5 Nama Kota Terpanjang di Dunia dan Letaknya

Sahabat, keragaman budaya di dunia menjadi hal yang sangat indah. Kebudayaan merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara atau daerah. Kebudayaan yang dimaksud meliputi adat istiadat, kebiasaan, busana, makanan, tempat tinggal hingga bahasanya. Maka dari itulah penting bagi kita untuk mempelajari bahasa negara lain karena bahasa merupakan kunci dari komunikasi. Oleh sebab bahasa yang berbeda-beda pula maka ditetapkanlah sebuah bahasa yang menjadi Bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris.

Namun, nama dengan bahasa lokal ini banyak digunakan sebagai nama tempat atau nama kota. Namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ternyata banyak sekali nama kota yang sangat panjang hingga bagi kita yang orang Indonesia sulit untuk mengucapkannya karena pelafalan yang berbeda. Nama- nama kota ini justru unik dan menjadi viral karena kepanjangannya. Penasaran kan, nama kota yang panjang tersebut? Baik, kali ini kita akan membahas mengenai nama- nama kota yang paling panjang di dunia dalam artikel ini.

Nama Kota Terpanjang di Dunia

Sejatinya nama tempat yang baik adalah nama yang simpel, mudah diingat dan mudah dilafalkan karena suatu tempat merupakan tujuan. Namun ternyata masih banyak nama- nama kota di dunia ini yang menggunakan nama panjang dan sulit untuk dilafalkan oleh kita. Meskipun demikian, bagi penduduk lokal nama tersebut bukan nama yang sulit diingat, dan beberapa diantaranya memiliki sebuat lain yang lebih mudah untuk diingat. Penasaran kan kota mana saja itu? Nah, berikut merupakan nama- nama kota terpanjang di dunia.

  1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piwan Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Waduh, namanya kok panjang sekali ya, pusing rasanya mengingat- ingat nama ini. tahukah Anda bahwa nama yang sangat panjang di atas merupakan nama lengkap dari Kota Bangkok yang diberikan oleh raja Budha Yodfa Chulaloke. Kemudian nama ini kembali diralat oleh raja Mongkut, yakni Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom menjadi Bangkok. Nama panjang dari kota Bangkok ini apabila diartikan kira- kira artinya menjadi “Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan penuh dengan istana kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu”. Nama lengkap kota Bangkok ini bahkan sudah terdaftar di dalam Guiness Book of Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia. Duh duh, benar- benar menakjubkan sekali ternyata nama kota Bangkok ini.

  1. Llanfairpwllgwyngyll, Wales

Duhh itu bacanya bagaimana ya, hampir semua hurufnya merupakan huruk konsonan. Nah itu adalah sebuah nama kota yang berada di Wales. Kota ini merupakan salah satu kota yang berada di pulau Anglesey di Wales. Kota ini juga merupakan kota yang memiliki nama terpanjang yang ada di negara Inggris lho. Di kota ini bahkan ada sebuah stasiun kereta api yang namanya lebih panjang dan sangat sulit untuk dieja orang Indonesia. Nama stasiun tersebut adalah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliog. Aduh ini bagaimana bacanya ya? Jika Anda berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk berfoto dibawah papan namanya ya.

  1. Truth or Consequences

Nama kota yang juga panjang selanjutnya adalah Truth or Consequences. Kota ini berada di New Mexico. Dulunya kota ini disebut dengan Hot Spring. Masyarakat kota ini masih merayakan Hari Ralph Edwards Day setiap tanggal 1 April. Kota ini berada di antara Albuquerque  dan Las Cruces. Kota ini juga menjadi markas Spaceport America yakni tempat Virgin Galactic dan SpaceX diluncurkan.

  1. Freixo de Espada a Cinta

Adalah sebuah kota di Portugal yang memiliki nama cukup panjang. Kota ini berada di kawasan Duoro Wine Region, Portugal. Kota ini merupakan salah satu kota yang indah dan terkenal karena bunga- bunga yang mekar ketika sebelum memasuki musim panas. Kota ini memiliki banyak teori tentang penjulukannya. Ada yang mengatakan bahwa nama aslinya berasal dari seorang bangsawan Gothic bernama Espadacinta, sementara sumber lain menyatakan bahwa kota itu muncul dari kepercayaan bahwa ada lengan yang membawa pohon pedang.

  1. Fuerstenfeldbruck

Sebuah kota indah di Jerman memiliki nama unik apabila dilafalkan lidah orang Indonesia. Kota ini merupakan kota indah yang dihuni oleh sekitar 35.000 jiwa yang berada di selatan Bavaria dekat dengan Five Lake Region. Banyak peninggalan sejarah yang berada di kota ini, seperti bekas kerajaan Boroque yang dibangun pada tahun 1263 oleh Ludwig II. Kota ini diakui pada abad ke 12 dan dinamai Furstenfeld yang lebih simpel.

Nah itulah beberapa kota yang memiliki nama terpanjang dan juga unik apabila dilafalkan orang Indonesia. Terlepas dari namanya yang panjang, kota itu pastilah memiliki flosofi dan makna tersendiri. Semoga mermanfaat untuk kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn