7 Contoh Lipatan dan Patahan yang ada di Indonesia

Lipatan dan patahan merupakan bentuk-bentuk permukaan bumi yang terbentuk akibat dari aktivitas lempeng yang ada di dalam bumi. Bentuk- bentuk permukaan bumi tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Diantaranya ada gunung dan pegunungan, ada lembah, bukit dan perbukitan, jurang dan lain sebagainya. Hal tersebut justru akan menambah keindahan keadaan di bumi. Lipatan dan patahan akan berkontribusi besar untuk membentuk berbagai macam bentuk muka bumi tersebut. Adanya lipatan dan juga patahan ini akibat dari tenaga yang berasal dari dalam bumi atau biasa kita sebut sebagai tenaga endogen.

Pengertian Lipatan dan Patahan

Kita tentu pernah menidengar atau bahkan familiar dengan lipatan dan juga patahan. Lipatan atau Fold merupakan suatu gelombang pada lapisan tanah yang terjadi karena adanya proses diatropisme atau proses pembentukan lapisan bumi yang tidak tercampuri oleh aktivitas vulkanisme. Lipatan juga merupakan suatu struktur geologi yang biasa kita jumpai pada batuan sedimen. Jenis- jenis lipatan ada banyak sekali diantaranya meliputi: lipatan tegak, lipatan miring, lipatan menggantung, lipatan isoklinal, lipatan rebah dan lipatan sesar.

Sementara patahan merupakan bentuk permukaan bumi yang terjadi karena aktivitas lempang bumi. Seperti halnya lipatan, patahan juga terdiri atas berbagai macam. Macam- macam patahan ini dibedakan karena bentuk yang dimilikinya. Beberapa bentuk patahan ini meliputi: patahan vertikal, patahan horizontal, block mountain dan juga oblique. Itulah pengertian dari lipatan dan juga patahan yang terjadi di bumi. Kita mungkin kurang menyadari bahwa sebenarnya patahan dan lipatan ini juga terjadi di sekitar kita. Hal ini dibuktikan dengan keadaan bumi kita yang tidak sama rata di bagian permukaannya. Maka dari itulah kita akan membahas mengenai contoh lipatan dan patahan yang ada di permukaan bumi.

Contoh Lipatan dan Patahan

Lipatan dan Patahan merupakan suatu hal yang biasa terjadi di permukaan Bumi. Kita bisa membuktikannya melalui kenampakan alam di permukaan Bumi. Beberapa hasil patahan dan lipatan juga terdapat di wilayah Indonesia. Beberapa contoh lipatan dan juga patahan yang berada di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  1. Contoh Lipatan

bukit barisanLipatan yang terjadi di permukaan Bumi dapat kita temukan di wilayah Indonesia. Beberapa contoh lipatan yang berada di wilayah Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Bukit Barisan

Bukit barisan yang membentang di Pulau Sumatera merupakan salah satu contoh dari lipatan. Bukit ini merupakan hasil bentukan dari aktivitas lempeng- lempeng yang ada di bawah permukaan Bumi, yakni lempeng tektonik yang bergerak.

  • Pegunungan Tengger

Selain bukit barisan, contoh dari lipatan lainnya adalah pegunungan Tengger. Pegunungan Tengger merupakan pegunungan yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur. Pegunungan ini terbentuk karena adanya aktivitas dari lempeng bumi yang aktif.

  • Pegunungan Ijen

Contoh dari lipatan lainnya adalah pegunungan Ijen. Pegunungan Ijen merupakan hasil dari aktivitas lempeng – lempeng bumi yang bergerak atif di bawah permukaan bumi.

Nah itulah beberapa contoh dari lipatan yang ada di permukaan Bumi. Jika kita lihat dari contoh diatas maka contoh lipatan ini berupa tonjolan yang ada di permukaan Bumi


  1. Contoh Patahan

patahan semangkoSelain lipatan, ada pula contoh patahan. Beberapa contoh patahan juga bisa kita temukan di wilayah Indonesia. Beberapa contoh patahan di wilayah Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Patahan Semangko

Contoh patahan yang ada di Indonesia adalah Patahan Semangko. Patahan Semangko ini membentang mulai dari Aceh hingga Semaka, Provinsi Lampung.

  • Patahan Lembang

Contoh Patahan selanjutnya adalah patahan Lembang. Patahan Lembang ini berada di wilayah Bandung.

  • Patahan Opak

Selanjutnya ada patahan Opak. Patahan Opak merupakan patahan yang berada di wilayah Yogyakarta.

  • Patahan Flores

Patahan Flores merupakan patahan yang ada di wilayah Flores, Provinsi Nusa Tenggara.

Itulah contoh-contoh dari lipatan dan patahan yang ada di wilayah Indonesia. Patahan- patahan dan lipatan yang ada di wilayah Indonesia ini merupakan bentuk kenampakan alam yang ada di permukaan bumi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geologi