6 Kenampakan Buatan di Kalimantan dan Detailnya

Alam di Bumi adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kenampakan alam yang ada di permukaan Bumi ini berupa kenampakan alam daratan dan juga kenampakan alam perairan. Keduanya menyatu menjadi sebuah biosfer yang merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup yaitu manusia, binatang dan tumbuhan. Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia memanfaatkan alam sebagai tempat hidup dan alat untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan jasmani maupun rohani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berupa pemenuhan unsur fisik, sementara kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang tidak berupa unsur fisik, seperti kebutuhan akan hiburan.

Berbagai kepentingan manusia membuat manusia mengubah beberapa bentuk dari alam. Beberapa kenampakan buatan sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai macam kepentingan. Di sudut bumi manapun akan kita temukan berbagai kenampakan buatan oleh manusia. beberapa contoh dari kenampakan alam yang dibuat oleh manusia diantaranya adalah danau buatan, bendungan, bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, kawasan industri dan lain sebagainya. Kenampakan- kenampakan buatan seperti ini banyak manfaatnya, selain sebagai penunjang aktivitas juga bisa sebagai tempat hiburan atau rekreasi. Salah satu pulau yang akan kita bahas kenampakan buatannya adalah pulau Kalimantan. Untuk mengetahui lebih jelas dan lebih detail, mari kita simak  bahasan di bawah ini.

Sebagai pulau yang paling luas di Indonesia, Kalimantan mempunyai berbagai kenampakan buatan yang jumlahnya banyak. Meskipun demikian, kenampakan buatan di Pulau Kalimantan tidak sebanyak di Pulau Jawa karena memang penduduk Kalimantan tidak sepadat di Pulau Jawa. Nah, beberapa kenampakan buatan di Kalimantan antara lain sebagai berikut:

  1. Bandara

Salah satu kenampakan buatan yang dimiliki oleh pulau Kalimantan adalah bandara. Bandara merupakan rumah singgah bagi pesawat terbang yang merupakan alat transportasi udara. Bandara dibangun setidaknya membutuhkan tanah yang luasnya hingga berhektar- hektar karena besar pesat sendiri juga luar biasa. Di Bnadara dibangun landasan udara yang berupa jalan aspal yang halus dan lurus sebagai landasan pesawat yang akan terbang maupun mendarat. Selain itu, bandara biasanya juga dibuat menjauhi pemukiman penduduk. Oleh karena arenanya yang berjauhan dengan pemukiman, dan kenampakan landasan terbang yang lurus maka bandara menjadi tempat ynag menarik, terlebih ketika ada pesawat yang lepas landas atau mendarat, sehingga banyak yang mengunjungi. Beberapa bandara yang berada di Pulau Kalimantan diantaranya adalah:

  • Bandara Sultan Hasanudin: di Ujung Pandang
  • Bandara Panarung: di Palangkaraya
  • Bandara Tjilik Riwut: di Palangkaraya
  • Bandara Sepingan: di Balikpapan

Itulah beberapa bandara yang ada di Pulau Kalimantan. Bandara- bandara ini tentu saja memiliki banyak kegunaan bagi masyarakat Kalimantan.

  1. Pelabuhan

Jika alat transportasi udara memiliki rumah yang berupa bandara, selanjutnya adalah alat transportasi laut. Alat transportasi laut berupa kapal. Kapal berlabuh di pelabuhan. Sama seperti bandara, pelabuhan juga dibuat oleh manusia dengan memanfaatkan wilayah yang luas. Hal ini disesuaikan dengan ukuran kapal yang rata- rata juga besar. Selain sebagai tempat penyeberangan dan berlabuhnya kapal, pelabuhan juga seringkali menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh banyak orang. Adapun beberapa pelabuhan yang dapat kita temukan di wilayah Pulau Kalimantan antara lain sebagai berikut:

  • Pelabuhan Pontianak: Kalimantan Barat
  • Pelabuhan Banjarmasin: Kalimantan Selatan

Nah itulah pelabuhan yang ada di wilayah Kalimantan. Pulau Kalimantan yang besar, ternyata hanya memiliki dua pelabuhan.

  1. Bendungan atau Waduk

Bendungan atau waduk merupakan cekungan besar yang sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu. Biasanya waduk atau bendungan dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk irigasi atau pengairan. Namun selain itu, bendungan atau waduk yang memiliki pemandangan indah juga biasa digunakan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga. Salah satu bendungan atau waduk yang besar di Kalimantan adalah Waduk Riam Kanan. Apa perbedaan waduk dan bendungan? Waduk sumber airnya berasal dari sungai atau air hujan, sedangkan bendungan sebagai tempat menampung air yang berasal dari waduk. Maka dari itu bendungan digunakan sebagai pencegah banjir dan tanah longsor.

  1. Terminal

Terminal juga merupakan tempat transportasi umum sebagai rumah singgah bagi bis baik antar kota maupun antar provinsi. Terminal ada di mana- mana, bahkan di setiap kota terkadang ada lebih dari satu terminal. Ada banyak sekali terminal yang ada di Kalimantan diantaranya adalah terminal Antar Negara dan Terminal Sekadau.

  1. Kawasan Industri

Kawasan industri terdiri atas berbagai macam pabrik dan juga tempat- tempat lain yang ada kaitannya dengan industri. Kalimantan sebagai pulau yang banyak produk industrinya, tentunya banyak sekali kawasan industri. Adapun beberapa kawasan industri yang terkenal di Kalimantan antara lain adalah kawasan industri Mandor dan kawasan industri Muluminung.

  1. Kawasan Pertambangan

Pulau kalimantan adalah pulau kaya raya yang mempunyai banyak sekali kekayaan tambang seperti emas, gas alam, minyak bumi dan lain sebagainya. Nah, kawasan pertambangan ini juga merupakan kenampakan buatan. Beberapa kawasan pertambangan yang ada di wilayah kalimantan antara lain pertambangan batu bara Sangatta.

Nah itulah berbagai kenampakan buatan di Kalimantan. Semoga bermanfaat untuk kita semua sehingga kita mengetahui lebih banyak mengenai kekayaan yang dimiliki oleh Kalimantan.

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai kenampakan alam buatan yang ada di Indonesia, silahkan tonton video berikut:

, ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!