Tanah Padas : Pengertian, Karakteristik, Proses dan Persebarannya

Jenis jenis tanah ada bermacam- macam. Salah satu jenis tanah adalah tanah padas. Tanah pada ini merupakan tanah yang banyak kita temukan dai daerah- daerah seperrti pegunungan atau perbukitan, atau di daerah- daerah sungai. Tanah padas ini merupakan salah satu jenis tanah yang mempunyai  sifat padat, bahkan sangat padat. Kepadatan tanah ini terjadi karena kandungan mineral yang ada di dalamnya dikeluarkan oleh air yang terdapat pada lapisan tanah yang berada di atasnya. Sehingga tanah ini tadi menjadi tanah yang kosong tanpa kandungan yang ada di dalam tanah tersebut dan hanya bersisa lapukan dari batuan induk.

Tanah padas ini merupakan tanah yang menyerupai batuan. Karena teksturnya yang sangat padat ini menjadikan tanah ini keras seperti sebuah batu. tanah ini juga mempunyai warna yang tidak hitam. Warna dari tanah ini cenderung merah atau bahkan putih. Artikel ini akan membahas mengenai lebih detail mengenai tanah padas ini.

Karakteristik Tanah Padas

Tanah mempunyai beberapa jenis. Untuk membedakan jenis tanah satu dengan yang lainnya diperlukan adanya ciri- ciri khusus untuk mengenali tanah tersebut. Seperti halnya dengan tanah- tanah lainnya, tanah pada juga mempunyai ciri- ciri khusus yang akan membedakannya dengan jenis- jenis tanah lainnya. Beberapa ciri sifat fisik tanah  atau karakteristik dari tanah padas antara lain:

  1. Mempunyai tekstur atau bentuk tanah yang sangat padat

Salah satu yang ciri yang melekat kuat pada tanah padas dan sekaligus menjadi ciri khas dari tanah padas adalah kepadatannya yang luar biasa dibandingkan dengan jenis tanah lainnya, sehingga tanah ini akan lebih tampak sebagai batuan daripada tanah pada umumnya. Tanah padas ini mempunyai tekstur yang sangat padat karena kandungan mineral yang ada di dalam tanha tersebut sudah dikeluarkan oleh air. Sehingga tanah ini tidak mengandung minerl dan strukturnya terlihat sangat padas hingga menyerupai batu.

  1. Mempunyai kandungan organik yang sangat rendah

Tanah padas merupakan lapisan tanah yang tidak mempunyai kandungan bahan- bahan organik yang tinggi. Dengan kata lain, kandungan bahan organik yang ada dalam tanah tersebut berjumlah sangat rendah. Karena kandungan bahan organik yang rendah inilah tanah padas ini merupakan tanah yang tidak cocok untuk bercocok tanam. Hal ini karena kandungan organik yang rendah tersebut menandakan bahwa tanah padas ini bukanlah jenis tanah yang subur.

  1. Tidak mempuyai kandungan mineral

Tanah padas juga merupakan tanah yang tidak mengandung mineral. Hal ini karena kandungan mineral yang ada pada tanah padas ini telah dikeluarkan oleh air yang berada di lapisan tanah di atas tanah padas tersebut. Akibatnya, tanah padas ini merupakan tanah yang kosong karena tidak megandung kandungan mineral sama sekali (atau kalaupun ada hanya berjumlah sedikit). sperti yang kita tahu bahwasannya mineral merupakan zat yang penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena tanah padas ini tidak mengandung mineral sama sekali, dan ditambah tidak mengandung bahan- bahan organik, maka tanah padas ini semakin tidak cocok untuk pertanian.

  1. Peka terhadap erosi

Tanah padas merupakan jenis tanah yang sangat peka terhadap erosi tanah. Hal ini karena tanah ini tidak mempunyai cukup kandungan untuk dapat mempertahankan keutuhan struktur tanahnya, Jika struktur tanah ini tida dijaga dengan abik, akibatnya tanah tersebut akan mudah terkikis oleh air hujan dan semacamnya. Meskipun secara sifat struktus tanah padat, namun tanah ini ternyata sangat peka terhadap erosi pada tanah yang bisa terjadi setiap saat.

  1. Mempunyai sifat sangat sulit menyerap air

Tanah padas merupakan tanah yang mempunyai sifat sulit untuk menyerap air. Namun meskipun sulit, tanah padas ini tetap mampu atau bisa untuk menyerap air.

