Sumber Daya Alam Hewani dan Manfaatnya

Sumber daya alam sangatlah beragam, tidak terkecuali salah satunya adalah sumber daya alam hewani. Sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang didapatkan dari hewan-hewan yang sifatnya dapat diperbarui ( baca : Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya ). Adapun cara pembaruan dari sumber daya alam hewani adalah dengan cara mengembangbiakkannya. Pembagian dari sumber daya ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu perikanan dan peternakan ( baca : Jenis-jenis Sumber Daya Alam ). Berikut adalah penjelasan dari 2 macam tersebut:

1. Perikanan

Wilayah Indonesia yang sebagian besarnya berupa perairan ini memiliki potensi sumber daya alam hayati yang baik. Hasil laut Indonesia juga dapat dikatakan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perikanan Indonesia yang diekspor ke luat negeri.

Ikan merupakan bahan pangan yang saat ini banyak digemari oleh negara lain, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak hasil pangan yang berbahan dasar ikan laut. Tingkat konsumsi ikan hingga saat ini memang selalu meningkat, hal ini disebabkan karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan laut sangat tinggi. Salah satu negara di Asia yang memiliki tingkat konsumtifitas ikan tinggi adalah Jepang.

Artikel terkait : Sumber Daya Alam Laut

2. Peternakan

Sumber daya alam hewani yang kedua adalah dari peternakan. Peternakan di Indonesia cukup banyak, adapun pembagian peternakan disini diantaranya adalah hewan ternak besar, hewan ternak sedang, hewan ternak kecil dan unggas. Berikut adalah penjabaran dari masing-masing pembagian peternakan tersebut:

  • Hewan Ternak Besar

Hewan ternak besar disini antara lain adalah sapi, kuda dan kerbau. Pada awalnya kelompok hewan ternak besar ini dimanfaatkan untuk keperluan bertani seperti membajak sawah, hal-hal lain seperti kuda yang digunakan untuk menarik delman atau gerobak yang bahkan hingga digunakan untuk mengangkut beban. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kelompok hewan jenis ini kemudian dimanfaatkan semuanya, mulai dari dagingnya, kulitnya, susu bahkan hingga tulangnya.

Artikel terkait : Cara Melestarikan Flora dan Fauna

  • Hewan Ternak Sedang

Yang termasuk dalam kelompok hewan ternak sedang diantaranya adalah kambing, domba dan babi. Kelompok hewan jenis ini memang sudah banyak berkembang di berbagai daerah. Perkembangan dan budidaya ternak jenis ini didasari karena pengaruh kebudayaan, sehingga ada beberapa orang yang mengatakan bahwa peternakan jenis ini adalah peternakan kebudayaan.

Artikel terkait : Potensi Sumber Daya Alam

  • Hewan Ternak Kecil

Kelompok hewan jenis ini salah satunya adalah kelinci. Umumnya kelinci dipelihara sebagai hewan hias, akan tetapi ada di beberapa daerah tertentu yang memanfaatkan kelinci untuk dijadikan sebagai bahan pangan. Hingga saat ini sudah banyak peternak kelinci yang membudidayakannya, sehingga tidak heran jika saat ini sudah banyak berbagai jenis kelinci yang berkembang.

  • Hewan Ternak Unggas

Kelompok hewan jenis ini saat ini banyak ditemukan di berbagai daerah. Adapun hewan-hewan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain adalah angsa, ayam, burung puyuh dan entog. Budidaya unggas memang sudah banyak, terutama pada budidaya ayam dan burung puyuh. Pada budidaya ayam sendiri saat ini sudah ada yang namanya ayam petelur yang secara khusus hanya menghasilkan telur untuk dijual bukan untuk dibudidayakan.

