4 Jenis Tumbuhan yang Hidup di Daerah Tundra

Berbicara mengenai planet bumi maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya. Kenampakan alam yang ada di planet bumi ini memiliki jenis yang sangat beragam. Setiap daerah memiliki kenampakan alam yang berbeda-beda, pun dengan berbagai vegetasi maupun fauna yang ada di dalamnya.

Hal tersebut sangat bergantung pada kondisi alam yang ada pada lokasi tersebut. setiap tempat akan memiliki bentuk dan pengaruh yang beragam pada makhluk hidup yang ada di dalamnya. Setiap pengaruh baik biotik dan abiotik akan membentuk suatu hubungan timbal balik yang sangat khusus. Hal tersebut biasa kita sebut dengan Simbiosis. Hubungan tersebut kemudian membentuk ekosistem-ekosistem tertentu yang terdiri dari flora dan fauna yang berbeda pula.

Berbicara mengenai ekosistem yang ada di bumi, maka ada berbagai macam jenis ekosistem yang bisa kita temukan. Setiap ekosistem alam tersebut akan berbeda satu sama lain, sesuai dengan dimana ia berada. Bahkan, sebuah ekosistem yang sama pun adang tetap memiliki perbedaan.

Kumpulan dari berbagai macam ekosistem yang memiliki kemiripan itu kemudian dapat kita golongkan sebagai sebuah bioma. Ada berbagai macam jenis bioma yang bisa kita ketahui, seperti bioma gurun, bioma sabana, bioma hutan hujan tropis, dan beberapa jenis bioma lain.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis bioma yang ada di bumi. Pembahasan kali ini akan berkisar mengenai jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra. Daerah yang satu tergolong merupakan sebuah lokasi yang sangat unik dan menarik. hal tersebut dapat kita temukan dari beberapa jenis atau golongan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Mengenai tumbuhan yang hidup di dalamnya ada beberapa jenis yang bisa kita ketahui, seperti

DAERAH TUNDRA

Tundra merupakan salah satu daerah yang membentuk relief permukaan bumi. Daerah yang satu ini memiliki suhu yang sangat rendah dan merupakan kebaikan dari daerah gurun. Dengan suhu yang cukup rendah, maka hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Kebanyakan kawasan tundra disebut sebagai kawasan tanpa pohon.

Hal tersebut karena sangat sedikit pohon yang dapat bertahan pada suhu yang rendah. Kawasan tundra memiliki curah hujan yang sangat rendah. Serta waktu matahari bersinar yang sangat minim, hal ini menyebabkan tumbuhan pada daerah ini sanagt sedikit menerima sinar matahari setiap harinya. Namun, bukan berarti kawasan ini tak memiliki tumbuhan. Ada beberapa jenis tumbuhan yang ada di kawasan ini, seperti

1. Lumut

lumutJenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra kebanyakan di dominasi oleh tumbuhan lumut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jenis tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan  yang memiliki ketahanan hidup yang cukup tinggi. Pada kawasan tundra biasanya kita akan banyak menemukan lumut yang menempel pada bebatuan.

Selain lumut maka tumbuhan lain yang juga dapat hidup di kawasan ini adalah alga. Meskipun masih bisa dikategorikan sebagai saudara dekat dengan lumut. Namun, tumbuhan yang satu ini merupakan hasil simbiosis dengan ganggang. Pada kawasan tundra bisanya alga alan banyak kita temukan pada daerah cekungan yang banyak terdapat air.

2. Rerumputan

rumputSatu lagi jenis tumbuhan yang bisa dikatakan cukup sering kita temukan di kawasan tundra. Bisanya jenis rumput yang ada adalah jenis rumput teki atau sejenisnya.

Rerumputan akan ditemukan pada daerah yang masih memiliki lapisan tanah di atasnya. Jenis rumput yang satu ini meskipun tak dapat menembus lapisan permafrost, tapi cukup dapat bertahan dengan baik. Selain jenis rumput teki, juga terdapat jenis rumput kapas.

3. Tumbuhan Perdu

perduPerdu atau tumbuhan semak adalah salah satu jenis tumbuhan yang akan kita temukan di kawasan Tundra. Jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra memang memiliki ciri khusus yang sangat menarik. Begitu juga dengan tumbuhan perdu yang ada di kawasan ini.

Bisanya jenis tumbuhan yang satu ini memiliki batang yang tak terlalu besar dan sangat sedikit memiliki daun. Ada beberapa jenis semak yang biasa ditemukan di kawasan tundra, yaitu Semak Salik dan Bentula. Kedua jenis tumbuhan perdu itulah yang cukup sering ditemui pada kawasan tundra.

4. Ericaceae

ericaceaeJenis tumbuhan yang satu ini dapat digolongkan sebagai jenis tumbuhan berbunga yang ada di kawasan tundra. Tumbuhan yang satu ini memang banyak ditemukan pada lokasi yang kurang subur. Meskipun tidak terlalu banyak, namun keberadaan jenis tumbuhan yang satu ini memang mendominasi pada beberapa kawasan di daerah tundra. Tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan yang cukup menarik karena untuk membantu dirinya bertahan juga menggunakan hubungan dengan beberapa jenis jamur.

Itulah tadi beberapa jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra. Meskipun kawasan tundra disebut sebagai salah satu kawasan yang cukup ekstrem. Namun, bukan berarti kawasan tersebut tidak memiliki beberapa jenis tanaman yang ada di dalamnya. Tanaman yang ada di kawasan tundra memang lebih sedikit dan memiliki ciri yang jauh berbeda dari kawasan lain. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!