3 Jenis Pencemaran Tanah dan Penjelasannya

Ada banyak sekali sumber daya alam yang ada di planet bumi kita. Salah satunya adalah tanah. Tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa adanya tanah mungkin manusia, biantang dan juga tumbuhan tidak akan bertahan hidup lama karena tanah sendiri merupakan tempat hidup atau tempat berpijak. Tanah memiliki banyak peran yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup yang ada di ada di darat.

Mungkin dari kita menganggap bahwa yang namanya tanah ini sama saja dan tidak ada yang istimewa. Namun tentu ini adalah anggapan yang tidak benar. Apabila kita perhatikan, maka akan timbul pertanyAan mengapa tanah di Suatera lebih subur daripada di Nusa Tenggara? Mengapa jenis tanaman yang hidup berbeda- beda. Hal ini tidak lain karena jenis tanahnya ang berbeda- beda pula. Namun kali ini kita tidak akan membahas menganai jenis tanah karena sudah pernah dibahas sebelumnya. Namun yang akan kita soroti adalah mengenai pencemaran tanah.

Pencemaran Tanah

Berbagai aktifitas modern dilakukan oleh manusia dan akan mempengaruhi alam. Salah satu contohnya adalah aktivitas modern. Aktfitas modern dan menggunakan berbagai peralatan yang canggih serta bahan- bahan kimia yang tinggi. Tanpa disadari oleh manusia bahwa modernisasi ini akan menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik, seperti polusi air, polusi tanah dan juga polusi udara. Namun pencemaran tanah itu ternyata tidak sepenuhnya disebabkan oleh kegiatan industri saja, namun kebiasaan manusia menggunakan bahan- bahan berbau kimia seperti sabun atau detergen dalam kehidupan sehari- hari itu juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan pencemaran tanah. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut dan lebih dalam lagi mengenai macam- macam pencemaran tanah supaya kita lebih mengerti dan juga lebih faham sehingga kita bisa menentukan langkah yang bijak.

Macam- macam Pencemaran Tanah

Kita telah mengetahui maksud atau arti dari pencemaran tanah. Namun sebagai manusia yang dalam kehidupan sehari- harinya tidak lepas dari tanah, maka perlu juga bagi kita untuk mengetahui apa saja jenis pencemaran tanah . Hal ini supaya kita bisa melakukan tindakan yang sesuai untuk mengatasi pencemaran tersebut. Adapun beberapa jenis dari pencemaran tanah antara lain sebagai berikut:

  1. Pencemaran yang disebabkan limbah domestik

Jenis pencemaran tanah yang pertama adalah pencemaran yang disebabkan oleh limbah dosmetik. Pencemaran ini disebabkan oleh aktivitas harian manusia dalam kegiatan rumah tangganya. Berbagai aktivitas manusia menghasilkan limbah domestik, seperti sektor perdagangan, industri, bahkan pariwisata sekalipun. Dengan kata lain limbah domestik merupakan limbah rumah tangga atau perdagangan yang sering timbul di sekitar kita. Contoh dari limbah domestik antara lain adalah plastik, kertas, serta air sisa detergen.

Ketika kita berada di pasar, disana kita akan mendapati banyak sekali sampah plastik dan juga sisa sayuran yang terbengkalai. Lama kelamaan apabila dibiarkan maka plastik- plastik tersebut akan mengotori dan membuat tanah menjadi tercemar. Limbah domestik sendiri menurut bentuknya dibagi menjadi dua yaitu cair dan juga padat. Limbah domestik yang berbentuk cair misalnya adalah sisa detergen, sisa sabun mandi, limbah pembuatan tempe, oli, cat air, miyak bekas dan lain sebagainya. Sementara limbah padat adalah limbah yang sulit diuraika oleh mikroorganisme, seperti plastik.

  1. Pencemaran yang disebabkan limbah pabrik

limbah pabrikPencemaran tanah yang kedua adalah pencemaran yang disebabkan oleh limbah pabrik. Yang dimaksud limbah pabrik adalah limbah sisa industri yang hampir selalu didapatkan dari setiap kegiatan produksi. Pencemaran yang dilakukan oleh limbah pabrik intesitasnya lebih banyak karena saat ini Indonesia tegah bertransformasi menjadi negara industri sehingga semakin banyak sektor industri yang dibangun, termasuk industri kecil atau industri rumahan.

Limbah pabrik atau limbah insutri keberadaannya lebih membahayakan daripada limbah domestik. Hal ini karena jumlah yang dibuang lebih besar dan biasanya kandungan bahan kimianya lebih banyak dan lebih keras. Sebenarnya untuk limbah industri ini bisa diantisipasi dengan penanganan yang tepat. Pemerintah juga telah megeluarkan Undang- undang yang berkaitan dengan pembuangan limbah. Namun kita tahu bahwa watak manusia seringkali menyepelekan hal ini tanpa berpikir lebih dalam, yang dipikirkan hanya keuntungan yang didapatkannya saja, maka dari itu masih banyak orang yang membuang limbahnya secara sembarangan.

Limbah pabrik menurut bentuknya dibagi menjadi dua macam, yakni limbah padat dan juga limbah cair. Limbah padat biasanya berbentuk lumpur atau bubur. Sementara itu limbah cair berbentuk air yang telah terantisipasi bahan kimia sehingga warnanya tidak jernih lagi. Pencemaran oleh limbah industri akan menyebabkan tanah menjadi tidak subur dan sulit untuk ditanami karena terlelu banyak menyerap bahan- bahan kimia.

  1. Pencemaran yang disebabkan limbah pertanian

limbah pertanianJenis pencemaran tanah yang selanjutnya adalah pencemaran yang dihasilkan oleh aktivitas pertanian. Dibandingkan dengan kedua jenis pencemaran di atas, pencemaran limbah pertanian ini bisa dikatakan yang paling sedikit jumkahnya. Namun hal ini jtidak berlaku di semua daerah, karena kita tahu bahwa di pedesaan lebih banyak sawahnya ketimbang pabriknya. Pertanian merupakan usaha yang selalu melibatkan obat- obatan atau pupuk untuk membuat tanaman subur, berisi dan bebas dari hama. Namun meskipun tanaman ini subur apakah tanah yang menjadi  pijakannya juga subur? Secara teori memang benar pupuk dapat menyuburkan tanah dan membuat tanaman menjadi lebih berkualitas, namun hal itu hanya berlaku untuk pupuk alami saja. Coba tengok sekarang siapa yang masih bertahan hanya menggunakan pupuk alami saja? Tentu ibaratnya hanya 1 dari 100 orang yang melakukannya. Semua telah beralih ke pupuk kimia, karena selain praktis pupuk ini juga lebih ampuh daripada pupuk kimia. Namun bahan- bahan kimia yang ada di dalam pupuk ternyata akan merusak struktur tanah dan akan membuatnya tidak subur.

Nah, demikianlah infirmasi yang dapat kami sampaikan mengenai macam- macam pencemaran tanah. Macam- macam pencemaran tanah tersebut dilihat dari apa saja yang menyebabkan pencemaran tersebut terjadi. Dengan mengetahui informasi ini semoga kita bisa lebih bijaksana dalam melakukan kegiatan khususnya dalam mebuang limbah yang dihasilkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!