  1. Biasanya dimanfaatkan untuk infrastuktur bangunan

Karena strukturnya yang sangat padat dan karena tanah jenis ini tidak cocok digunakan untuk lahan pertanian ataupun perkebunan, maka tanah padas ini biasanya dimanfaatkan di bidang insfrakstuktur bangunan. Misalnya dibuat pondasi- pondasi bangunan gedung bertingkat, stadion, hingga gudang- gudang yang besar karena teksturnya yang padat dan juga kokoh sehingga  mampu menopang banguan besar yang berada di atasnya.

  1. Mempunyai suhu yang tinggi

Tanah padat merupakan jenis tanah yang mempunyai suhu yang tinggi bila dibandingkan dengan suhu dari jenis tanah yang lainnya.

  1. Biasanya terletak di lapisan tanah bagian bawah

Tanah padas merupakan jenis tanah yang biasanya ditemukan di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. tanah padas ini biasanya akan didahului oleh beberapa jenis tanah lainnya. Tanah padas ini akan ditemukan setelah kita menggalin pada kedalaman beberapa meter di dalam tanah. Oleh karena letaknya yang berada di kedalaman tertentu dan juga karena ditindih oleh lapisan- lapisan tanah yang ada di atasnya maka  tanah ini menjadi bertekstur padat dan tidak mepuntai kandungan air dan juga kandungan mineral.

Itulah beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh tanah padas. Dari ciri- ciri yang dimiliki oleh tanah padas tersebut sudah terlihat bahwa tanah padas merupakan salah satu jenis tanah yang tidak dimanfaatkan dalam bidang pertanian seperti kebanyakan tanah lainnya. Namun tanah padas ini dimanfaatkan dalam bidang lain yang sama- sama bermanfaat bagi manusia.

Proses Terbentuknya Tanah Padas

Tanah padas merupakan tanah yang berstruktur keras dan padat hingga menyerupai batu. Hingga saat ini masih jarang sumber yang menjelaskan mengenai proses terbentunya tanah tanah padas ini. Namun, secara sekilas, tanah padas ini mepunyai kemiripan dengan tanah kapur.

Pemanfaatan Tanah Padas

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya tanah padas ini merupakan tanah yang mempunyai strukstur keras dan padat. Hal ini akan mengindikasikan bahwa tanah ini merupakan jenis tanah yang tidak cocok digunakan dalam bidang pertanian. Mengingat arena tanah padas ini juga bukan merupakan suatu jenis tanah yang subur. Oleh karena itu tanah padas lebih sering sering dimanfaatkan dalam bidang yang lainnya. (baca : ciri tanah subur dan tidak subur)

Salah satu pemanfaatan dari tanah padas ini adalah untuk membuat infrastuktur sebuah banguan. Tanah padas yang memiliki tekstur keras dan juga kokoh ini akan menjadi pondasi yang kuat dan sangat baik bagi suatu bangunan, terebih bagi bangunan yang besar dan memerlukan pondasi yang kuat.

Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas

Suatu jenis tanah memang ada sisi positif dan sisi negatifnya, begitupun mengenai tanah padas ini. tanah padas mempunyai sisi yang positif dan sisi negatifnya atau kekurangannya. Mengenai sisi poitif atau kelebihan dari tanah padas ini sudah dijelaskan sebelumnya pada pemanfaatan tanah padas. Sedangakan kekurangan tanah padas atau sisi hegatif dari tanah padas adalah sebagai berikut:

  • Tanah padas bukan merupakan tanah yang subur sehingga tidak cocok untuk ditanami suatu tanaman.
  • Tanah padas sangat peka terhadap erosi sehingga tanahnya mudah terkikis
  • Tanah padas mempunyai sifat sulit menyerap air sehingga tiadk mudah menyimpan cadangan air yang bisa digunakan suatu saat nanti.

Persebaran Tanah Padas di Indonesia

Tanah padas bukanlah merupakan suatu jenis tanah yang terbilang khusus ada di wilayah daerah tertentu. Tanah padas ini dapat dengan mudah kita temui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tanah padas dapat kita jumpai di daerah- daerah dataran tinggi secara merata di Indonesia. Maka dari itu kita akan lebih mudah menjumpai tanah padas ini di wilayah dengan ketinggian tertentu daripada di wilayah yang rendah.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai tanah padas ini. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanah
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!