8 Ciri-Ciri Beruang Kutub yang Perlu Diketahui

Jika kita mendengar beruang kutub mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa mereka termasuk hewan yang hidup di daerah kutub. Seperti yang kita ketahui jika kawasan kutub merupakan tempat paling dingin di Planet Bumi. Dan tidak banyak makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan yang dapat bertahan hidup di tempat tersebut. Lalu apakah beruang kutub sama dengan beruang yang berbeda di tempat lain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri – ciri beruang kutub yang perlu diketahui. Mari kita simak!

  1. Mempunyai lapisan lemak yang sangat tebal

Beruang kutub hidup di daerah yang cukup dingin dan selalu tertutup oleh salju sepanjang tahun. Oleh kerena itu, beruang kutub dilengkapi dengan lapisan lemak yang sangat tebal yang terletak di bawah kulitnya. Lapisan lemak yang dimiliki oleh beruang kutub memiliki ketebalan kurang lebih 10 cm, sehingga cukup untuk menahan panas tubuh. Selain itu, lapisan lemak tersebut berfungsi sebagai mantel atau jaket alami agar beruang kutub tidak merasa kedinginan. Tidak hanya itu saja, beruang kutub juga dilengkapi dengan bulu yang sangat tebal, lebat, panjang serta halus sehingga saat beruang kutub berenang masuk ke dalam air mereka tidak akan kedinginan dan ada satu hal unik yaitu bulu mereka tidak akan basah sebab kulit mereka mempunyai kelenjar minyak yang membantu tubuhnya tetap kering saat berenang.

  1. Hanya dapat ditemukan di Kutub Utara

Untuk bertemu dengan beruang kutub, kita harus pergi ke tempat paling utara bumi, tepatnya Kutub Utara atau Benua Artik. Namun juga tidak jarang beruang kutub juga banyak ditemukan di Kanada Utara dan Siberia. Tempat – tempat tersebut sangat cocok sebagai tempat tinggal sebab suhu dan iklimnya sesuai dengan morfologi tubuh beruang kutub. Di tempat tersebut juga mempunyai suhu rata – rata pada musim dingin sekitar -34 derajat celcius bahkan bisa mencapai -69 derajat celcius.

  1. Ukuran tubuh yang besar dan berwarna putih

Beruang kutub termasuk ke dalam spesies terbesar dari semua beruang yang ada di bumi. Beruang kutub memiliki tinggi rata – rata saat berjalan antara 1 – 1,5 meter dan saat berdiri dengan kedua kaki belakang tingginya bisa mencapai lebih dari 3 meter untuk beruang kutub jantan. Rata –rata berat dari beruang kutub jantan dewasa sekitar 351 – 544 kilogram bahkan ada yang memiliki berat hingga 1000 kilogram. Sedangkan untuk berat dari beruang kutub betina dewasa bisa mencapai 50 – 295 kilogram.

Ciri khusus yang hanya dimiliki oleh beruang kutub yaitu warna bulunya yang berwarna putih. Pada kenyataannya bulu tersebut tidaklah berwarna putih melainkan transparan. Warna putih yang dihasilkan merupakan pantulan dari salju yang bertebaran di lingkungan sekitar. Terkadang juga ditemukan beruang kutub yang mempunyai warna bulu kekuningan ketika musim panas bahkan terkadang muncul warna coklat ataupun abu – abu. Kelebihan dari bulu tersebut yaitu membantu beruang untuk berkamuflase dan juga memudahkan penyerapan penyinaran matahari langsung ke kulit.

  1. Tidak melakukan hibernasi saat musim dingin

Saat musim dingin tiba, biasanya hewan – hewan seperti tupai, beruang grizzly, kelinci dan lain sebagainya akan melakukan tidur panjang atau lebih dikenal dengan nama hibernasi. Tetapi tidak dengan beruang kutub. Justru ketika musim dingin tiba, beruang kutub akan sibuk mencari makanan, kecuali ketika musim dingin yang datang terlalu ekstrim mereka akan memilih mencari tempat perlindungan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada beruang kutub betina, mereka memilih untuk melakukan hibernasi saat musim dingin terutama bagi yang sedang hamil.

  1. Memiliki indra penciuman yang sangat tajam

Sebagai mamalia terbesar dan termasuk hewan karnivora, indra penciuman adalah bagian terpenting yang harus dimiliki oleh beruang kutub. Maka tidak heran jika beruang kutub mempunyai indra penciuman yang sangat tajam bahkan mampu mengetahui keberadaan mangsanya berupa anjing laut, meskipun berada di bawah lapisan es setebal 1,5 meter. Tidak hanya itu saja, mereka juga mampu mencium keberadaan bangkai ikan paus pada jarak 20 mil.

  1. Perenang yang handal

Sebenarnya beruang kutub termasuk mamalia laut hal ini disebabkan sebagian besar waktunya dihabiskan untuk berenang di laut. Tidak heran jika beruang kutub memiliki kekuatan kaki yang tidak diragukan lagi, hal ini terbukti bahwa mereka dapat berjalan, berlari hingga berenang dengan jarak bermil – mil jauhnya. Ketika berenang beruang kutub menggunakan kaki depannya dan kaki belakang berfungsi sebagai kemudi. Saat menyelam beruang kutub akan menutupkan lubang hidungnya dengan kondisi mata terbuka, sehingga mereka dapat mengejar mangsanya saat berada di dalam air. Hal yang membuat beruang kutub disebut perenang yang hebat yaitu kemampuannya untuk berenang sejauh 60 mil dengan kecepatan 10 – 11 km per jam tanpa berhenti.

  1. Berburu untuk bertahan hidup

Beruang kutub termasuk hewan karnivora dan anjing laut adalah makanan utamanya. Anjing laut memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi sehingga dapat membantu beruang untuk dapat menumpuk lemak pada lapisan kulit mereka dan juga sebagai sumber cadangan susu bagi beruang betina. Setiap hari beruang kutub membutuhkan 2 kg lemak atau setara dengan 55 kg anjing laut. Kebutuhan lemak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai energi selama 8 hari ke depan. Jika tidak menemukan anjing laut, beruang kutub dapat berburu hewan lain seperti rusa, ikan, tikus, burung dan lain sebagainya. Hal yang perlu diketahui juga yaitu bahwa keberhasilan beruang kutub untuk menangkap mangsanya hanya sekitar 2 persen dari total keseluruhan usahanya.

  1. Beruang betina melahirkan 2 – 3 anak

Musim kawin beruang kutub biasa terjadi sekitar musim panas atau pada bulan Maret – Juni dan diperkirakan bayi – bayi beruang akan lahir sekitar bulan Desembar – Januari atau ketika musim dingin tiba. Beruang kutub betina biasanya akan melahirkan bayi di dalam lubang tumpukan salju yang merupakan sarang. Selama periode kehamilan beruang betina akan menggali sarang tersebut yang berada di antara salju sebagai tempat tinggal selama musim dingin. Bayi – bayi beruang yang telah lahir memiliki ukuran sebesar tikus, buta dan tidak memiliki bulu, sehingga sang induk akan menjaga anak – anaknya untuk tetap di dalam sarang selama kurang lebih 28 bulan.

Nah, itulah tadi beberapa ciri – ciri dari beruang kutub yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi