10 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Air Tanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Kita mengetahui banyak orang memanfaatkan air sumur atau air dari dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sejatinya, air tanah memiliki peran penting untuk menjaga tersedianya bahan baku rumah tangga dan industri serta menjaga keseimbangan bahan baku tersebut.

Apakah pengertian air tanah? Menurut beberapa ahli, air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur, terowongan atau sistem drainase hingga bahkan dengan sistem pemompaan. Air tanah dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan.

Proses terjadinya air tanah disebabkan oleh air hujan yang sebagian besar mengalir ke permukaan seperti sungai, danau, atau rawa. Sebagian dari air hujan tersebut akan meresap ke dalam tanah dan jika berjalan terus menerus menuju zona jenuh maka air tersebut akan menjadi air tanah. Letak air tanah dapat mencapai beberapa puluh bahkan ratusan meter di bawah permukaan bumi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan air tanah yang wajib diketahui dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kelebihan Air Tanah

1. Pemenuh kebutuhan hidup

Di dalam diri manusia sendiri secara sebagian besar mengandung air. Kehidupan kita tidak bisa lepas dari air. Manusia mampu bertahan hidup dengan tidak makan dalam kurun waktu tertentu, namun manusia tidak bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air. Air tanah dapat dimanfaatkan untuk keperluan air minum, mandi, memasak, mencuci dan lain sebagainya. Pada umumnya, setiap rumah dilengkapi dengan sumur tanah dengan kedalaman dari 5 sampai 15 meter disesuaikan dengan daerah tempat tinggal atau kondisi tanah di daerah yang akan dibuat sumur.

2. Sebagai irigasi

Sistem irigasi harus didukung dengan ketersediaan air yang cukup dan salah satu solusi dari persediaan air untuk irigasi adalah keberadaan air tanah. Irigasi merupakan hal yang penting dalam bidang pertanian. Semisal petani dapat membuat sumur bor kemudian memompa air dari dalam sumur menuju ke permukaan tanah untuk kemudian di alirkan ke sawah. Keberadaan air tanah ini akan membantu petani jika curah hujan rendah atau memasuki musim kemarau.

3. Penyedia air bersih

Keuntungan dari air tanah adalah sebagai penyedia air bersih secara alami. Air tanah yang tertutup di dalam tanah, telah melewati penyaringan secara alami di dalam dengan batu-batuan yang memang dikenal sebagai penyaring air alami sehingga kebersihan air tanah pun lebih terjamin. Salah satu ciri dari air tanah yang baik adalah jernih, tidak berasa dan tidak berwarna, mempunyai PH netral dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya seperti bakteri E coli. Air tanah lebih baik bila dibandingkan dengan air permukaan yang rentan terhadap pencemaran air karena tidak terlindung oleh media lain.

4. Sebagai pembangkit listrik

Seperti yang kita ketahui bahwasanya pembangkit listrik tenaga air atau PLTA sering menggunakan air permukaan seperti waduk, sungai atau danau. Namun, ternyata air tanah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. Seperti di daerah Gombong Selatan yang memang daerah tersebut belum tersentuh oleh teknologi listrik dari PLN, sehingga masyarakatnya berinisiatif untuk penerangan dengan membuat pembangkit listrik yang bersumber dari aliran sungai bawah tanah. Caranya dengan membendung aliran air bawah tanah yang kemudian dipompa ke atas dan dialirkan menuju rumah daya untuk menjadi penggerak turbin untuk menghasilkan listrik.

5. Sebagai laboratorium alam

Keberadaan air tanah di dalam gua dapat digunakan peneliti sebagai laboratorium alam. Karena letaknya yang agak terbuka membuat sumber air tanah di gua cukup mudah untuk diteliti. Banyak hal yang dapat diteliti pada air tanah di dalam gua, pasalnya banyaknya organisme unik yang mendiami air tanah dan sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut.

6. Pemenuh kebutuhan industri

Industri juga memerlukan air sebagai bahan baku mereka. Salah satu industri yang membutuhkan air sebagai bahan baku adalah industri air minum dalam kemasan. Selain itu ada pula industri batik yang membutuhkan air untuk proses pembuatan kain batik dengan pemenuhan kebutuhan air berasal dari air tanah.

Kekurangan Air Tanah

1. Banyak tereksploitasi

Air tanah memang tergolong ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun begitu air tanah dieksploitasi dengan sangat pesat. Pengambilan air tanah secara terus menerus mengakibatkan jumlah volume air tanah semakin berkurang, ini akan berdampak pada para petani atau perumahan yang hanya bergantung pada penggunaan air tanah saat musim kemarau tiba dan mendapati stok air yang tinggal sedikit atau habis.

2. Menimbulkan tanah longsor

Berkurangnya volume air tanah dapat menyebabkan penurunan muka tanah yang jika dibiarkan akan berakibat penurunan pada dataran tanah. Selain mengakibatkan adanya ruang kosong di dalam tanah yang mengakibatkan amblesnya permukaan tanah, kekurangan air tanah mengakibatkan juga penurunan dataran tanah yang membuat letak daerah yang berada di pesisir atau dataran rendah menjadi mudah banjir atau terendam air laut.

3. Kontaminasi air

Banyak penelitian yang menunjukkan beberapa daerah di Indonesia masih memiliki kualitas air tanah yang buruk. Air tanah yang sudah terkontaminasi tidak akan hilang hanya dengan dimasak saja karena memasak air hanya menghilangkan bakteri dan bukan kandungan kontaminasi di dalam air tanah. Air tanah yang terkontaminasi dan tetap dikonsumsi akan menimbulkan beragam gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan, hipertensi, ancaman dalam perkembangan mental dan fisik bayi dan lain sebagainya.

4. Rugi waktu dan biaya

Memanfaatkan air tanah sudah jelas akan membutuhkan tenaga dan waktu lebih untuk melakukan proses penggalian dan pengambilan air tanah untuk disalurkan ke dalam rumah. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit karena selain membeli peralatan yang dibutuhkan, kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli kebutuhan air jika terjadi masalah atau stok air habis.

Nah, itulah tadi kelebihan dan kekurangan air tanah yang wajib diketahui dan berguna untuk kelangsungan hidup kita. Dengan begitu kita dapat belajar melindungi air tanah dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hidrologi