6 Danau di Papua yang Terindah dan Sayang untuk Dilewatkan

Mengenal Papua sudah tidaklah asing di telinga masyarakat Indonesia. Terkenal memiliki potensi alam yang sangat luar biasa, menjadikan Papua sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi oleh para petualang sejati. Kenampakan alam Papua tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari wilayah pesisirnya hingga daerah pegunungan yang juga dikenal sebagai gunung abadi bersalju di garis khatulistiwa.

Namun keindahan Papua tidak berhenti sampai di sana saja. Para penjelajah alam masih dapat menemukan tempat – tempat indah lainnya yang ada di Papua, salah satunya yaitu danau. Perlu diketahui jika danau yang ada di Papua cukup banyak, dan semua danau tersebut memiliki karakteristik dan bentuk yang berbeda – beda. Tentunya sebagai penjelajah sudah barang tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini ketika berkunjung ke Papua. Meskipun pada kenyataannya untuk menuju ke danau – danau tersebut membutuhkan perjuangan dan akses yang cukup sulit, namun semua itu terbayarkan ketika berhasil mencapai danau tersebut. Lalu danau apa saja yang berada di Papua, berikut daftarnya!

1. Danau Sentani

Danau Sentani adalah danau paling terkenal di Papua. Danau ini berada di sebelah selatan Kabupaten Jayapura dan memiliki luas mencapai 9.360 ha serta kedalaman 70 meter di bawah permukaan laut. Danau Sentani masuk ke dalam wilayah cagar alam Pegunungan Cycloops yang memiliki pesona alam dan juga nilai budaya yang cukup tinggi bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya keindahan alamnya saja, Danau Sentani juga mempunyai sumber daya alam yang cukup melimpah sebut saja pohon pinang, pohon matoa (buah asli Papua) hingga pohon kayu putih yang banyak tumbuh di sekitar danau. Untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Danau Sentani, setiap satu tahun sekali pemerintah setempat sering mengadakan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. Untuk menuju Danau Sentani, bisa ditempuh selama kurang lebih 15 menit dari bandara Sentani.

2. Danau Kamakawalor

Danau Kamakawalor merupakan danau yang bisa ditemukan di Lobo, Kecamatan Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Karena keindahannya, tidak heran jika Danau Kamakawalor menjadi tempat wisata alam yang tepat untuk dikunjungi. Tidak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun asing datang ke Danau Kamakawalor.

Menurut masyarakat sekitar, Danau Kamakawalor merupakan danau dengan luas yang sama dengan wilayah tempat danau itu berada. Untuk menuju Danau Kamakawalor tidaklah sulit dan sudah tersedia beragam fasilitas pendukung ketika ingini mengunjungi danau ini.

3. Danau Rombebai

Danau ini terletak di tepi Sungai Memberamo atau sekitar 20 km dari Samudera Pasifik. Danau Rombebai termasuk danau terbesar kedua setelah Danau Sentani yaitu dengan luas danau mencapai 137 ha. Kerena lokasinya yang cukup dekat dengan Samudera Pasifik, pada musim – musim tertentu masyarakat setempat sering menemukan hiu masuk ke dalam perairan danau air tawar tersebut. Hal tersebut cukup biasa terjadi sebab danau ini termasuk danau terbuka dan dekat dengan Sungai Memberamo, sehingga pada musim hujan aliran sungai cukup deras untuk menuju ke Samudera Pasifik. Tidak hanya keindahan alamnya saja, sumber daya alam yang terdapat di Danau Rombebai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa pihak. Di salah satu sisi danau terdapat sumber gas alam yang melimpah jumlahnya dan saat ini sudah dikelola oleh AED Oil sebuah perusahaan eksplorasi minyak dan gas.

4. Danau Tigi

Keindahan Papua tidak berhenti sampai di sini. Masih ada danau lain yang tidak kalah indah dan menyajikan panorama alam yang memukau apa lagi jika bukan Danau Tigi. Untuk dapat bertemu dengan Danau Tigi, pengunjung harus pergi menuju lembah pegunungan Deiyai. Di kawasan ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang berada di tengah – tengah Danau Tigi bernama Pulau Duamo. Para wisatawan tidak hanya dapat melihat keindahan danau saja, tetapi juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau bahkan mengeksplor Danau Tigi dengan menggunakan perahu yang disewakan di sekitar danau. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di sekitar danau  dan menikmati keindahan danau di malam hari sambil bercengkrama dengan masyarakat sekitar. Tidak heran jika Danau Tigi dikenal pula sebagai danau dengan sejuta keindahan.

5. Danau Imfote atau Danau Love

Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura terdapat sebuah danau dengan bentuk yang cukup unik yaitu menyerupai bentuk hati atau love sehingga tidak heran banyak yang menyebut Danau Imfote dengan sebutan Telaga Cinta atau Danau Love. Bentuk danau ini akan semakin jelas terlihat jika pengunjung melihat dari atas bukit yang berada di sekeliling danau. Tidak heran jika bukit – bukit tersebut banyak dimanfaatkan sebagai tempat foto yang tepat bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan moment saat berkunjung ke Danau Imfote. Ada dua pilihan alternatif transportasi untuk bisa mengunjungi tempat ini, pertama melalui jalan darat dengan rute Kota Jayapura melewati Kecamatan Genyem atau melalui Kecamatan Keerom. Sedangkan jalur air bisa dilalui menggunakan perahu atau speedboat dari Pelabuhan Yahim yang berada di belakang Bandara Sentani kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan motor atau mobil menuju Danau Imfote.

6. Danau Teluk Youtefa

Sesuai namanya, sebenarnya danau ini adalah teluk yang dikelilingi oleh tanjung. Danau Teluk Youtefa berada di Enggros, Kota Jayapura dan berada di antara Tanjung Saweri dan Tanjung Pie. Tidak heran jika Danau Teluk Youtefa memiliki pemandangan alam yang asri, sejuk dan indah untuk dikunjungi.  Selain itu, pemandangan di sekitar Danau Teluk Youtefa juga berbeda dari danau – danau pada umumnya. Dikelilingi oleh hutan mangrove dan juga hutan sagu menjadikan Danau Teluk Youtefa seperti surga tersembunyi di Papua. Keunikan lain yang dimiliki oleh danau ini, terdapat pulau kecil yang berada di bagian tengah danau yaitu Pulau Engros dan Pulau Tobati. Tidak jauh dari Danau Teluk Youtefa terdapat Gunung Mher yang menjulang tinggi dan terdapat sebuah goa yang dikeramatkan dan disucikan oleh masyarakat sekitar. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, goa tersebut merupakan asal suku Tobati dan Enggros yang hingga saat ini menempati Danau Teluk Youtefa. Tidak heran jika Danau Teluk Youtefa menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Itulah tadi beberapa danau – danau yang ada di Papua. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Danau
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!