7 Kota yang Dilalui Garis Bujur Nol Derajat

Garis khayal Bumi merupakan garis yang dibuat melingkari Bumi yang berbentuk bupat pepat di kedua kutubnya. Jenis garis khayal ini ada dua macam yakni yang melintang dari timur ke barat dan sebaliknya dan yang membujur dari utara ke selatan atau sebaliknya. Untuk membedakannya, garis khayal ini dinamai dengan nama yang berbeda dimana garis yang melintang dari timur ke barat dinamakan garis lintang dan yang membujur menghubungkan kutub utara dan selatan dinamakan garis bujur.

Jumlah garis inipun ada banyak dan berdasarkan letaknya maka ditandai dengan derajat tertentu. Namun garis yang pas berada di tengah- tengah atau posisinya nol derajat, mempunyai nama tersendiri. Sebagai contoh adalah garis lintang nol derajat disebut sebagai Garis Ekuator atau Garis Khatulistiwa, dan garis bujur nol derajat dinamakan dengan Garis Meridian.

Fungsi Garis Lintang dan Garis Bujur

Kedua garis khayal Bumi memiliki fungsi tersendiri. Garis lintang biasanya digunakan untuk menentukan pembagian iklim di dunia. Sementara garis bujur biasa digunakan untuk menentukan perbedaan  waktu di setiap wilayah. Maka dari itulah untuk menentukan waktu negara- negara di dunia semuanya berpedoman pada waktu Greenwich, karena Greenwich merupakan kota yang dilalui oleh garis bujur nol derajat. Lalu pertanyaannya, apakah hanya Greenwich saja yang dilewati oelh garis bujur nol derajat? Jawabannya tidak. Ada beberapa kota lain di dunia yang juga dilalui oleh garis bujur nol derajat. Untuk mengetahui kota- kota tersebut, kita aan membahasnya di bawah ini.

Kota- kota yang Dilalui Garis Bujur Nol Derajat

Garis bujur nol derajat membujur dari utara ke selatan atau sebaliknya. Garis ini digambarkan menghubungkan kutub utara dan selatan. Karena sangat panjang, maka ada beberapa wilayah di Bumi yang berada tepat di bawah garis bujur nol derajat ini. Setidaknya ada tujuh kota di dunia yang dilalui oleh garis bujur nol derajat. Kota- kota tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Greenwich

Kota utama yang dilalui oleh gatis bujur nol derajat adalah Greenwich. Greenwich merupakan sebuah kota yang berada di London, Inggris. Kota ini juga merupakan kiblat dari pembagian zona waktu dunia. Kota Greenwich ini merupakan kota yang dilalui oleh garis bujur 0,00 derajat. Kota ini ditetapkan sebagai titik awla perhitungan waktu dunia yang dikenal sebagai Greenwich Mean Time sejak tahun 1884. Di kota ini pula dibangun menara atau tugu yang menjadi tanda bahwa kota ini dilalui garis bujur nol derajat.

  1. Lome

Lome merupakan salah satu kota yang juga dilalui oleh garis bujur nol derajat. Kota Lome merupakan ibukota dari negara Togo yang berada di Afrika Barat. Kota Lomo terletak di sisi laut Atlantik yang menghadap Teluk Guyana. Kota Lome juga sekaligus menjadi kota terbesar di Togo.

  1. Ouagadougou

Kota ketiga yang dilalui oleh garis bujur nol derajat adalah Ouagadougou, sebuah kota yang berada di Burkina Faso, Afrika Barat. Sebutan lain dari kota ini yang lebih simpel adalah Ouaga.

  1. Paris

Paris merupakan salah satu kota yang paling terkenal di dunia. Siapa sangka kota mode yang berada di Prancis ini merupakan salah satu kota yang dilalui oleh garis bujur nol derajat. Salah satu titik terkenal di kota in adalah Menara Eiffel.

  1. Madrid

Siapa yang tidak mengenal Madrid? Kota bintang sepak bola dan sekaligus ibu kota negara Spanyol ini merupakan salah satu kota yang dilalui garis bujur nol derajat.

  1. Niamey

Niamey merupakan ibu kota dari Niger, Afrika Barat. Kota ini merupakan kota terbesar di Niger. Selain dilalui garis bujur nol derajat, kota ini juga merupakan pusat administrasi, ekonomi dan budaya di Niger.

  1. Accra

Accra merupakan salah satu kota yang dilalui garis bujur nol derajat. Kota ini merupakan ibu kota dari Ghana. Kota ini juga merupakan kota terbesar di bagian selatah Ghana.

Nah itulah ketujuh kota di dunia yang dilalui oleh garis bujur nol derajat. Meskipun koordinatnya berbeda- beda namun semuanya dibawah garis khayal yakni garis bujur nol derajat. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!