Perbedaan Gelombang Angin dan Gelombang Tsunami

Sebelum mengulas perbedaan antara gelombang laut yang disebabkan karena angin dengan gelombang tsunami, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai gelombang air laut.

Gelombang air laut adalah ombak laut yang memiliki ukuran besar. Laut atau samudera memiliki ukuran yang sangat luas sehingga disitu pasti terdapat ombak, dan ombak yang besar bisa juga dikatakan sebagai gelombang. Gelombang ini bisa berada di tengah- tengah lautan lepas namun bisa juga sampai di daerah pantai sehingga berpotensi untuk menerjang sesuatu yang ada di sekitar ekosistem pantai.

Di atas kita sudah memiliki gambaran mengenai gelombang laut, selanjutnya kita akan mengetahui perbedaan gelombang laut yang disebabkan oleh angin dan juga gelombang tsunami. Namun sebelum mengetahui perbedaan diantara keduanya, mari kita simak pengertian dari masing- masing gelombang tersebut.

Gelombang laut yang muncul karena adanya angin adalah gelombang laut yang muncul di permukaan laut. Kita semua tahu bahwa laut lepas pastilah diliputi oleh banyak sekali angin, terlebih pada pagi dan juga sore hari hingga malam. Pada saat- saat itulah muncul angin laut dan angin darat. Pada saat- saat tertentu gelombang yang diciptakan oleh angin bisa dalam ukuran besar, hal ini tergantung pada kekuatan angin yang muncul. Secara singkat, gelombang laut yang disebabkan oleh angin adalah gelombang yang terbentuk akibat dorongan angin. Seperti ketika kita meniup- niup permukaan air kemudian muncul gelombang.

Gelombang tsunami adalah gelombang yang terbentuk akibat adanya kekuatan tenaga endogen dari dalam Bumi, biasanya dalam bentuk gempa bumi yang episentrumnya di bawah laut dengan kedalaman dangkal. Gelombang ini bisa muncul dalam kekuatan besar dan kadang sedang, hal ini tergantung pada kekuatan endogen yang ada.

Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan gelombang angin dan gelombang tsunami, kita akan membaginya ke dalam beberapa poin antara lain sebagai berikut:

Gelombang Angin:

Gelombang laut yang disebabkan karena angin mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:

  • Muncul karena adanya hembusan angin di wilayah laut
  • Biasanya hanya terjadi di permukaan laut
  • Potensi merusak hanya sedikit
  • Muncul pada saat- saat tertentu seperti ketika datang waktu sore hingga dini hari dan ketika terjadi badai
  • Ditandai dengan cuaca yang buruk, seperti langit mendung atau hembusan angin yang besar

Nah itulah beberapa ciri dari gelombang air laut yang disebabkan karena hembusan angin. Selanjutnya adalah ciri- ciri dari gelombang tsunami.

Gelombang Tsunami

Gelombang tsunami adalah gelombang yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Muncul karena adanya kekuatan endogen yang berasal dari dalam bumi, seperti gempa bumi yang memiliki episentrum di bawah laut
  • Kekuatan gelombang tidak hanya di permukaan namun juga sampai ke dasar laut
  • Memiliki kekuatan besar yang bersifat merusak, karena dorongan yang besar dari dalam bumi
  • Munculnya disertai dengan tanda- tanda tertentu, seperti:
  • Setelah terjadi gempa yang episentrumnya di dasar laut
  • Air laut yang tiba- tiba surut
  • Banyak binatang yang berlarian menjauhi area laut
  • Terdengar suara gemuruh
  • Bisa terjadi bencana tsunami susulan apabila tenaga endogen masih terus muncul

Nah itulah beberapa karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh gelombang tsunami. Dari kedua gelombang telah kita ketahui masing- masing karakteristiknya. Dari keduanya pun sudah bisa kita simpulkan perbedaan gelombang angin dan gelombang tsunami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut