ini merupakan garis- garis khayal yang dibuat mengelilingi Bumi untuk tujuan tertentu. namanya garis khayal, pastilah garis ini tidak ada kenyataan. Kita bisa menemukan keberadaan garis bujur atau lintang dari replika Bumi bulat atau yang disebut dengan globe. Di globe, kita akan menemukan garis yang vertikal atau berdiri yang menghubungkan kutub utara dan selatan dan garis yang melintang dai timur ke barat membelah Bumi. Adapun garis yang membujur dari utara dan selatan ini dinamakan garis bujur. Sementara garis yang melintang mengelilingi bumi disebut sebagai garis lintang.

Setiap garis khayal yang dibuat di permukaan Bumi memiliki letak dan biasa dituliskan dalam bentuk derajat. Lintang nol derajat merupakan garis lintang yang letaknya berada di tengah- tengah Bumi. Garis ini membelah Bumi menjadi bagian yang sama besar yakni bagian utara dan selatan. Garis lintang nol derajat lebih sering disebut sebagai Garis Ekuator atau Garisa Khatulistiwa. Adapun garis ini terpampang nyata melewati berbagai negara. Sementara garis bujur nol derajat merupakan garis bujur yang letaknya di posisi kota Greenwich. Namun kita tidak akan membahas mengenai garis bujur nol derajat, namun yang akan kita bahas adalah negara mana saja yang dilewati garis khatulistiwa. Tentunya kota- kota ini memiliki iklim tropis karena berada di tengah- tengah Bumi.

Ada banyak tempat di Bumi ini yang dilalui oleh garis khatulistiwa, bahkan negara kita Indonesia pun juga dilalui oleh garis khatulistiwa. Di Bumi ini setidaknya ada tujuh negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Dan di dalam negara tersebut ada kota- kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa.  Yuk, cari tahu kota- kota yang dilalui garis khatulistiwa tersebut.

  1. Pontianak, Kalimantan Tengah

Kota pertama yang sangat dikenal karena dilewati garis khatulistiwa adalah Pontianak. Kota ini berada di kalimantan tengah. Kota ini benar- benar merupakan kota yang berada di tengah- tengah Bumi. Di Kota ini dibangun sebuah tugu yang bernama tugu khatulistiwa. Tugu ini menggambarkan bahwa garis khatulistiwa melintasi kota ini.

  1. Kota Bonjol, Sumatera Barat

Kota Bonjol merupakan kota kelahiran pahlawa nasional Teuku Imam Bonjol. Kota ini berada di Provinsi Sumatera Barat. Untuk menandakan bahwa kota ini merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa, maka di kota ini dibangun sebuah tugu Equator yang bentuknya menyerupai rumah gadang, yaitu rumah adat dari Sumatera Barat. Meskipun demikian kota ini terus mencoba menjadikan posisi dibawah khatulistiwa ini menjadi sebuah hal yang populer, meski belu, sepopuler Pontianak yang menjadi ikon nasional.

  1. Kota Bontang

Kota Bontang menjadi salah stau kota di Indonesia yang juga dilalui garis khatulistiwa. Untuk menandai bahwa kota ini dilalui garis khatulistiwa maka dibangun sebuah tugu khatulistiwa Santan Ulu, Samarinda.

Itulah tiga kota di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Selanjutnya masih banyak lagi kota yang dilalui garis Khatulistiwa di Indonesia, seperti:

  1. Lintas Riau, Sumatera Barat
  2. Riau
  3. Kepulauan Batu
  4. Kepulauan Lingga
  5. Sulawesi Tengah
  6. Kepulauan Kayoa, Halmahera Selatan
  7. Pulau Gebe
  8. Pulau Amberi

Selain di Indonesia, tentunya banyak juga kota- kota di dunia yang dilalui garis khatulistiwa, diantaranya adalah:

  • Pulau Isabela, Ekuador
  • Amazonas, Brazil
  • Roraimas, Brazil
  • Para, Brazil

Itu dia beberapa kota di dunia yang dilalui garis khatulistiwa. Sebenarnya masih sangat banyak ya bahkan banyak sekali mengingat jumlah yang dilewati garis khatulistiwa saja ada sebelas. Namun nama- nama kota ini tidak bisa diperinci satu per satu. Baik, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi