3 Bioma yang Khas di Daerah Subtropis

Bumi adalah sebuah planet yang bisa dikatakan cukup menarik dan cukup khusus. Hal ini dikarenakan bumi merupakan satu-satunya planet dalam tata surya bima sakti yang dapat di huni oleh manusia. Selain itu bumi adalah salah satu planet yang memiliki banyak sekali keunikan-keunikan di dalamnya. Salah satu dari sekian banyak keunikan di dalamnya adalah adanya berbagai macam bentuk relief permukaan bumi.

Perbedaan bentuk permukaan dan kenampakan ini menyebabkan munculnya berbagai benua dan daerah-daerah yang berbeda. Belum lagi adanya persebaran berbagai macam jenis makhluk hidup di dalamnya. Hal ini lah yang menjadikan kenapa bumi menjadi sebuah planet yang bisa dikatakan sangat menarik dan berbeda daripada planet-planet yang lain.

Jika berbicara mengenai zonasi yang ada di bumi atau perbedaan kenampakan muka bumi. Hal tersebut tak hanya berlaku bagi daratan dan lautan saja. Namun, juga berlaku bagi perbedaan iklim di dalamnya. Planet bumi memang memiliki beberapa jenis zonasi  iklim yang berbeda.

Kita mengenal beberapa jenis zonasi seperti tropsi, subtropis dan arktik atau kutub. Keadaan iklim yang berbeda-beda itu sendiri secara langsung atau tidak juga berpengaruh terhadap munculnya perbedaan kenampakan dan pola persebaran dari makhluk hidup.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa bentuk persebaran makhluk hidup yang terkumpul dan berhubungan berat dengan iklim bumi. Pembahasan kali ini akan berkisar mengenai beberapa bioma yang khas di daerah Subtopis. Ada beberapa jenis bioma yang ada di bagian subtropis dan bisa dikatakan cukup berbeda dengan beberapa jenis daerah lain. beberapa jenis bioma tersebut adalah

BIOMA SUBTROPIS

Selama ini kita memang mengenal beberapa jenis pembagian iklim yang ada di bumi. Namun, pada dasarnya ada banyak perbedaan dari setiap iklim, kita ambil contoh saja perbedaan iklim tropis dan subtropis. Padahal kedua pembagian jenis iklim masih cukup berdekatan satu sama lain.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari iklim subtropis adalah adanya 4 musim dalam setahun. Selain itu adanya fenomena alam yang disebut dengan badai dan tornado. Namun, selain itu iklim subtropis ini sendiri juga memiliki beberapa jenis bioma atau kumpulan dari ekosistem yang ada. Meskipun tentu saja dengan ciri dan bentuk yang berbeda-beda, seperti

1. Bioma Hutan Musim

Bioma Hutan MusimJika membahas mengenai bioma yang berhubungan dengan hutan, maka kita sudah mengenal yang namanya bioma hutan hujan tropis. Namun, pada kawasan subtropis juga terdapat sebuah kawasan bioma yang disebut sebagai bioma hutan musim. Keberadaan bioma yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa bioma yang khas daerah subtropis. Bioma hutan musim ini sendiri kondisinya akan mengikuti pergantian musim dalam setahun yang dimiliki oleh kawasan subtropis.

Hutan musim ini biasanya memiliki tingkat kerapatan yang tidak terlalu tinggi, sangat berbeda dengan hutan hujan tropis yang bisa dikatakan sangat rapat. Selain itu tumbuhan pada hutan musim akan selalu menggugurkan daunya pada musim gugur dan musim dingin. Sehingga bisa dikatakan bahwa tumbuhan hutan musim ini hanya memiliki 2 musim optimal untuk tumbuh. Maka dari itu kebanyakan dari pohon yang ada di hutan musim tidaklah terlalu tinggi. Kawasan hutan musim ini kebanyakan ada di eropa tengah, China, Amerika Serikat dan beberapa kawasan lain.

2. Bioma Stepa

Bioma StepaBioma yang khas di daerah subtropis selanjutnya yang ada adalah disebut sebagai bioma stepa. Bioma jenis ini memiliki beberapa kemiripan dengan bioma savana atau sabana. Kedua jenis bioma tersebut memang memiliki kemiripan yang hanya di dominasi oleh keberadaan rumput-rumputan yang lebih banyak. Namun, pada bioma stepa hampir tidak ada ditemukan pohon yang mana pada sabana masih kita temukan di antara rerumputan.

Pada bioma stepa ini bisanya memiliki curah hujan yang tidak teratur dan tidak terlalu tinggi. Kawasan bioma stepa sendiri bisa dikatakan cukup berangin jika dibandingankan dengan kawasan lain. Biasanya kawasan bioma yang satu ini banyak sekali dijadikan rute untuk jalur migrasi makhluk hidup. Maka bukan hal yang aneh jika dikatakan  bahwa tingkat keanekaragaman bioma stepa salah satu yang tertinggi.

3. Bioma Taiga

Bioma TaigaTaiga bisa dikatakan merupakan bioma peralihan, hal ini diakrenakan kawasan bioma taiga berada di bagian utara kawasan subtropis. Kawasan bioma ini berdekatan dengan kawasan iklim arktik atau kutub. Hal inilah yang menyebabkan kenapa taiga juga sedikit banyak memiliki iklim kutub yang kental. Kawasan hutan taiga memang kebanyakan di dominasi oleh tumbuhan yang tidak dapat tumbuh besar seperti kawasan lain. Tumbuhan yang akan banyak diketemukan di kawasan ini adalah tumbuhan jenis konifer.

Tumbuhan yang satu ini memiliki daun yang runcing seperti jarum. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat mengurangi tingkat penguapan yang ada. Musim panas yang ada pada kawasan bioma taiga tidak terlalu panas dan sangat pendek. Sedangkan musik dingin di kawasan ini bisa berlangsung cukup lama dan lebih panjang.

Itulah tadi beberapa jenis bioma yang khas di daerah subtropis. Beberapa jenis bioma yang ada memang bisa dikatakan cukup unik dan berbeda dari yang lain. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk adaptasi yang menyesuaikan dengan lingkungan yang ada. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!