Jenis-jenis Keadaan Laut dan Cara Memantaunya

Laut adalah salah satu bentuk permukaan Bumi yang berupa perairan. Di Indonesia, laut merupakan bagian terbesar bahkan dibandingkan dengan ekosistem darat. Laut memegang peranan penting bagi dunia, karena sejatinya tidak hanya di Indonesia saja yang wilayah lautnya lebih besar daripada daratan namun di bumi ini jumlah daratan memang hanya 1/3 sementara perairan adalah 2/3 bagian. Oleh karena sangat penting dan berpengaruhnya laut bagi dunia maka kita perlu mengerti dan memahami keadaan laut. Pada kesempatan kali ini pun kita akan membahas mengenai keadaan laut.

Keadaan laut adalah hal yang sangat penting dan harus diketahui terutama bagi dunia pelayaran. Dalam Oseanografi (yaitu ilmu yang mempelajari tentang laut), keadaan laut merupakan kondisi umum permukaan bebas di wilayah perairan besar yang dipengaruhi oleh gelombang angin dan arus air di lokasi serta waktu tertentu. Keadaan laut ini meliputi berbagai hal seperti gelombang laut, kekuatan arus, panjang gelombang bahkan kekuatan angin itu sendiri. Keadaan laut ini dikarakterisasikan secara statistik, termasuk tingkat arus, periode serta spektrum kekuatan.

Gelombang laut juga dikenal dengan ombak. Apabila kita pergi ke laut lepas, maka kita akan merasakan bahwa permukaan air di laut tidaklah tenang, namun selalu berubah- ubah. Keadaan permukaan air laut yang selalu berubah- ubah inilah yang disebut dengan gelombang atau ombak. Gelombang berubah- ubah besarnya tergantung dengan keadaan. Terkadang gelombang akan terasa besar dan terkadang pun tenang. Gelombang yang terlalu besar tentunya akan berbahaya. Besar kecilnya gelombang ini tergantung kepada beberapa faktor dan salah satunya adalah angin dan cuaca.

Di wilayah lautan, kita akan menjumpai jenis- jenis angin, diantaranya adalah angin darat dan angin laut. Angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut. Angin ini bertiup pada malam hari biasanya. Sementara angin laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat, dan biasa bertiup pada pagi hari. Maka di saat-saat itulah kekuatan angin lebih besar daripada ketika di luar saat- saat tersebut.

Apakah Keadaan Laut Berubah-ubah?

Perlu kita ketahui bahwa keadaan laut sangat dipengaruhi oleh kekuatan angin. Hal ini mengindikasikan bahwa keadaan laut bisa berubah- ubah sepanjang waktu sesuai dengan kekuatan angin yang ada di laut tersebut. Apabila keadaan angin sedang kencang maka gelombang laut yang tercipta juga besar bahkan hingga beberapa meter dan bisa sampai di area ekosistem pantai. sementara apabila angin sedang tidak kencang maka gelombang laut pun juga tidak terlalu besar.

Apakah Keadaan Laut  Bisa Dipantau?

Mengenai keadaan laut yang dapat berubah- ubah sewaktu- waktu, apakah ini perlu diamati dan diperhatikan? Jawabannya tentu iya. Hal ini sangat dibutuhkan dan sangat penting terutama untuk dunia pelayaran mengingat medan utamanya adalah laut itu sendiri. lalu, siapakah yang bisa mengamati tentang keadaan laut ini? Keadaan laut bisa diamati oleh orang- orang yang berpengalaman seperti marinir yang sudah terlatih. Keadaan laut ini bisa dipantau melalui beberapa alat seperti pemantau cuaca, radar gelombang maupun satelit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Laut