Mengapa Air Di Bumi Tidak Pernah Habis? Ini Penjelasannya

Mungkin anda pernah berpikir dan bertanya “mengapa air di bumi tidak pernah habis? Darimanakah datangnya air ini? Apakah air bisa berkurang?”. Pertanyaan ini merupakan sebuah pertanyaan yang bagus terkait dengan air. Air adalah sebuah sumber kehidupan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dan juga mahkluk hidup baik tumbuhan dan hewan.

Kita lihat saja pagi ini mungkin anda setelah bangun mengambil air untuk diminum, atau sebelum berangkat kerja anda juga membuat secangkir kopi dengan air.

Tanpa adanya supply air yang baik sebagai manusia kita akan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Tubuh kita sendiri sangat membutuhkan air untuk menjalani kehidupan sehari – hari, kemudian air juga digunakan untuk kegiatan lainnya seperti mandi, membersihkan diri, dan juga untuk bercocok tanam.

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai darimana datangnya air dan mengapa air di bumi ini tidak pernah habis, Berikut ini adalah penjelasan secara alamiah dan berdasarkan ilmu pengetahuan.

Darimana Air Bumi Berasal?

Pertanyaan pertama yang mungkin bisa terjawab adalah darimana air ini berasal. Bumi kita ini menyimpan air dalam jumlah yang sangat banyak di dalamnya. Mungkin anda tidak akan percaya, bahwa di bawah permukaan bumi yang sering kita injak ini memiliki banyak sekali sumber air bumi yang selalu siap sedia untuk kita gunakan. Bukan hanya itu air di bumi juga bisa berasal dari lapisan atmosfer, gunung berapi, laut dan samudera, sungai, dan danau.

Lebih dari jutaan tahun air ini terus mengalami proses pendauran ulang melewati berbagai media yang sudah kita sebutkan di atas. Proses ini yang menyebabkan bahwa air yang ada di bumi bisa terus kita nikmati.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sumber air berasal dari:

  • Di bawah permukaan bumi.
  • Dari atmosfer (udara yang ada di bumi).
  • Dari aliran sungai, danau, dan juga lautan.
  • Gunung berapi.

Selanjunya kita akan membahas mengenai mengapa air ini tidak habis – habis, apakah memang jumlahnya sangat banyak hingga persediaan air di bumi tidak bisa habis?

Mengapa Air Di Bumi Tidak Pernah Habis?

Bumi adalah sebuah planet yang sangat menarik untuk dipelajari. Planet yang ditinggali manusia ini memiliki beberapa kelebihan dan juga keunikan lainnya dibandingkan planet – planet lain yang tidak berpenghuni, salah satunya adalah ketersediaan air. Walaupun beberapa penemuan terkini sangat mungkin di Mars bisa ditemui adanya air, tapi Mars memiliki paparan radiasi tinggi yang membahayakan bagi manusia, sedangkan di Bumi tidak.

Dalam hal persediaan air, bumi memiliki keistimewaan dalam hal menyimpan persediaan air. Menurut seorang volcanologist, yang bernama Jim Webster, bumi sangatlah efisien dalam hal menyimpan air dalam jumlah yang besar. Air, mengalami penguapan ke udara melalui atmosfer tapi kecil kemungkinannya untuk bisa menuju ke luar atmosfer. Hal ini dikarenakan suhu di ketinggian atmosfer tertentu sangatlah dingin yang menyebabkan uap air berubah menjadi kristal.

Karena adanya gaya gravitasi kemudian kristal tersebut turun lagi kembali ke bumi. Nah, air yang turun ke bumi dalam bentuk hujan ini akan terserap kembali ke dalam bumi yang kemudian disimpan oleh bumi kembali.

Kejadian ini merupakan sebuah siklus yang bisa disebut dengan siklus hidrologidimana siklus ini berjalan sepanjang waktu tanpa pernah berhenti, bahkan saat anda membaca artikel ini. Itulah salah satu penyebab dari mengapa air di bumi ini sangat sulut untuk habis.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Air

Supply air di bumi memang sangat banyak dan mungkin tidak akan pernah habis, tapi ada satu hal yang harus menjadi perhatian anda. Stok air di bumi memang sangat melimpah, tapi perlu diingat bahwa air bersih tidak selalu tersedia. Pada kenyataannya akses air bersih ini hanya ada di beberapa negara yang ada di dunia ini, termasuk Indonesia.

Tidak semua wilayah di bumi ini memiliki resapan yang baik, atau proses siklus air yang baik. Ada beberapa tempat yang sangat jarang terjadi hujan sehingga menyebabkan kekeringan dan menjadikan tempat tersebut kekurangan air bersih. Beberapa fenomena seperti angin, dan aliran sungai juga merupakan faktor yang menentukan aliran atau supply air. Jadi walaupun air di bumi ini hampir sama jumlahnya dari tahun ke tahun tapi di beberapa tempat jarang bisa terjangkau air, terutama air bersih.

Lebih dari satu juta penduduk di dunia hidup tanpa supply air bersih yang cukup, mereka kekurangan pasokan air bersih. Selain itu perubahan iklim dan cuaca juga mempengaruhi dalam berkurangnya pasokan air bersih yang ada di dunia. Beberapa sumber air bersih mulai berkurang di beberapa titik di negara yang sebelumnya memiliki sumber air bersih.

Kesimpulan

Pasokan air di bumi ini tidak akan habis karena adanya sebuah siklus yang terjadi secara alami. Siklus ini disebut dengan siklus hidrologi, dimana proses berjalannya air akan selalu kembali ke bumi, disimpan, dialirkan, dan juga bisa digunakan oleh manusia.

Menjaga resapan air juga merupakan tugas kita sebagai manusia, karena jika tidak menjaga dengan baik proses hidrologi ini tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan bisa menimbulkan berbagai bencana seperti banjir dan tanah longsor.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hidrologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!