Flora dan Fauna Kalimantan Endemik dan Terancam Punah

Jika kita berbicara mengenai biodeversitas yang ada di alam, maka Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali biodeversitas yang sangat menarik. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan dengan tingkat keanekaragaman biodiversitas yang cukup tinggi di dunia. Hal dapat dilihat dari persebaran keanekaragaman hayati di indonesia. Keanekaragaman tersebut ditambah dengan adanya garis wallace yang semakin membuat hewan yang ada lebih beragam. Garis tersebut membagi indonesia menjadi bagian-bagian dengan flora dan fauna yang sangat khas.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa flora dan fauna kalimantan yang cukup menarik. ada banyak sekali deretan flora endemik kalimantan dan fauna yang sangat khas. Ada beberapa flora dan fauna yang harus kalian ketahui keberadaannya seperti

FLORA

1. Mangga Kasturi

mangga kasturiFlora dan fauna kalimantan yang pertama akan kita bahas adalah kasturi, atau yang biasa disebut juga sebagai mangga kasturi. Berdasarkan sistem taksonomi yang ada maka mangga yang satu ini memiliki nama ilmiah Mangifera casturi buah yang satu ini merupakan salah satu buah mangga yang sangat spesifik menggambarkan Kalimantan Selatan. Adalah hal persebaran flora di Indonesia Kasturi masuk kedalam golongan flora asiatis. Meskipun kini mangga yang satu ini sudah ada yang tersebar di luar kalimantan, namun pada awalnya buah jenis ini berasal dari Kalimantan Selatan. Buah yang satu ini memiliki aroma yang harum, serta kulitnya mungkin agak terlihat hitam dan kotor. Selain itu rasa dari buah yang satu ini juga cinderung manis.

2. Tengkawang Tungkul

Tengkawang TungkulFlora yang satu ini merupakan salah satu bagian dari jenis pohon meranti yang cukup terkenal. Pohon yang memiliki nama ilmiah Shorea macrophylla ini merupakan jenis pohon yang sangat khas Kalimantan Barat. Tengkawang tungkul ini sendiri adalah salah satu jenis pohon yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Pemanfaatan pohon ini sebagai berbagai macam bahan jadi memang cukup besar. Pohon yang satu ini merupakan salah satu jenis yang banyak dijadikan komoditi hutan tanaman industri di kalimantan.

3. Tenggaring

TenggaringFlora dan fauna khas kalimantan yang satu ini merupakan salah satu jenis yang cukup menarik untuk diperhatikan. Selain memiliki nama tenggaring buah yang satu ini juga sering disebut sebagai kapulasan. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang merupakan kerabat dekat dari buah rambutan.

Namun, bedanya buah yang satu ini memiliki rasa yang lebih masam jika dibandingkan dengan rambutan. Selain itu kulit buahnya tidak  mau lepas dari bijinya, tak seperti rambutan yang mudah sekali lepas. Meskipun terasa masam, tak sedikit juga yang membudidayakan buah yang satu ini.

4. Anggrek hitam

Anggrek hitamBagi mereka yang menyukai bunga, maka nama anggrek hitam bukanlah sebuah nama yang asing. Bunga yang satu ini merupakan salah satu bunga yang cukup terkenal di kalimantan timur. Bunga ini sendiri banyak ditemukan di ekosistem hutan hujan tropis yang ada di kalimantan.

Akan tetapi, kini tempat hidup anggrek yang satu ini kian menurun. Hal ini dikarenakan penurunan luasan hutan yang makin lama kian menyempit. Meskipun kini banyak sekali ditemukan anggrek hitam yang di budidayakan di luar habitat aslinya. Namun, hal tersebut bukn berarti haru mengabaikan habitat asli dari anggrek ini.

FAUNA

1. Bekantan

BekantanHewan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang cukup unik dan endemik kalimantan. Kita bisa menemukan hewan  yang satu ini di berbagai hutan mangrove yang ada di kalimantan, serta beberapa hutan pantai. Hewan yang satu ini memiliki ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakan dari hewan yang lain. Ciri tersebut adalah hidungnya yang cukup besar. Diakrenakan hidungnya yang besar ini, banyak yang menyebut monyet ini, sebagai monyet belanda. Hal ini dikarenakan bayak masyarakat yang mengasosiasikan hidung yang mancung dan besar adalah identik dengan Belanda pada saat itu. Hewan ini sendiri merupakan salah satu dari  dua monyet yang masuk kedalam genus tunggal nasalis. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang tergolong terancam keberadaanya.

2. Pesut mahakam

Pesut mahakamJika kita melihat pola persebaran fauna di Indonesia maka, fauna yang ada di kalimantan tergolong sebagai fauna asiatis. Salah satu flora dan fauna kalimantan yang terbilang endemik dan sangat kalimantan adalah pesut mahakam. Hewan mamalia yang satu ini bisa kita temukan pada sungai mahakam yang ada di Kalimantan Timur. Hewan yang satu ini sendiri merupakan salah satu hewan yang sangat terancam punah. Keberadaannya di alam liar sendiri sengat jarang untuk ditemukan. Diperkirakan bahwa jumlah dari pesut yang satu ini di alam sangat sedikit dan dalam beberapa tahun kedepan, ada kemungkinan untuk mengalami kepunahan.

3. Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah KalimantanHewan yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa hewan yang bisa dikatakan sangat terancam punah. Hal ini dikarenakan hewan yang satu ini sangat susah untuk ditemukan data pastinya. Kucing merah kalimantan adalah salah satu satwa kucing liar yang paling sulit untuk ditemukan keberadaannya. Pada dasarnya habitat hidup dari kucing yang satu ini, dapat kita temukan di setiap kawasan pulau kalimantan. Namun, penurunan luasan hutan kalimantan sangat berpengaruh pada satwa yang satu ini.

4. Surili Berkepala putih

Surili Berkepala putihFlora dan fauna kalimantan yang selanjutnya adalah salah satu hewan primata yang sangat khas pulau kalimantan. Hewan yang memiliki nama ilmiah Presbytis frontata termasuk kedalam golongan hewan yang rentan untuk terancam punah. Penurunan jumlahnya dikarenakan perburuan yang terus terjadi. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh penurunan jumlah luasan hutan kalimantan yang terjadi sangat cepat. Hewan yang satu ini dapat kita temukan pada setiap hutan yang ada di kalimantan. Meskipun persebarannya sangat luas namun hewan yang tergolong arboreal ini sangat jarang sekali menampakkan diri.

Itu tadi beberapa jenis flora dan fauna kalimantan yang bisa kalian ketahui. Beberapa flora dan fauna tersebut memang terancam punah keberadaannya di alam liar. Karena itu proses konservasi sangat diperlukan untuk dapat terus menjaga keberadaannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi