5 Perbedaan Lembah dan Jurang dan Penjelasannya

Bentuk permukaan Bumi tidak rata seperti bidang datar. Ada banyak sekali ketidakrataan yang ada di permukaan Bumi. Ada bentuk permukaan Bumi yang menonjol ada pula yang cekung. Beberapa contoh kenaampakan permukaan Bumi yang cekung antara lain adalah jurang dan juga lembah. Kita pasti telah mengetahui tantang lembah dan juga jurang. Jurang biasanya sangat dalam dengan dasar yang berupa ekosistem sungai maupun lainnya yang semakin ke bawah semakin menyempit. Sementara lembah biasanya berupa dataran rendah yang lebih subur dan bentuknya pun juga lebar. Secara umum, jurang dan lembah merupakan dataran yang lebih rendah daripada lainnya. Namun diantara jurang dan juga lembah ini tentu memiliki beberapa macam perbedaan. Beberapa perbedaan antara jurang dengan lembah antara lain sebagai berikut:

  1. Dinding pembatas yang terjal dan landai

Secara teori, pengertian lembah dan jurang adalah dataran rendah yang diapit oleh dua sisi ketinggian atau lebih. Lalu apakah yang membedakan dinding atau sisi pembatas dari jurang dan lembah? Lembah adalah dataran rendah yang diapit oleh dua sisi ketinggian atau lebih yang terjal ataupun landai. Sisi pembatas kanan kiri dari lembah ini bisa berupa tanah dataran tinggi. Sementara itu sisi pembatas yang mengapit jurang ini adalah dinding- dinding yang terjal dan biasanya berdinding lancip. Dinding- dinding pengapit jurang ini biasanya berupa batuan- batuan alam yang terbentuk secara alami.

  1. Dasar lembah dan jurang

Selain dari sisi dinding pembatas, perbedaan lembah dan jurang juga terdapat pada dasar. Dasar lembah dan dasar jurang ini biasanya berbeda. Dasar lembah biasanya berupa dataran rendah yang ditumbuhi banyak tumbuhan dan bersifat landai. Dasar lembah biasanya juga bisa digunakan sebagai pemukiman penduduk atau tempat tinggal makhluk hidup. Sementara itu dasar jurang biasanya berupa sungai ataupun dataran yang berbatu. Dasar jurang lebih sedikit ditumbuhi tanaman apabila dibandingkan dengan dasar lembah.

  1. Ukuran lembah dan jurang

Selanjutnya adalah ukuran dari lembah dan jurang yang mempunyai perbedaan. Perbedaan ukuran dari lembah dan jurang ini terlihat dari lebarnya. Lembah memiliki ukuran yang lebih besar dan juga lebar. Biasanya ukuran lembah dari atas hingga ke dasar ukurannya sama atau menyerupai bentuk huruf U. Sementara itu untuk ukuran jurang berbeda. Jurang memiliki ukuran yang semakin ke dasar semakin menyempit. Sehingga bisa kita lihat bentuk dari jurang ini menyerupai huruf V yang semakin menyempit ketika mendekati dasar.


  1. Kehidupan di dasar

Perbedaan jurang dan lembah bisa dilihat dari kehidupan di dasarnya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kehidupan di dasar lembah ini biasanya ditempati oleh berbagai makhluk hidup seperti tumbuh- tumbuhan ataupun  binatang, bahkan manusia. Bentuk dasar lembah yang lebar ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk makhluk hidup. Suhu yang lebih hangat juga memberikan dukungan untuk kehidupan. Sementara itu kehidupan di dasar jurang lebih sedikit daripada dasar lembah karena dasar jurang biasanya berupa sungai atau daratan yang menyempit.

  1. Kesuburan di dasar

Selanjutnya adalah kesuburan di dasar lembah atau jurang. Kesuburan tanah di dasar lembah lebih subur daripada di dasar jurang. Maka dari itulah kehidupan di dasar lembah lebih banyak daripada di dasar jurang.


Nah itulah beberapa perbedaan dari lembah dan juga jurang. Secara umum perbedaan yang sangat terlihat dari lembah dan juga jurang adalah bentuknya, dinding pembatas dan juga keadaan dasarnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi