12 Cara Menanggulangi Gempa Bumi Dahsyat

Indonesia menjadi bagian dari dunia yang memiliki kondisi alam luar biasa indah. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan kondisi yang memang cukup beresiko terkait kondisi geografisnya. Berdasarkan berbagai data, Indonesia merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi di dunia, karena memiliki kondisi area dengan tektonik yang sangat aktif. Hal ini bisa memberikan dampak bencana alam yang cukup sering dan tidak terprediksi.

Contohnya adalah beberapa sesar (patahan) aktif yang terkenal di Indonesia yaitu Sesar Sumatera, Sesar Cimandiri di Jawa Barat dan sesar Palu-Koro di Sulawesi. Selain itu ada sesar naik Flores, sesar naik Wetar, dan sesar geser Sorong. Semua sesar ini aktif dan memungkinkan terjadinya bencana alam khususnya gempa. Pergerakan ini seringkali terjadi dengan skala Gempa dangkal (kedalaman 0 – 50 km) yang terjadi pada periode 1900 – 1995 dengan 5,5 skala richter atau lebih membuktikan bahwa beberapa lokasi merupakan daerah aktif gempa di Indonesia.

Gempa bumi merupakan salah satu peristiwa yang terjadi dengan ciri bergetarnya kulit bumi atau kerak bumi akibat adanya energi dari dalam bumi ataupun dari tenaga endogen maupun eksogen. Kekuatan ini dirasakan hingga ke permukaan bumi, sehingga hal ini bisa sampai terasa manusia yang menempati bagian permukaan bumi.

Bumi seringkali mengalami gempa mengingat lempengan tektonik yang ada di bawah bumi terus aktif dan melakukan gesekan, tumbukan serta faktor lain yang dilakukan dari dalam bumi. Sebenarnya hal ini wajar mengingat bumi terus berputar dan terus aktif memproduksi berbagai inti bumi.

Pergerakan tersebut akan terasa jika memiliki magnitudo yang memang besar dan juga disebabkan faktor yang melibatkan banyak hal. Selain itu gempa bumi bisa terjadi akibat adanya gunung berapi aktif yang nantinya menimbulkan getaran. Mengingat Indonesia berada di jalur cincin api, dimana jalur tersebut merupakan tempat hidupnya gunung berapi aktif yang dapat meletus kapan saja.

Berbicara soal gempa bumi maka kita berbicara soal pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat khususnya warga Indonesia. Mengingat apa yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia, seperti halnya gempa Palu, gempa Lombok dan lainnya menjadikan masyarakat Indonesia lebih waspada dan menginginkan cara untuk menanggulangi atau cara mengatasi gempa bumi. Nah untuk anda yang ingin tahu berikut ini beberapa caranya :

Dalam penanggulangan bencana alam khususnya gempa bumi ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa mengatasi masalah gempa bumi. Pertama adalah penanggulangan yang dilakukan sebelum gempa terjadi:

  • Pertama pastikan anda tahu area yang anda tinggali, biasanya masyarakat hanya menempati sebuah daerah atau tempat tanpa perduli hal sejenis itu. Padahal sangat penting mengenali area sendiri, seperti dekat dengan pantai atau tidak, bagaimana konstruksi dan struktur tanahnya, bagaimana kondisi alamnya, bagaimana anda mendapatkan area untuk evakuasi jika tahu ada beberapa tempat yang tidak sesuai dengan anda.
  • Biasakan untuk meletakan barang yang sangat berat dibawah dan jangan ditumpuk, menghindari adanya gempa bumi dan menyebabkan benda tersebut jatuh
  • Perbaiki kabel yang rusak menghindari kesetrum dan lainnya
  • Periksa pondasi rumah, dan usahakan untuk mencari area seperti lapang agar bisa menyelamatkan diri ketika terjadi gempa.

Jika terjadi gempa bumi, ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan tidak boleh terserang rasa panik yang menjadikan anda hanya bisa diam atau mengurung diri karena ketakutan. Hal seperti ini akan membahayakan anda dan keluarga. Lakukan beberapa penanggulangan yaitu :

  • Segeralah keluar dari bangunan ataupun ruangan yang sedang anda tempati.
  • Utamakan diri anda sendiri dan jangan barang
  • Carilah tanah yang lapang di sekitar, hal ini akan berguna untuk anda yang memang sedang berada di area bangunan banyak. Gempa biasanya menyebabkan keruntuhan
  • Jika anda berada di pantai maka jauhi pantai dan usahakan untuk menyelamatkan diri tanpa ada bangunan di sekitar. Khawatir gempa berasal dari laut dan menyebabkan Tsunami

Tindakan yang bisa anda lakukan setelah gempa terjadi yaitu :

  • Periksa keluarga dan kondisi anda, apakah ada yang terluka atau hilang dan sebagainya
  • Biasanya sesaat setelah gempa mengalami masalah komunikasi atau masalah yang menyebabkan kota lumpuh total. Seperti listrik tidak ada, air, dan sinyal maka usahakan terus bersama keluarga.
  • Jika semua baik-baik saja maka bantu orang sekitar untuk bisa melihat orang lain, dan juga membantu orang sekitar mendata apakah mereka kehilangan orang atau keluarganya
  • Hubungi pihak yang bisa diberikan informasi, biasanya setelah bencana alam terjadi satgas atau tim khusus akan menangani masalah ini.

Itulah deretan bagaimana cara menanggulangi gempa bumi yang bisa anda lakukan. Pastikan selalu diri anda dan keluarga serta nyawalah yang paling utama dibandingkan barang atau harta anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!