Sejarah Fenomena Lingkaran Tanaman (Crop Circle) – Teori – Contoh Peristiwanya

crop-circles

Lingkaran Tanaman atau Crop Cicle adalah pola misterius yang biasanya tergambar di sebuah ladang membentuk berbagai pola dan kejadiannya pun terjadi dalam waktu yang singkat. Fenomena lingkaran tanaman atau crop circle ini kebanyakan ditemukan di benua Eropa atau UK tapi beberapa tahun ini sudah tersebar di berbagai daerah di dunia.

Beberapa kasus dari crop circle ini menginspirasi berbagai peneliti, buku, blog dan website, dan bahkan film Hollywood untuk membuat karya seputar lingkaran tanaman dan crop circle ini. Walaupun beberapa orang tertarik untuk mempelajari mengenai crop circle dan lingkaran tanaman ini tapi bahkan sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri bagaimana cara membuat crop circle dan lingkaran tanaman tersebut.

Sejarah Crop Circle (Lingkaran Tanaman)

Dipercaya bahwa fenomena lingkaran tanaman dan crop circle ini sudah ada sejak jauh bertahun tahun yang lalu. Lingkaran tanaman atau crop circle ini mulai muncul di berbagai tempat di Inggris pada tahun 1980an, dan kemunculan crop circle sangat beragam mulai dari pola yang sederhana, sampai dengan pola yang membutuhkan perhitungan matematika yang kompleks.

crop circle julia set
Julia Set – Crop Circle 1996

Beberapa orang juga mengklaim bahwa crop circle pertama muncul di Australia pada tahun 1966, dimana beberapa petani di Australia mengklaim mendengar dan melihat sebuah pesawat aneh di sekitar ladang mereka, dan ketika mereka melihat lebih dekat sudah ada pola crop circle di ladang mereka.

Salah satu crop circle yang paling terkenal di dalam sejarah yaitu lingkaran tanaman yang muncul pada tahun 1996, dan berbentuk pola yang disebut dengan Julia Set. Lingkaran tanaman tersebut muncul dengan sangat cepat dan menurut beberapa orang mengatakan bahwa tidak mungkin orang membuat pola tersebut dengan cepat.

Teori Terbentuknya Lingkaran Tanaman dan Crop Circle

Banyak orang mempercayai bahwa pembuatan lingkaran tanaman dan crop circle ini adalah buatan manusia, namun beberapa teori juga menyebutkan bahwa tidak mungkin manusia membuat crop circle ini dengan cepat tanpa meninggalkan jejak dan bukti apapun tertinggal di ladang tersebut.

Tapi harus diakui bahwa fenomena alam dari lingkaran tanaman ini memang nyata ada. Sampai sekarang ada beberapa peneliti dan ahli yang meneliti mengenai lingkaran tanaman ini sehingga fenomena ini cukup menarik perhatian bagi peradaban manusia.

Teori terbentuknya lingkaran tanaman yang paling terkenal adalah bahwa crop circle ini dibentuk dan dibuat oleh alien yang sengaja datang ke bumi untuk memberikan pesan kepada penduduk bumi. Apakah alien itu ada? Hal tersebut masih benar-benar misteri dan para ahli astronomi juga masih dalam penyelidikannya.

Kemudian ada juga beberapa teori yang menyebutkan bahwa lingkaran tanaman merupakan sebuah fenomena sains, timbul karena energi bumi yang tidak dapat terdeteksi yang disebut dengan ley lines. Sementara itu terdapat beberapa crop circle yang memang sengaja dibuat dengan berbagai tujuan seperti sebagai strategi marketing, kemudian memperkenalkan sebuah daerah seperti yang ada di daerah Kediri, Indonesia.

Ada juga teori dimana crop circle dan lingkaran tanaman ini dibuat menggunakan teknik teknologi yang disebut dengan Sattelite based Microwave System. Itulah di beberapa kejadian crop circle atau lingkaran tanaman ini terkadang alat komunikasi tidak bisa digunakan. Teori ini berdasarkan sebuah surat elektronik rahasia yang tersebar di internet belakangan ini.

Poin yang ditekankan dari beberapa peniliti lingkaran tanaman dan crop circle ini, mereka menyatakan memang benar bahwa kebanyakan dari crop circle memang dibuat oleh seseorang dengan tujuan hanya untuk membuat heboh media, tapi ada beberapa kejadian yang memang para peneliti ini tidak bisa menjelaskan bagaimana pembuatan crop circle ini.

Contoh dan Dampak yang Terjadi dari Crop Circle

Crop circle sendiri memiliki dampak yang tidak terlalu besar. Secara umum dampak yang ditimbulkan dari sebuah lingkaran tanaman dan crop circle sendiri biasanya hanya sekedar kehebohan publik yang muncul sesaat setelah munculnya lingkaran tanaman dan crop circle ini. Berikut adalah beberapa contoh crop circle terkenal yang pernah muncul yang cukup menghebohkan :

  • Julia Set Stonehenge

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pada tahun 1996, muncul sebuah lingkaran tanaman di Inggris yang menghebohkan karena pola yang muncul sangatlah rumit. Fenomena crop circle ini menjadikan banyak perdebatan mengenai bagaimana cara membuatnya, karena tidak mungkin bahwa ini buatan manusia karena dibuat dengan sangat cepat.

  • Crop Circle Intel Nvidia 
crop circle intel nvidia

Sekitar tahun 2013, di California muncul sebuah crop circle yang cukup menghebohkan. Dan, ternyata Intel mengkonfirmasi bahwa merekalah yang membuat crop circle tersebut dengan tujuan memasarkan produk terbaru mereka.

  • 7.7.7 Crop Circle 

Seperti judulnya crop circle ini diketahui keberadaannya pada 7 juli 2007, di daerah east field, Inggris. Seseorang petani disekitar crop circle itu menyebutkan bahwa crop circle ini dibuat hanya dalam waktu 7 menit saja, dimana dia mengklaim bisa membuktikannya melalui beberapa kamera yang direkam melalui kamera amatir milikinya bersama beberapa temannya. Tapi di beberapa kesempatan hal ini juga dibantah oleh beberapa orang bahwa pembuatan crop circle ini hanya 7 menit.

  • Mozilla Crop circle
Mozilla Crop circle

Mozilla Firefox yang merupakan sebuah perusahaan teknologi ini juga membuat sebuah crop circle yang cukup terkenal. Didesain dan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, kemudian dibuat dengan waktu 2 hari oleh 12 orang mahasiswa dari Oregon State University (OSU).

  • Vitruvian Man Crop Circle
Vitruvian Man Crop Circle

Salah satu lingkaran tanaman dan crop circle yang paling indah yang pernah ada. Berbentuk seperti manusia yang memiliki sayap layaknya kupu – kupu yang sangat indah. Lingkaran tanaman ini ditemukan di Belanda, dan masih belum jelas siapa yang membuat crop circle yang sangat indah ini. Lingkaran tanaman atau crop circle ini ditemukan tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2009.

  • Crop Circle Burung Phoenix
Crop Circle Burung Phoenix

Salah satu lingkaran tanaman yang ditemukan di Yatesbury, Inggris ini cukup populer. Pola yang digambarkannya pun cukup mengejutkan dan sering dikaitkan dengan akhir jaman yang akan terjadi pada 12 Desember 2012 yang lalu.

Nah itulah penjelasan dan fakta-fakta mengenai lingkaran tanaman atau crop circle. Apakah kamu juga penasaran? Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menjawab rasa penasaranmu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Fenomena Alam