17 Ciri-ciri Hutan Rawa Gambut dan Penjelasannya

Hutan Rawa GambutHutan merupakan salah satu aset kekayaan alam yang harus dilestarikan. Hutan ini mempunyai banyak sekali manfaat yang baik bagi kelangsungan ekosistem dan juga keseimbangan alam. Bila dijabarkan akan banyak sekali manfaat hutan bagi Bumi dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Maka dari itu hutan disebut sebagai aset Bumi yang harus dilestarikan.

Hutan sebagai aset atau kekayaan alam mempunyai berbagai jenis. Jenis- jenis hutan ini bisa dilihat dari berbagai aspek atau kategori setiap jenis hutan mempunyai ciri khasnya masing- masing yang dapat membedakannya dengan hautan- hutan yang lainnya. Salah satu jenis hutan yang kita kenal adalah hutan rawa gambut. Artikel ini akan membahas mengenai hutan rawa gambut, terkhusus pada ciri- ciri hutan atau karakter yang dimilikinya.

Ciri-ciri Hutan Rawa Gambut

Hutan rawa gambut merupakan salah satu hutan yang mempunyai jenis tanah gambut. Itulah hal yang paling mencolok dari tanah gambut ini. Hutan rawa gambut mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenis hutan lain. Ada beberapa ciri khas dari hutan rawa gambut yang perlu kita ketahui. Beberapa ciri khas dari hutan rawa gambut antara lain:

  1. Selalu digenangi oleh air

Salah satu ciri yang menandakan hutan rawa gambut adalah adanya air yang menggenang di sekitar hutan tersebut. Air yang menggenang ini jumlahnya banyak hingga mampu membentuk sebuah kolam, maupun rawa. Maka dari itulah hutan yang semacam ini dinamakan hutan rawa gambut.

  1. Mempunyai lapisan tanah gambut pada lantai hutan

Ciri khas selanjutnya yang dimiliki oleh hutan rawa gambut adalah mempunyai lapisan tanah yang berupa tanah gambut. Hal ini sesuai dengan nama hutan tersebut, yakni rawa gambut. Gambut merupakan salah satu jenis tanah yang bersifat tidak keras. Tanah gambut ini berada di lantai pada hutan ini.

  1. Mempunyai jenis perakaran yang khas

Ciri ketiga yang dimiliki oleh hutan rawa gambut adalah tanaman- tanamannya memiliki jenis perakaran yang  khas. Karena jenis tanah yang dimiliki hutan ini merupakan tanah gambut, maka cengkeraman akar tanaman pun tidak sekuat tanaman yang hidup pada jenis tanah yang padat lainnya, terlebih bagi tanaman yang ukurannya kecil.

  1. Mempunyai pohon yang beraneka jenis

Tidak seperti jenis hutan yang dilihat dari jenis tanaman yang tumbuh, hutan rawa gambut ini memiliki beraneka jenis tanaman. Tanaman- tanaman yang ada di hutan rawa gambut ini terutama tanaman yang habitatnya di tanah gambut.

  1. Tanahnya bersifat masam

Hutan rawa gambut merupakan salah satu jenis hutan yang mempunyai tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi bila dibandingkan dengan jenis tanah lainnya.

Baca juga: jenis-jenis tanah di Indonesia

  1. Mempunyai tanah yang berjenis lumpur, becek, dan juga rendah

Tanah di hutan rawa gambut ini merupakan tanah gambut. Bila dilihat secara kasat mata, tanah di hutan ini akan terlihat seperti jenis tanah lumpur yang becek dan juga rendah.

  1. Pepohonan yang tumbuh di hutan ini rata- rata tingginya mencapai lebih dari 40 meter

Hutan rawa gambut selain ditumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan, ternyata pepohonan yang berada di hutan ini bisa tumbuh subur dan tinggi. Bahkan tidak jarang jenis pohon yang hidup di hutan ini tingginya bisa mencapai lebih dari 40 meter.

  1. Kelangsungan hidup hutan ini tidak dipengaruhi oleh iklim

Sedikit berbeda dengan jenis tanaman- tanaman yang berada di hutan lainnya, tanaman ataupun binatang yang hidup di hutan ini kelangsungan hidupnya tidak dipengaruhi oleh iklim.

  1. Hutan ini terlihat selalu hijau

Hutan rawa gambut ini merupakan salah satu hutan yang selalu terlihat hijau. Jika hutan lainnya terkadang bisa berubah warna karena dipengaruhi oleh cuaca tertentu, maka hutan rawa gambut ini akan selalu terlihat hijau dan terlihat segar. Terlebih dipadukan dengan air rawa yang tergenang di hutan tersebut, maka akan semakin terlihat hijau, meski berada di musim kemarau sekalipun.

  1. Biasanya tumbuhan yang tumbuh memiliki jenis akar lutut dan tunasnya terendam air

Tumbuhan yang hidup di hutan rawa gambut ini mempunyai satu keunikan, yakni memiliki jenis akar lutut. Selain itu, tunas dari tanaman- tanaman yang tumbuh di hutan ini terendam oleh air rawa tersebut.

  1. Biasanya hutan jenis ini terdapat di belakang hutan payau

Hutan rawa gambut ini akan banyak atau mudah kita temukan di belakang hutan payau

  1. Biasanya terdapat pada tempat- tempat yang mempunyai sungai- sungai yang berukuran besar

Hutan rawa gambut ini banyak terdapat di wilayah yang mempunyai sungai- sungai dengan ukuran besar seperti di Kalimantan, Sumatera, dan lain sebagainya.

Baca juga: daftar sungai terpanjang di dunia

  1. Tanah di hutan ini mengandung bahan organik yang sangat tinggi

Tanah yang dimiliki oleh hutan rawa gambut merupakan jenis tanah yang kaya akan bahan organik. Bahan- bahan organik di tanah tersebut biasanya diperoleh dari sisa- sisa daun yang membusuk, sisa- sisa pohon, maupun makhluk hidup yang mati disana.

  1. Biasanya tanah hutan ini miskin akan humus

Karena tanah di hutan ini bersifat masam, maka kandungan humus yang dimiliki tanah di hutan ini biasanya hanyalah sedikit, sehingga tidak terlalu subur.

  1. Air yang ada di hutan ini berasal dari hujan

Air yang tergenang di kolam atau sekitaran hutan ntersebut banyak diperoleh dari hujan yang turun di lokasi hutan tersebut.

  1. Tanah yang berada di hutan ini umumnya berasal dari bahan kayu

Tanah di hutan rawa gambut ini mayoritas merupakan tanah yang berasal dari bahan kayu. Bahan- bahan kayu ini diperoleh dari sisa- sisa pepohonan yang telah mengering dan jatuh ke tanah.

  1. Biasanya air sungai di hutan ini berwarna hitam atau kemerahan

Air yang berada di sekitaran hutan rawa gambut ini merupakan air yang memiliki warna hijau ataupun kemerahan. Hal ini dikarenakan bercampur dengan sisa- sisa makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Itulah beberaca ciri khusus yang dimiliki oleh hutan rawa gambut. Seperti halnya hutan lainyya, hutan rawa gambut ini memiliki banyak fungsi yang akan berguna bagi lingkungan sekitarnya.

Baca juga: fungsi hutan bagi manusia – jenis-jenis hutan di Indonesia

, , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!