Artikel terkait : Cara Melestarikan Sumber Daya Alam di Bumi


Pemanfaatan

Sumber daya alam hewani yang budidayanya sangat luas saat ini pemanfaatannya juga beragam. Berikut adalah pembagian dari pemanfaatannya tersebut:

  • Bahan PanganPemanfaatan sumber daya alam hewani dalam bahan pangan diantaranya adalah hewan-hewan dari yang terbesar hingga terkecil akan dimanfaatkan dagingnya untuk diolah menjadi bahan pangan, kemudian hewan-hewan yang menghasilkan telur akan dijual telurnya, yang kemudian telur tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain. Selain itu hewan-hewan yang menghasilkan susu nantinya susu tersebut akan diolah lebih lanjut menjadi bahan pangan seperti keju dan lain sebagainya
  • Bahan Sandang – Pemanfaatan sumber daya alam hewani dalam bahan sandang diantaranya adalah dimanfaatkannya serat dari kepompong ulat sutera untuk dijadikan kain sutra, wol yang berasal dari bulu domba hingga pemanfaatan kulit dari sapi, ular bahkan buaya untuk dijadikan tas, jaket, dompet dan lain sebagainya yang memiliki nilai jual tinggi. ( baca : Manfaat Sumber Daya Alam )
  • Kesehatan – Pemanfaatan sumber daya alam hewani dalam bidang kesehatan diantaranya adalah madu alami yang bersal dari lebah madu dapat dijadikan sebagai obat, susu dari kambing yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan, bahkan hingga air liur dari burung walet yang dipercaya oleh kebanyakan orang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina tubuh bahkan untuk kesehatan kulit.

Sumber daya alam hewani merupakan sumber daya alam hayati yang dapat diperbarui. Adapun yang termasuk sumber daya alam hayati selain sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam nabati ( baca : Sumber Daya Alam Tumbuhan ). Jika diatas telah dijelaskan bahwa sumber daya alam hewani berasal dari hewan, maka sumber daya alam nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan. Lalu apa manfaatnya ? Berikut penjelasannya:

  • Sumber Daya Pangan – Hasil dari tumbuh-tumbuhan seperti padi, jagung, ubi dan lain sebagainya saat ini sudah banyak diolah untuk dijadikan bahan pangan setiap harinya. Selain terhindar dari bahan kimia, bahan pangan dari tumbuhan memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi.
  • Kebutuhan Sandang – Tumbuhan seperti kapas dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan sandang yang seratnya bermanfaat untuk dibuat karung goni.
  • Obat-obatan – Beberapa jenis tanaman seperti kayu putih, cengkeh, daun serih dan lain-lain dapat diolah menjadi obat tradisional yang mujarab. Bahkan saat ini sudah tidak perlu repot dalam pengolahannya, karena obat-obatan tersebut dapat ditemukan di apotek.
  • Bahan Bangunan – Adapun kayu yang berada di hutan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan atau bahkan dapat diekspor ke luar negeri karena kualitasnya yang bagus seperti kayu jati. Hal ini tentunya akan menambah devisa negara dari hasil penjualan kayu tersebut ke luar negeri. ( baca : Pemanfaatan Hutan )
  • Apotik Hidup – Jenis tumbuhan obat-obatan seperti jahe, kunyit dan temulawak dapat dibudidayakan di pekarangan rumah menjadi apotik hidup. Hal ini tentunya perlu diterapkan karena apabila terserang penyakit ringan seperti masuk angin dapat diobati terlebih dahulu menggunakan obat tradisional yang telah ditanam di pekarangan rumah.
  • Bahan Industri – Adapun jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk bahan industri perkebunan antara lain adalah teh dan kopi. Saat ini perkebunan teh dan kopi di Indonesia sudah banyak, sehingga tidak heran apabila banyak produk teh dan kopi di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Tidak hanya itu, bahkan sudah ada produk kopi dari Indonesia yang disukai oleh negara asing.

Artikel terkait : Pengolahan Limbah Industri – Sistem Pengolahan Limbah Cair

Itulah pembahasan tentang macam dan pemanfaatan dari sumber daya alam hewani serta penjelasan singkat tentang sumber daya alam nabati.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi