7 Cara Pemanfaatan Flora dan Fauna sebagai Sumber Daya Alam

Pengertian flora dan fauna merupakan sumber daya alam yang keberadaannya tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Sebagai sumber daya alam, ia tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan hidup kita sebagai manusia. Sumber daya alam secara garis besar terbagi menjadi 2 yakni:

  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, berarti sumber daya ini tidak habis, dalam artian jumlahnya tidak terbatas. Contohnya tumbuh-tumbuhan, hewan, air, udara, dan sebagainya.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yakni sumber daya alam yang terbatas jumlahnya. Ketika ia dipakai secara terus-menerus, dalam batas tertentu ia akan habis dan tidak dapat diadakan kembali. Contohnya, batubara, emas, minyak bumi, dan sebagainya.

Bisa dikatakan, kelangsungan hidup manusia sedikit banyak akan tergantung dari ketersediaan flora dan fauna. Beberapa manfaat dari flora dan fauna sebagai sumber daya alam nabati dan hewani, beriku cara pemanfaatan flora dan fauna sebagai sumber daya alam:

  1. Sumber pangan

Flora dan fauna merupakan sumber pangan utama bagi manusia. Sebut saja untuk golongan flora seperti beras, gandum, singkong, buah-buahan, dan sebagainya. Serta fauna di mana termasuk hewan ternak dan produk turunannya merupakan kebutuhan utama manusia untuk sumber pangan sehari-hari. Sumber pangan ini tidak akan pernah habis jika manusia terus mengembangbiakannya.

Di negara kita sendiri, Indonesia, kurang lebih ada sekitar 400 jenis tanaman penghasil buah, 370 tanaman penghasil sayuran, dan ratusan jenis hewan dan ikan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Keanekaragaman hayati di Indonesia ini tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia.

  1. Peternakan

Tempat untuk membudidayakan hewan ternak ini tidak hanya bermanfaat untuk sumber pangan. Namun, juga sebagai aktivitas ekonomi manusia. Hewan ternak dapat dijual kemudian hasinya dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

  1. Perikanan

Tak jauh berbeda dengan peternakan. Jika peternakan sebagai tempat untuk hewan-hewan ternak yang umumnya hidup di darat, perikanan lebih fokus menjadi tempat pengembangbiakan ikan dan segala biota yang ada di air seperti air tawar, payau, maupun asin.

  1. Sumber pendapatan/devisa

Berbagai jenis kayu yang ada di hutan Indonesia dapat dijadikan sebagai bahan baku industri kerajinan dan perabotan rumah tangga. Beberapa jenis hewan dan bagian dari tumbuhan pun bisa dimanfaatkan oleh industri kosmetik. Semua ini dapat diperjualbelikan di luar negeri dan mendatangkan devisa bagi negara.

  1. Hiasan

Manusia selain mempunyai kebutuhan pokok, juga mempunyai kebutuhan sekunder dan tersier. Salah satu alasan manusia membutuhkan kebutuhan tersiernya untuk memenuhi kesenangan hati karena keindahan yang dilihatnya. Nah, flora dan fauna juga bisa dimanfaatkan manusia untuk kepuasan dan kesenangan ini. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai hiasan.

Tak hanya tumbuhan dan hewan yang masih hidup yang digunakan sebagai hiasan. Tak sedekit orang menjadikan bagian-bagian dari tubuh hewan sebagai hiasan. Misalnya seperti gading gajah, kulit harimau atau buaya, kepala rusa, dan sebagainya.

  1. Tradisi atau Budaya

Budaya berasal dari kata budi dan daya, merupakan warisan dari leluhur yang bernilai historis tinggi dan perlu untuk dilestarikan. Di Indonesia, tak jarang flora dan fauna digunakan sebagai salah satu bentuk budaya suatu daerah. Misalnya seperti karapan sapi di Madura. Daerah ini menjadikan sapi untuk perlombaan balap sapi dan mendatangkan nilai ekonomi bagi daerahnya.

  1. Sumber energi

Sumber energi untuk manusia melakukan aktivitasnya sehari-hari tidak hanya dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti barang tambang, misalnya minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan saja. Matahari, angin, air, atau yang lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Selain itu, manusia juga memanfaatkan sumber daya alam dari flora dan fauna untuk energi seperti tenaga kerbau digunakan untuk membajak sawah, kotoran kuda dan ternak lainnya digunakan untuk bahak bakar alternatif, dan sebagainya.

Menjaga kelestarian flora dan fauna

Memang, flora dan fauna sebagai sumber daya alam hayati dan hewani merupakan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Namun, jika manusia terus-menerus melakukan eksploitasi tanpa memikirkan untuk melestarikannya, maka dampak kerusakan flora dan fauna pun bisa saja terjadi.

Nah, untuk mencegah semakin punahnya flora dan fauna agar manusia tetap dapat mempertahankan hidupnya, perlu dilakukan upaya-upaya pelestarian ekosistem seperti:

  1. Cagar alam dan suaka margasatwa penting untuk dibangun. Tempat ini dikhususkan untuk melindungi flora dan fauna agar perkembangiakannya tidak terganggu. Engan adanya tempat khusus seperti suaka margasatwa dan cagar alam ini daoat berfungsi untuk melindungi hewan dari kepunahan, menjaga kesuburan tanah, menyimpan cadangan air tanah, dan sebagainya.
  2. Pentingnya membangun pusat rehabilitasi sebagai tempat penangkaran hewan-hewan tertentu untuk melindungi hewan dari perburuan liar dan menjauhkannya dari ancaman kepunahan.
  3. Pemerintah, industri, dan masyarakat harus memiliki pengetahuan tentang pembangunan yang ramah lingkungan. Pembangunan suatu wilayah harus memperhatikan keseimbangan lingkungan sehingga manusia tidak merusak hubungan dengan lingkungan.
  4. Pemerintah perlu tegas untuk menetapkan hewan-hewan yang hampir punah untuk dilindungi dan larangan untuk membunuh atau memburu hewan-hewan tersebut.
  5. Turust andil dalam menjaga pelestarian hutan, misalnya mencegah penebangan liar serta pembalakan hutan; reboisasi (pohon yang ditebang perlu untuk diganti dengan pohon lain); serta melakukan sistem tebang pilih yaitu hanya menebang pohon yang sudah berusia tua.
  6. Turut serta dalam usaha pelestarian hewan, misalnya tidak berburu hewan dengan sembarangan; mengawasi jual beli hewan dari dan ke luar negeri; mengembalikan hewan ke habitat aslinya.
  7. Ikut melestarikan biota laut, misalnya mencegah penggunaan bahan peledak dalam penangkapan ikan; hanya mengambil ikan-ikan besar dan bukan anak ikan dari laut; mencegah perusakan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Tentu saja, perlu peran serta dari kita, manusia, untuk menjaga kelestarian flora dan fauna, agar kelangsungan hidup kita pun terjaga. Tak terbayangkan bukan jika di dunia ini tidak ada lagi hewan dan tumbuhan di sekitar kita? Demikian penjelasan pemanfaatan flora dan fauna sebagai sumber daya alam. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!